Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Pada hari Senin, 30 Januari, muncul laporan bahwa Visit Saudi, dewan pariwisata resmi Arab Saudi, diperkirakan akan mensponsori Piala Dunia Wanita (Women’s World Cup) FIFA tahun ini. Berita itu telah memicu reaksi yang meluas, sebagian besar karena rekam jejak negara tuan rumah tersebut tentang pelanggaran hak asasi manusia.

Baik Football Australia ( FA ) dan Sepak Bola Selandia Baru, tuan rumah gabungan turnamen 2023, menyatakan kekecewaannya atas keputusan yang dituduhkan, menambahkan bahwa mereka telah menulis kepada badan pemerintahan mencari klarifikasi yang mendesak.

“Kami sangat kecewa bahwa Football Australia tidak diajak berkonsultasi tentang masalah ini sebelum keputusan dibuat, ” FA mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, 1 Februari. Sepak Bola Selandia Baru ditambahkan secara terpisah, “Jika laporan ini terbukti benar, kami terkejut dan kecewa mendengar ini karena Sepak Bola Selandia Baru belum dikonsultasikan oleh FIFA sama sekali mengenai masalah ini. ”

Para pembela hak asasi manusia mengutuk kemitraan yang dikabarkan itu, dengan Direktur Inisiatif Global Human Rights Watch, Minky Worden, mengatakan: “ Ini adalah pengabaian yang mengejutkan atas penderitaan dan penindasan yang berkelanjutan terhadap para pembela hak-hak perempuan yang berani di Arab Saudi ”.

Minky Worden menambahkan, “Perlu diingat bahwa, baru-baru ini pada tahun 2018, perempuan dan anak perempuan di Arab Saudi tidak diizinkan bermain olahraga di sekolah – atau bahkan menonton olahraga di stadion.

“Alih-alih memanjakan olahraga dengan sponsor sebagai cara merehabilitasi citra globalnya, akan jauh lebih baik bagi Arab Saudi untuk melakukan reformasi hak asasi manusia yang mendasar, termasuk untuk menegakkan hak-hak dasar untuk perempuan dan anak perempuan.”

Juru kampanye Amnesty Australia Nikita White juga menyatakan, “Akan sangat ironis bagi badan pariwisata Saudi untuk mensponsori perayaan olahraga perempuan terbesar di dunia ketika Anda mempertimbangkan itu, sebagai seorang perempuan di Arab Saudi, Anda bahkan tidak dapat memiliki pekerjaan tanpa izin dari wali laki-laki Anda. ”

Selain itu, Direktur Institut Hak Asasi Manusia Australia, Prof Justine Nolan, mengkritik FIFA karena memiliki pendekatan fleksibel “ untuk menerapkan kebijakan hak asasi manusianya ”. 

“Penerimaan Arab Saudi sebagai sponsor Piala Dunia Perempuan – negara di mana hak-hak perempuan secara tegas dihambat – akan memastikan pengabaian hak demi uang dan sponsor,” katanya.

Selain memiliki rekam jejak dalam pengabaian hak-hak perempuan, negara Teluk tersebut juga sangat menekan orang-orang LGBTQ +. Homoseksualitas adalah ilegal di negara tersebut, dapat dihukum dengan hukuman penjara, denda, cambuk, dan bahkan kematian di bawah hukum Syariah. 

Piala Dunia Perempuan 2023 akan dimulai pada bulan Juli, dengan Tim Nasional Perempuan Republik Irlandia lolos untuk pertama kalinya. Skuad ini menawarkan berbagai pilihan atlet inspirasional dan model peran LGBTQ +, dengan pertandingan pembukaan melawan tuan rumah Australia baru saja dipindahkan ke stadion berkapasitas 83.500 penonton. (R.A.W)

Sumber:

GCN