Search
Close this search box.

Lokakarya Penutupan Program PULIH BERSAMA Area Provinsi Sulawesi Selatan

SuaraKita.org – Selasa (31/1) kemarin SuaraKita menghadiri undangan Lokakarya Penutupan Program PULIH BERSAMA area Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan bersama ADRA. Program Pulih Bersama bertujuan mendukung respons kesehatan daerah terhadap COVID-19 dengan cara meningkatkan pengetahuan, sikap, dan praktik terkait COVID-19 serta mendukung otoritas kesehatan dalam mengelola penyebaran dan dampak COVID-19 melalui peningkatan penggunaan vaksin, dan memperkuat ketahanan masyarakat / komunitas lokal dengan dukungan psikososial dan rujukan kesehatan mental akibat pandemik. 

SuaraKita yang ditunjuk untuk menjalankan program vaksin di kota Makassar dan kabupaten Sinjai berhasil dengan baik dan mendapatkan penghargaan karena sudah ikut membantu pemerintah daerah untuk percepatan pemberian vaksin Covid-19 khususnya di wilayah Sulawesi Selatan. Keberhasilan ini tak lepas dari terjaganya hubungan baik antara Petugas Lapangan di wilayah kota Makassar dan Kabupaten Sinjai dengan Dinas Kesehatan dan Pusat Kesehatan Masyarakat setempat. 

Dengan selesainya Program PULIH BERSAMA ini bukan berarti pekerjaan telah usai. Ditegaskan bahwa pandemi COVID-19 masih belum berakhir. Selain penyakitnya masih ada dan risiko lonjakan masih tetap harus diwaspadai, penetapan dan pencabutan status pandemi merupakan kewenangan organisasi kesehatan dunia WHO. Oleh karenanya, sejumlah aturan masih berlaku terkait protokol kesehatan. Untuk itu diperlukan kesadaran dari semua lapisan masyarakat termasuk Petugas Lapangan dan penerima manfaat untuk memberikan contoh baik dalam protokol kesehatan. (R.A.W)