Search
Close this search box.

Dari kiri: Svante Pääbo dan Carolyn Bertozzi

SuaraKita.org –  Sejumlah peraih Nobel yang menerima penghargaan mereka pada upacara di Stockholm akhir pekan lalu termasuk dua pemenang LGBTQ+.

Carolyn Bertozzi, seorang lesbian yang merupakan profesor kimia di Universitas Stanford di California, berbagi Hadiah Nobel untuk kimia dengan Morten Meldal, seorang profesor di Universitas Kopenhagen, dan profesor Riset Scripps dan alumni Stanford tahun 1968 K. Barry Sharpless. Hadiah mereka adalah untuk “pengembangan kimia klik dan kimia bioorthogonal.”

Ahli genetika Svante Pääbo, seorang biseksual asal Swedia yang sekarang bekerja di Jerman, menerima penghargaan dalam bidang fisiologi atau kedokteran “untuk penemuannya mengenai genom hominin yang telah punah dan evolusi manusia,” menurut organisasi tersebut.

“Ahli kimia adalah pemimpi. Kami memikirkan molekul baru dan menghidupkannya, ”kata Carolyn Bertozzi pada upacara penghargaan.

Dalam sebuah wawancara,dia berkata bahwa dia awalnya berpikir bahwa dia berhalusinasi ketika mendengar tentang penghargaan tersebut. “Saya seperti, Ya Tuhan, ini tidak mungkin terjadi,” katanya.

Carolyn Bertozzi juga mengatakan bahwa hadiah itu menawarkannya “kesempatan untuk menyoroti semua hal indah yang dibawa oleh ahli kimia ke dunia.”

Kelompok penelitian Carolyn Bertozzi “memprofilkan perubahan glikosilasi permukaan sel yang terkait dengan kanker, peradangan dan infeksi bakteri, dan menggunakan informasi ini untuk mengembangkan pendekatan diagnostik dan terapeutik baru, yang terbaru di bidang imuno-onkologi,” jelas situs web Stanford.

Svantee Pääbo “mempelopori bidang penelitian DNA kuno yang sedang berkembang pesat,” tulis majalah Science. Karyanya dalam mengurutkan DNA makhluk purba ”telah menawarkan wawasan tentang evolusi genetik manusia modern, termasuk pemahaman yang lebih baik tentang risiko penyakit”, menurut majalah tersebut. Dia telah menjadi direktur di Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology di Leipzig, Jerman, sejak 1997.

Svantee Pääbo juga menyatakan sedikit ketidakpercayaannya tentang penghargaan itu. “Ini tidak mungkin benar,” tulisnya dalam sebuah email kepada situs web yang mewawancarainya. “Aku belum benar-benar mencernanya.”

Ada kurang dari selusin peraih Nobel LGBTQ+ yang diketahui. Tahun lalu, jurnalis lesbian Filipina-Amerika Maria Ressa memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian atas advokasinya untuk kebebasan berekspresi di Filipina, hadiah yang sama dengan Dmitry Muratov untuk pekerjaan serupa di Rusia. Publikasinya, Novaya Gazeta, adalah yang pertama melaporkan penganiayaan anti-LGBTQ+ di wilayah Chechnya, Rusia.

Upacara penganugerahan Nobel yang dilakukan di Stockholm disebut sebagai upacara yang  “kembali ke kemewahan sebelum pandemi” tahun ini dengan penampilan keluarga kerajaan Swedia dan pejabat dari seluruh dunia, makanan adiboga, dan pertunjukan oleh Royal Stockholm Philharmonic Orkestra.

Hadiah Nobel Perdamaian diberikan pada sebuah upacara di Oslo pada hari yang sama. Nobel Perdamaian diberikan kepada advokat hak asasi manusia Ales Bialiatski dari Belarusia dan dua kelompok hak asasi manusia, Memorial, yang berbasis di Rusia, dan Pusat Kebebasan Sipil Ukraina. Pada acara tersebut, Oleksandra Matviichuk dari Pusat Kebebasan Sipil mengecam Rusia dan presidennya, Vladimir Putin, atas invasi ke Ukraina. Ales Bialiatski, yang dipenjarakan di Belarusia, menyampaikan pidato yang disampaikan oleh istrinya, Natallia Pinchuk, mengutuk penindasan terhadap aktivis hak asasi manusia di sana oleh pemerintahan Presiden Alexander Lukashenko. (R.A.W)

Sumber:

Advocate