Search
Close this search box.

Sahabat Transpuan Menjangkau Perlindungan Sosial Bagi Lansia

SuaraKita.org – Sahabat Transpuan dalam pertemuan rutin pada Minggu pagi (6/11/22) di Jakarta, membahas tantangan dan target untuk membuat basis data untuk membantu akses jaminan sosial bagi transgender dari berbagai wilayah.

Pertemuan yang diikuti oleh 13 orang tersebut merupakan pertemuan rutin yang melibatkan para relawan pendamping pembuatan E-KTP, akses jaminan dan bantuan sosial dari Jakarta, Bogor, Bekasi dan Cilacap, perwakilan dari Suara Kita dan IAC.

 

Beragam tantangan masih dihadapi oleh tim relawan dalam proses pendataan di lapangan, khususnya pendataan serta akses jaminan sosial bagi kelompok usia lansia. Selain itu, tantangan pada proses regenerasi relawan dan operasional pada jarak wilayah tertentu seperti Kabupaten Bogor.

Dalam pertemuan rutin ini juga disepakati untuk menyeragamkan format pencatatan untuk membuat basis data yang akan memudahkan akses jaminan dan bantuan sosial untuk transgender.

Gerakan kerelawanan Sahabat Transpuan telah dikelola aktif oleh Suara Kita sejak 2021 dengan penggalangan dana mandiri dari publik. Sahabat transpuan adalah komunitas transpuan yang memberikan dampingan kepada transpuan lansia untuk mendapatkan jaminan sosial (E-KTP, BPJS Kesehatan dan BPJS Tenaga Kerja).

Pada saat ini ada 20 orang relawan pendamping untuk wilayah Jabotabek, Serang, Cilacap dan Bali yang berfokus untuk menjangkau akses jaminan sosial khususnya kelompok transpuan usia lansia. (Fio)