Search
Close this search box.

Dok. PIXABAY

SuaraKita.org – Bersamaan dengan sejumlah fitur mendatang lainnya, Apple telah memperkenalkan opsi suara netral gender baru ke Siri Amerika dalam upaya untuk memperluas keragaman dan inklusivitas dalam produk mereka.

Pengisi suara dilaporkan sebagai anggota komunitas LGBTQ+, meskipun Apple belum mengungkapkan nama di balik suara tersebut, dan pengembang iOS Steve Moser telah mengkonfirmasi bahwa suara baru saat ini diajukan dengan nama ‘Quinn’, yang mungkin ditujukan ke pesepakbola Trans dan peraih medali emas Olimpiade.

“Kami sangat senang memperkenalkan suara Siri baru untuk penutur bahasa Inggris, memberi pengguna lebih banyak pilihan untuk memilih suara yang berbicara kepada mereka,” demikian pernyataan perusahaan raksasa teknologi tersebut. 

“Jutaan orang di seluruh dunia bergantung pada Siri setiap hari untuk membantu menyelesaikan sesuatu, jadi kami bekerja untuk membuat pengalaman itu terasa sepersonal mungkin.”

Suara tersebut saat ini dalam fase uji coba beta-testing untuk iOS 15.4, dirilis Selasa 22 Februari lalu, dan diharapkan akan diluncurkan ke publik sebagai pembaruan baru dalam beberapa minggu mendatang.

Quinn yang netral gender tidak akan menggantikan Siri, tetapi akan menjadi salah satu dari lima opsi suara yang dapat dipilih oleh pengguna, termasuk dua opsi yang disuarakan oleh aktor POC yang keluar tahun lalu.

Setelah menghapus suara perempuan sebagai default dan memperluas opsi suara untuk Siri, Apple mengatakan bahwa opsi baru tersebut merupakan “kelanjutan dari komitmen lama Apple terhadap keragaman dan inklusi, serta produk dan layanan yang dirancang untuk lebih mencerminkan keragaman dunia tempat kita tinggal.”

Belum jelas apakah opsi suara ini akan tersedia dalam bahasa lain, tetapi bagi siapa saja yang sekarang tergoda untuk mengubah suara Siri mereka sendiri, Anda dapat melakukannya dengan masuk ke pengaturan iPhone > Siri & Pencarian > Suara Siri. Di sana, Anda dapat memilih suara yang paling mewakili Anda. (R.A.W)

Sumber:

GCN