Search
Close this search box.

Cekskor.com – Sebuah organisasi pembela hak-hak para gay mendesak tim nasional Italia agar mencoret striker Antonio Cassano dari dalam skuad Euro 2012 lantaran komentarnya yang bernada homophobia.

Bintang AC Milan ini menggunakan istilah yang vulgar tentang homoseksual saat ditanya para wartawan tentang kabar kemungkinan adanya pemain gay dalam skuad Gli Azzurri dalam konferensi pers, Selasa lalu.

Ia kemudian mengeluarkan pernyataan permohonan maaf sambil menegaskan bahwa dirinya bukan seorang yang punya homophobia, tapi semua itu tak mampu meredam kecaman yang terus berdatangan kepadanya dari pihak-pihak yang merasa tersakiti.

“Kata-kata yang ia gunakan dalam konferensi pers itu sangat mengerikan,” kata presiden asosiasi pembela hak-hak para gay, ArciGay Paolo Patanè, kepada Radio Sportiva.

“Itu sikap yang jelek yang membuat saya berpikir apakah para pesepakbola merasa terwakili oleh pemikiran seperti itu. Lebih dari itu, saya melihat sesuatu yang sangat vulgar dalam pernyataan dan sikap Cassano.

“Saya harap (pelatih timnas Italia) Cesare Prandelli tak melibatkannya dalam pertandingan berikutnya agar ia bisa memperbaiki sikapnya. Pembatahan yang dilakukannya tidak cukup.

“Cassano adalah seorang juara yang hebat dan seharusnya bersikap seusai reputasinya. Ia harus melakukan lebih dari sekadar membantah.

“Pihak Federasi tak boleh menutup mata terhadap situasi seperti ini. Akan bagus jika hari ini dunia sepakbola menyampaikan sinyal.

“Saya pikir duduk di bangku cadangan akan berdampak baik buat Cassano, meski kami bukan bermaksud membalas dendam.”

Isu homoseksual di timnas Italia pertama kali dicuatkan oleh Alessandro Cecchi Paone yang mengklaim dirinya punya hubungan istimewa dengan salah seorang anggota skuad Italia di Euro 2012 dan ia mengenal seorang pemain lainnya yang juga seorang gay.

“Saya pikir Cassano tak mendapat pendidikan yang cukup,” kata Cecchi Paone hari ini.

“Fakta bahwa ia berasal dari Bari Vecchia (salah satu wilayah termiskin di Italia) tidaklah penting dan tak bisa menjadi pembenaran atas pernyataannya.

“Kami para gay tak melakukan diskriminasi, dan toleran dan cerdas, jadi kami tak menuntut hukuman buat Cassano. Sebaliknya, saya harap ia dan para rekan setimnya yang gay bisa membantu kami melaju di turnamen ini.

“Adalah sesuatu yang normal bagi para pemain gay untuk tak mengungkapkan jati dirinya saat orang seperti Cassano atau Luciano Moggi membantai mereka atau menuntut mereka keluar dari tim. Untungnya, perubahan mulai terjadi berkat anak-anak muda dan para wanita.” (CS/02)

sumber : www.cekskor.com