Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Thailand memasarkan dirinya sebagai tujuan liberal bagi orang-orang LGBT dan menghasilkan miliaran dolar dari turisnya, namun negara ini masih belum mengakui ikatan sipil sesama jenis. Namun, hal itu dapat berubah pada tahun ini.

Setelah hampir satu dekade, Thailand sekarang memiliki tiga jalur potensial untuk mengakui ikatan sipil sesama jenis, sebelum pernikahan penuh – RUU kemitraan sesama jenis yang menerima persetujuan kabinet pada tahun 2020, usulan amandemen hukum yang akan memungkinkan pernikahan sesama jenis dan keputusan pengadilan pada bulan April tentang konstitusionalitas yang menolak hak pasangan sesama jenis untuk menikah.

Tanda-tanda ini menunjukkan bahwa Thailand menjadi negara berikutnya di Asia yang mengakui ikatan hubungan sesama jenis, sebuah langkah signifikan di kawasan yang jauh tertinggal dari Eropa dan Amerika dalam hal hak LGBT.

Negara-negara Asia telah mengambil langkah-langkah menuju hak yang lebih besar bagi orang-orang LGBT dalam beberapa tahun terakhir, dengan disahkannya pernikahan sesama jenis di Taiwan pada tahun 2019 sebagai yang paling signifikan. Thailand, bagaimanapun, adalah salah satu dari sedikit pemerintah yang memperdebatkan kesetaraan pernikahan. Di tempat lain, para aktivis berusaha memperluas hak dengan menantang undang-undang yang diskriminatif. Mahkamah Agung India pada 2018 membatalkan undang-undang era kolonial yang melarang seks gay, misalnya, sementara pasangan LGBT di Hong Kong memenangkan hak visa pasangan pada tahun yang sama.

Terlepas dari citra bebasnya dan sikap ramah kepada turis LGBT, undang-undang Thailand tertinggal dari sikap publik terhadap orang-orang LGBT karena pemerintah dan birokrasinya telah lama didominasi oleh orang yang memegang nilai-nilai konservatif dan patriarkal, menurut Naiyana Supapung, seorang penasihat di the Foundation for SOGI Rights and Justice.

Dukungan Mayoritas

Kerdchoke Kasamwongjit, seorang birokrat berusia 56 tahun, melihat sebuah kekuatan yang tidak mungkin terjadi dalam perjuangan Thailand untuk hak-hak LGBT. Pejabat Kementerian Kehakiman merancang RUU ikatan sipil sesama jenis, dan berharap bahwa hubungannya yang telah berjalan selama  20 tahun akan menjadi salah satu yang akhirnya diakui oleh negara.

“Saya tidak mulai mengerjakan RUU dengan berpikir bahwa saya akan dapat menggunakannya suatu hari nanti. Saya benar-benar ingin membuat undang-undang yang mengakui orang-orang LGBT, ”kata Kerdchoke, menambahkan bahwa ketika dia mulai menyusun RUU tersebut, tidak ada undang-undang yang menyebutkan individu LGBT atau mengakui keberagaman gender.

Selama perjuangan Kerdchoke selama satu dekade untuk kesetaraan yang lebih besar bagi orang-orang LGBT di Thailand, sikap telah berubah begitu signifikan sehingga jajak pendapat 2019 oleh National Institute of Development Administration menunjukkan bahwa 90% orang mengatakan mereka menerima rekan LGBT, dan 87% mengatakan mereka akan menerima anggota keluarga LGBT.

Kondisi itu jauh dari tahun-tahun awal Kerdchoke tumbuh di Chachoengsao, sebelah timur Bangkok, sebelum pindah ke ibu kota setelah kelas tujuh. Dia mengatakan dia telah mendengar cerita tentang teman-teman yang dirantai dalam rumah atau dituduh kerasukan karena mereka gay. Dia sendiri diintimidasi di sekolah, meskipun dia mengatakan orang tuanya menerima seksualitasnya meskipun dia tidak pernah benar-benar coming out di rumah.

Keyakinan Kerdchoke bahwa dia harus bekerja lebih keras daripada orang lain di sekolah karena seksualitasnya terbayar ketika pada tahun 1988 dia menjadi salah satu dari tiga orang yang mendapatkan pekerjaan di sebuah lembaga penegakan hukum yang kompetitif. Namun, diskriminasi di tempat kerja marak terjadi.

Pada suatu kesempatan, bosnya mengatakan kepadanya bahwa dia “tidak cocok untuk bekerja di sana” jika dia gay, kenangnya. Pada tahun 2003, Kerdchoke terpilih sebagai karyawan terbaik oleh rekan kerja – hanya bosnya yang meminta namanya dicabut dari penghargaan karena seksualitasnya membuatnya “tidak cocok”.

Namun, pada tahun yang sama, Kerdchoke juga diminta untuk bergabung dengan Departemen Perlindungan Hak dan Kebebasan Kementerian Kehakiman, tempat yang menurutnya jauh lebih menerima dan memberinya kesempatan untuk bekerja pada hak-hak LGBT.

Ujian besar untuk hak-hak LGBT di Thailand terjadi pada tahun 2012 selama pemerintahan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra, ketika pasangan gay ditolak haknya untuk mendaftarkan akta nikah di kota utara Chiang Mai. Melihat peluang untuk terlibat, Kerdchoke mulai bekerja untuk menciptakan jalur hukum untuk ikatan sipil sesama jenis. Dia mengatakan bahwa dia menyusun RUU “sederhana” yang akan melewati hukum perkawinan dan keluarga yang ada untuk memungkinkan ikatan sipil, yang diharapkan akan lebih mudah disahkan daripada mengubah undang-undang yang ada.

Kemajuan RUU itu terhenti setelah mantan panglima militer yang menjadi perdana menteri Prayuth Chan-Ocha merebut kekuasaan dalam kudeta 2014. Kerdchoke meluangkan waktu untuk menyempurnakan RUU tersebut, memasukkan masukan dari masyarakat dan kelompok hak asasi. Versi terakhir, yang disetujui oleh kabinet Prayuth, mencakup ketentuan yang memungkinkan pasangan gay untuk bersama-sama mengelola aset dan kewajiban serta mengadopsi anak.

‘Tidak Ada Hasil Negatif’

Namun, RUU tersebut menghadapi penolakan dari orang-orang yang menganggapnya tidak cukup.

Di antara mereka adalah Tunyawaj Kamolwongwat yang berusia 49 tahun, seorang anggota oposisi Move Forward Party dan salah satu dari empat anggota parlemen LGBT pertama yang terpilih menjadi anggota parlemen. Dia lebih memilih jalan alternatif untuk kesetaraan pernikahan melalui amandemen hukum negara untuk mengubah definisi pernikahan heteroseksual.

“Setiap orang harus memiliki hak yang sama untuk memulai sebuah keluarga. Pasangan sesama jenis tidak boleh berada dalam kategori yang berbeda, ”kata Tunyawaj, menambahkan bahwa dia mengharapkan parlemen untuk memulai pembacaan pertama amandemen sebelum akhir tahun.

Sementara itu, the Foundation for SOGI Rights and Justice sedang menunggu putusan pengadilan pada 26 April yang bisa menentukan hak atas pernikahan sesama jenis. Kelompok tersebut mengajukan gugatan pada tahun 2020 untuk meminta pengadilan memutuskan apakah ketentuan hukum perdata tentang pernikahan bertentangan dengan jaminan konstitusional bahwa semua orang setara di bawah hukum dan menikmati hak dan hak istimewa yang sama.

Jalan itu mirip dengan apa yang terjadi di Taiwan, di mana pengadilan memutuskan pada 2017 bahwa definisi sebelumnya tentang pernikahan antara lelaki dan perempuan tidak konstitusional, membuka jalan bagi pernikahan gay pertama yang terjadi pada 2020.

Jika pengadilan memutuskan mendukung penggugat, Kerdchoke mengatakan bahwa RUUnya mungkin tidak diperlukan karena undang-undang perlu diubah sesuai untuk memberikan hak yang sama kepada individu LGBT. Jika tidak, RUUnya, atau amandemen yang diusulkan Tunyawaj, akan dilanjutkan.

“Dengan satu atau lain cara, jalur ini akan mengarah pada lebih banyak hak, jika bukan hak yang setara, untuk pasangan sesama jenis di negara ini,” katanya. Benar-benar tidak ada hasil yang negatif. (R.A.W)

Sumber:

bloomberg