Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Sebuah penelitian menemukan bahwa lelaki gay yang percaya bahwa suara mereka “terdengar seperti gay” lebih cenderung khawatir tentang diskriminasi, dan lelaki gay lebih cenderung khawatir tentang hal ini daripada perempuan lesbian.

“Terdengar seperti gay mencerminkan stereotip umum yang terkait dengan lelaki gay yang masih dipandang ‘negatif’,” kata Fabio Fasoli dari University of Surrey, penulis utama di balik penelitian tersebut. “Bagi seorang lelaki, terdengar gay menyiratkan tidak sesuai dengan norma terdengar maskulin dan heteroseksual.”

Studi yang diterbitkan bulan lalu di British Journal of Social Psychology, mensurvei orang-orang heteroseksual dan gay dan menanyakan pendapat mereka tentang perbedaan antara cara orang heteroseksual dan gay berbicara dan bertanya kepada orang-orang hetero tentang keengganan mereka untuk berada di sekitar orang-orang gay. .

Mereka menemukan bahwa orang-orang hetero yang percaya bahwa mereka dapat membedakan siapa yang gay atau hetero berdasarkan suara mereka lebih cenderung memiliki sikap diskriminatif terhadap orang gay, terutama terhadap lelaki gay.

Anehnya, orang-orang hetero yang berpikir bahwa “suara gay” tidak dapat diubah – yaitu, perbedaan yang dalam antara gay dan hetero yang tidak dapat diubah – lebih cenderung memiliki sikap diskriminatif terhadap orang gay.

Para peneliti juga menemukan bahwa lelaki gay dan lesbian yang percaya bahwa mereka terdengar gay lebih waspada tentang bagaimana mereka menampilkan diri mereka sendiri dan orang lain memandang mereka dan melaporkan lebih banyak stres di sekitar kewaspadaan itu.

Orang-orang hetero, gay, dan lesbian lebih cenderung percaya bahwa lelaki gay memiliki suara yang lebih berbeda daripada perempuan lesbian. lelaki gay lebih cenderung berpikir bahwa suara mereka terdengar gay dan lebih cenderung mengatakan bahwa mereka waspada tentang bagaimana mereka terdengar daripada perempuan lesbian.

Namun, para peneliti menyarankan, lelaki gay mungkin lebih cenderung menghubungkan presentasi gender mereka dengan orientasi seksual mereka ketika ditanya tentang hal itu. Seorang lesbian mungkin berbicara tentang ekspresi gendernya dalam kaitannya dengan gender, sementara seorang lelaki gay mungkin lebih cenderung berbicara tentang ekspresi gendernya sebagai perpanjangan dari orientasi seksualnya. Artinya, seorang lelaki gay yang percaya bahwa dia tidak terdengar seperti lelaki hetero mungkin mengatakan bahwa dia “terdengar gay”, tetapi seorang perempuan lesbian yang berpikir dia tidak terdengar seperti perempuan hetero mungkin mengatakan bahwa dia “terdengar buruk.”

Fabio Fasoli mengatakan bahwa ini mungkin bentuk diskriminasi halus karena orang hetero menilai orang gay dari suara mereka bahkan jika seorang gay tidak pernah mengatakan bahwa mereka gay.

“Saya bertujuan untuk terus mempelajari pengalaman orang dan cara mengatasi stigma karena stereotip ‘suara gay’,” kata Fabio Fasoli. “Ini akan memberi kami pengetahuan penting untuk digunakan dalam intervensi, kebijakan, dan pelatihan kesetaraan.” (R.A.W)

Laporan penelitian dapat diunduh pada tautan berikut:

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2021/02/bjso.12442.pdf”]

Sumber:

lgbtqnation

British Journal of Social Psychology