Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Uni Eropa telah menyetujui pengobatan jangka panjang baru untuk HIV.

European Medicines Agency UE mengumumkan persetujuan Vocabria dari Viiv Healthcare hari Senin. Vocabria adalah suntikan cabotegravir dan bekerja dengan memblokir langkah penting dalam siklus replikasi HIV. Vocabria disetujui untuk digunakan di Eropa dalam kombinasi dengan suntikan Rekambys dan tablet Edurant, keduanya merupakan bentuk rilpivirine dan dibuat oleh Janssen Pharmaceuticals.

Ini menandai pertama kalinya orang yang hidup dengan HIV di Eropa akan dapat menerima pengobatan suntikan jangka panjang yang menghilangkan kebutuhan untuk minum tablet oral setiap hari, setelah fase inisiasi oral, menurut siaran pers Viiv.  Suntikan Vocabria dan Rekambys bisa diberikan sebulan sekali atau dua bulan sekali. Pengobatan ini sesuai untuk orang dewasa yang telah mencapai penekanan HIV dan tidak menunjukkan resistansi terhadap integrase inhibitor atau nonnuncleoside reverse transcriptase inhibitor.

Harapannya, masyarakat akan lebih rajin mengikuti rejimen pengobatan ketika mereka harus minum obat hanya sebulan sekali atau dua bulan sekali. Perawatan yang lebih jarang juga berarti lebih sedikit pengingat akan kondisi mereka.

“Antiretroviral harian telah mengubah kehidupan orang yang hidup dengan HIV,” Dr. Antonio Antela dari Rumah Sakit Universitas di Santiago de Compostela, Spanyol, mengatakan dalam rilisnya. “Namun, minum obat setiap hari dapat menjadi tantangan bagi sebagian orang; itu mungkin bertindak sebagai pengingat HIV terus-menerus atau menjadi penyebab ketakutan bahwa status HIV mereka akan diungkapkan. ” Vocabria berpotensi mengurangi hari perawatan dari 365 per tahun menjadi 12 atau bahkan enam hari.

Dalam uji klinis, rejimen yang menggunakan suntikan dilakukan sama seperti terapi yang sudah digunakan, tambah Antela. “Rejimen cabotegravir dan rilpivirine jangka panjang sama efektifnya dengan pengobatan dengan terapi antivirus harian saat ini dalam uji klinis dalam mempertahankan penekanan virus, umumnya ditoleransi dengan baik, dan dapat mengubah pengalaman pengobatan untuk beberapa orang yang hidup dengan HIV yang mungkin memiliki tantangan. dengan terapi HIV setiap hari, ”katanya.

CEO Viiv Healthcare Deborah Waterhouse mencatat bahwa pasien dalam uji klinis sangat menyukai Vocabria daripada perawatan harian.

“Kami melihat dari hasil yang dilaporkan pasien dalam uji klinis penting kami bahwa sekitar sembilan dari 10 orang yang beralih ke rejimen jangka panjang lebih menyukai ini daripada tablet oral harian mereka sebelumnya,” katanya dalam rilis.

Pertanyaannya sekarang adalah kapan perawatan ini akan disetujui untuk digunakan di Amerika Serikat. Pengujian telah dilakukan sejak tahun lalu, tetapi masih belum ada kabar kapan persetujuannya akan datang.

Mayoritas saham Viiv Healthcare dimiliki oleh GlaxoSmithKline; Pfizer dan Shionogi adalah pemegang saham minoritas. Janssen Pharmaceuticals dimiliki oleh Johnson & Johnson. (R.A.W)

Sumber:

Plus