Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Nicholas Yatromanolakis membuat sejarah setelah dia diangkat sebagai wakil menteri kebudayaan yang baru pada hari Senin sebagai bagian dari perombakan kabinet.  

Lelaki berusia 44 tahun yang terbuka sebagai gay itu dipromosikan dari perannya sebagai sekretaris jenderal budaya kontemporer di departemen yang sama.

Penunjukan yang membuatnya menjadi menteri gay pertama yang terbuka dalam sejarah Yunani dilakukan selama perombakan kabinet oleh pemerintah kanan-tengah negara itu.  

Alex Patelis, kepala penasihat ekonomi perdana menteri Yunani, mengatakan itu adalah “hari bersejarah bagi perwakilan LGBT, kemenangan besar bagi meritokrasi dan pengambilan keputusan yang lebih baik melalui keberagaman”. 

“Selamat kepada Nicholas Yatromanolakis karena telah menunjukkan bahwa Anda bisa menjadi diri sendiri dan tetap berhasil,” kata Alex Patelis. “Semoga orang lain mendapatkan kekuatan untuk menjalani hidup mereka secara terbuka.”

Nicholas Yatromanolakis dinobatkan sebagai wakil menteri kebudayaan Yunani, menjadi menteri gay pertama di negara itu (AP)

Kyriakos Mitsotakis, perdana menteri Yunani, merombak kabinetnya pada hari Senin dalam upaya untuk memberikan dorongan kepada pemerintah konservatifnya. 

Dia mempertahankan menteri utama di posisi mereka, menandakan keberlanjutan kebijakan untuk ekonomi dan urusan luar negeri.

Beberapa perubahan termasuk penunjukan Christos Tarantilis, seorang profesor Universitas Athena, sebagai juru bicara pemerintah untuk membantu memoles citranya, serta Nicholas Yatromanolakis sebagai wakil menteri kebudayaan yang baru.

“Setiap pemerintah perlu menunjukkan fleksibilitas pada waktu yang tepat,” kata Christos Tarantilis, yang mengumumkan susunan kabinet.

Perubahan kabinet terjadi tak lama setelah negara itu memperketat pembatasan terkait virus korona, dalam sebuah langkah yang bertujuan membantu sekolah dibuka kembali sesuai rencana minggu depan.

Setelah Yunani melihat lonjakan infeksi Covid-19 baru dan kematian pada November, penguncian kedua diberlakukan yang menutup sekolah dan menangguhkan banyak kegiatan ekonomi dan sosial.

Langkah-langkah tersebut sebagian dilonggarkan sebelum Natal, dengan pembatasan dilonggarkan untuk gereja dan toko non-esensial, serta salon rambut.

Semua ini sekarang telah ditutup selama seminggu karena pihak berwenang, berharap untuk menahan penyebaran virus agar anak-anak kembali ke sekolah setelah dua bulan tidak aktif. 

Yunani mengumumkan empat kasus varian baru virus korona yang sangat menular – yang pertama kali terdeteksi di Inggris dan sejak menyebar ke seluruh dunia – selama akhir pekan.

Negara itu telah melaporkan lebih dari 140.000 kasus virus korona sejak pandemi dimulai, dan sekitar 4.950 kematian. (R.A.W)

Sumber:

independent