Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Laporan kemajuan terbaru dari Koalisi Pencegahan HIV Global menunjukkan bahwa meskipun ada penurunan yang diamati pada infeksi HIV baru di antara orang dewasa di beberapa negara, kemajuan keseluruhan dalam upaya pencegahan HIV tetap bervariasi dan terlalu lambat untuk mencapai target tahun 2020 yang berkomitmen untuk pada Pertemuan Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa 2016 tentang Mengakhiri AIDS.

“Kita tidak dapat mengakhiri AIDS jika tahun demi tahun orang terus terinfeksi HIV,” kata Winnie Byanyima, Direktur Eksekutif UNAIDS. “Tahun ini adalah tonggak sejarah untuk mencatat kemajuan satu dekade menuju pengakhiran AIDS pada tahun 2030. Sayangnya, dunia telah gagal dalam komitmen yang dibuat untuk secara drastis mengurangi infeksi HIV baru.”

Pada tahun 2016, Negara Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa berkomitmen untuk mencapai target pencegahan HIV di seluruh dunia yaitu kurang dari 500.000 infeksi HIV baru di antara orang dewasa pada tahun 2020, penurunan 75% dari tahun 2010. Pada akhir 2019, penurunan hanya 23%, dengan 1,7 juta orang terinfeksi HIV tahun lalu.

Diluncurkan pada tahun 2017, Global HIV Prevention Coalition bertujuan untuk membawa momentum baru dan kejelasan untuk program pencegahan HIV di 28 negara fokus — 28 negara di dunia dengan beban infeksi HIV baru terbesar. 28 negara koalisi telah mengidentifikasi dan mempromosikan pendekatan dan intervensi program prioritas, menghidupkan kembali komitmen politik untuk pencegahan HIV dan memandu serta mendukung pelaksanaan program.

Kemajuan dalam mengurangi infeksi HIV baru di negara-negara koalisi bervariasi. Di Eswatini, misalnya, infeksi HIV baru menurun 64% antara tahun 2010 dan 2019. Di Pakistan, terjadi peningkatan 74%. Tetapi di 26 negara koalisi, infeksi HIV baru menurun.

Laporan tersebut mencatat bahwa ada kemajuan yang signifikan dalam menerapkan 10 tindakan strategis yang ditetapkan dalam Global HIV Prevention 2020 Road Map, tetapi sejumlah negara masih mengalami kesulitan dalam mengubah faktor-faktor mendasar yang menghambat program pencegahan HIV yang efektif, termasuk kekurangan dalam pembiayaan, Tindakan yang tidak memadai untuk mengatasi hambatan hukum, kebijakan, dan struktural yang menghalangi program untuk populasi kunci dan rentan dan lambatnya adopsi panduan tentang kontrak sosial.

“Untuk secara drastis mengurangi infeksi HIV baru, kita harus menjembatani kesenjangan dan membongkar hambatan yang menghalangi akses remaja perempuan, perempuan muda dan populasi kunci ke layanan kesehatan reproduksi dan seksual yang berkualitas dan terhormat. Saatnya untuk mengakhiri, untuk selamanya, semua bentuk stigma, diskriminasi dan marginalisasi yang menghalangi mereka, ”kata Natalia Kanem, Direktur Eksekutif United Nations Population Fund.

Pandemi COVID-19 merupakan tantangan tambahan untuk mempertahankan kemajuan pencegahan HIV tahun ini. Yang menjadi perhatian khusus adalah gangguan dalam layanan pencegahan HIV seperti sunat lelaki medis sukarela, terputusnya akses ke komoditas pencegahan, termasuk persediaan injeksi yang aman, efek penguncian pada layanan dukungan pendidikan dan sosial dan interaksi antara kemerosotan ekonomi dan peningkatan perilaku berisiko dan kerentanan HIV. . Oleh karena itu, laporan tahun ini mulai mendokumentasikan adaptasi yang dilakukan negara-negara untuk mengurangi potensi efek pandemi COVID-19.

Laporan kemajuan diluncurkan pada pertemuan virtual para menteri kesehatan dari negara-negara fokus Koalisi Pencegahan HIV Global dimana para anggotanya mengamati kemajuan hingga saat ini, dengan tujuan untuk memetakan jalan ke depan untuk lima tahun ke depan dalam perjalanan untuk mengakhiri AIDS. pada tahun 2030.

“Pencegahan HIV akan menjadi inti dari strategi AIDS global baru selama lima tahun ke depan,” tambah Winnie Byanyima. “Bersama dengan Dana Kependudukan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Program Bersama UNAIDS lainnya, kami akan mendukung Koalisi Pencegahan HIV Global untuk mencapai tujuan akhir kami yaitu nol infeksi HIV baru.” (R.A.W)

Laporan lengkap dapat diunduh pada tautan berikut:

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2020/11/fourth-annual-progress-report-global-hiv-prevention-coalition_en.pdf”]

Sumber:

UNAIDS