Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Pengunjuk rasa anti-pemerintah di Thailand cenderung memasukkan kesetaraan pernikahan saat mereka memperluas tuntutan mereka untuk perubahan.

Banyak dari protes tersebut dipimpin oleh kaum muda yang ingin mendukung kesetaraan.

Sekarang Arnon Nampa, salah satu pemimpin gerakan yang paling terkemuka mengatakan pernikahan sesama jenis bisa menjadi daftar tuntutan mereka.

Arnon berkata: ‘Orang mungkin berpikir bahwa gerakan ini hanya berbicara tentang monarki – inti dari gerakan ini sebenarnya adalah kesetaraan dan kebebasan.

‘Banyak pengunjuk rasa telah memperjuangkan berbagai masalah untuk menciptakan masyarakat yang lebih setara. Tuntutan reformasi monarki benar-benar dimulai dari perjuangan kami untuk kesetaraan. ‘

Sejarah yang bermasalah memicu protes

Protes di Thailand dimulai di kampus-kampus universitas dan telah bergema sejak awal 2020. Itu adalah hasil dari sejarah kudeta Thailand yang bermasalah, diikuti oleh kegagalan reformasi konstitusi selama satu dekade, junta militer yang memegang kekuasaan dan pemilihan umum yang tidak adil.

Awalnya, protes itu dilakukan terhadap pemerintahan Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha, yang menolak mundur.

Tapi belakangan mereka datang untuk menuntut reformasi monarki Thailand. Itu melanggar tabu besar dalam masyarakat Thailand yang secara tradisional menghormati monarki dan melihat pertanyaan atau kritik apapun sebagai penghinaan nasional.

Selain itu, respons pemerintah terhadap krisis telah memperdalam ketegangan. Dan sekarang pengunjuk rasa bahkan lebih bertekad baja setelah polisi menembakkan meriam air ke arah mereka pada bulan Oktober, melukai puluhan dari mereka.

Sementara itu, juru kampanye LGBT di Thailand menjadi bagian penting dari protes. Mereka datang dengan tuntutan mereka sendiri, seputar gender dan pengakuan pernikahan.

Perubahan yang lambat

Pada saat yang sama, pemerintah lambat dalam mengedepankan hak LGBT.

Meskipun beberapa identitas trans telah lama menjadi bagian dari budaya Thailand, masih tidak mungkin untuk mengubah gender secara legal.

Tahun ini pemerintah berjanji untuk memperkenalkan undang-undang pengakuan gender , setelah bertahun-tahun mendapat tekanan dari para transgender yang berusaha menuntut hak-hak mereka.

Namun proposal dari Kementerian Pembangunan Sosial dan Keamanan Manusia hanya mencakup kategori tertentu. Akibatnya, proposal tersebut mungkin meninggalkan orang-orang non-biner dan interseks.

Demikian pula, pemerintah telah menyetujui RUU kemitraan sipil, yang sekarang akan dipindahkan ke Majelis Nasional.

Namun, banyak yang kecewa karena Thailand tidak mengesahkan pernikahan sesama jenis secara penuh. Jajak pendapat di negara tersebut telah lama menunjukkan bahwa mayoritas mendukung kesetaraan pernikahan.

Sementara itu, para pengunjuk rasa menyadari tuntutan mereka untuk perubahan akan membutuhkan waktu untuk menjadi kenyataan. Tetapi dengan kaum muda Thailand yang mendominasi perdebatan, hak-hak LGBT sekarang dengan tegas menjadi agenda. (R.A.W)

Sumber:

GSN