Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Victor Madrigal-Borloz, pakar independen PBB tentang orientasi seksual dan identitas gender mengatakan bahwa pandemi COVID-19 telah merugikan kehidupan LGBT di seluruh dunia, yang mengarah pada lebih banyak pengucilan sosial dan kekerasan.

Dalam laporan barunya, yang disampaikan kepada Sidang Umum PBB, memperingatkan bahwa dampak negatif telah dirasakan oleh orang-orang LGBT di seluruh dunia ‘dengan sedikit pengecualian’.

Laporan tersebut mencantumkan serangkaian bidang masalah, mulai dari kekerasan dalam rumah tangga hingga akses ke pengobatan HIV.

Victor Madrigal-Borloz mengatakan: ‘COVID-19 memiliki dampak yang tidak proporsional pada orang-orang LGBT. Dengan sedikit pengecualian, tanggapan terhadap pandemi mereproduksi dan memperburuk pola pengucilan sosial dan kekerasan terhadap orang LGBT.

‘Tindakan mendesak harus diadopsi oleh Negara dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan bahwa tanggapan pandemi bebas dari kekerasan dan diskriminasi.’

Peningkatan kekerasan dalam rumah tangga

Seperti yang juga telah dikonfirmasi oleh orang lain, perintah untuk ‘tetap tinggal di rumah’ telah berdampak pada orang-orang LGBT yang keluarganya mungkin tidak menerima mereka.

Pakar PBB mengatakan hal ini telah menyebabkan ‘isolasi, peningkatan stres’ dan lebih banyak kekerasan, terutama merugikan orang-orang LGBT yang lebih tua dan lebih muda.

Laporan tersebut menambahkan: ‘Sebuah survei baru-baru ini di Iran menemukan bahwa lebih dari 50% responden telah mengalami peningkatan kekerasan.

‘Laporan Eropa melaporkan peningkatan kekerasan dalam rumah tangga di sebagian besar negara yang disurvei.’

Sementara itu, laporan itu juga menyoroti dampak virus terhadap LGBT kesehatan mental dan emosional. Ini mengutip satu kasus di mana saluran bantuan melaporkan peningkatan empat kali lipat dalam jumlah penelepon yang mempertimbangkan untuk bunuh diri.

Sepanjang, ahli independen menekankan bagaimana pandemi telah memperburuk ketidaksetaraan dan masalah yang sudah ada. Victor Madrigal-Borloz berkata:

‘Orang-orang LGBT secara tidak proporsional terwakili dalam kelompok orang miskin, orang-orang yang menjadi tunawisma, dan mereka yang tidak memiliki layanan kesehatan, yang berarti bahwa mereka mungkin terpengaruh secara khusus sebagai akibat dari pandemi.’

Sementara Victor Madrigal-Borloz mengutip survei global yang menemukan 23% orang yang hidup dengan HIV kehilangan akses ke perawatan, akibat tindakan pencegahan isolasi sosial. Banyak orang LGBT dengan HIV berjuang untuk mendapatkan pengobatan esensial mereka.

Penyebab kebencian

Selain itu, ia juga menyoroti kasus-kasus tertentu di mana pihak berwenang telah menganiaya orang-orang LGBT.

Di Uganda, polisi menangkap 23 orang LGBT tidak bersalah di penampungan tunawisma dan menahan 19 orang di penjara selama 50 hari. Polisi akhirnya melepaskan mereka tanpa dakwaan.

Sementara Victor Madrigal-Borloz mengatakan pemerintah telah menggunakan pandemi untuk ‘melembagakan undang-undang regresif’. Ia mencontohkan Hongaria yang berencana menghentikan individu transgender untuk mengubah jenis kelamin secara legal .

Selain itu, dia memperingatkan pandemi telah digunakan sebagai ‘bahan bakar untuk kebencian’ dan ‘kambing hitam’ komunitas kita.

Dia berkata: ‘Orang-orang LGBT diasingkan, disalahkan, dilecehkan, dipenjara dan distigmatisasi.’

Perlindungan, bukan diskriminasi

Victor Madrigal-Borloz mengatakan pemerintah tidak boleh menggunakan COVID-19 untuk menargetkan atau menuntut orang-orang LGBT. Sebaliknya, ia harus melibatkan dan memberdayakan organisasi LGBT.

Dia juga menyoroti beberapa contoh positif:

‘Praktik yang baik diidentifikasi di Peru dan Spanyol, yang menerbitkan panduan tentang berbagai program dukungan ekonomi yang tersedia untuk orang-orang LGBT, termasuk tempat tinggal, kesehatan dan dukungan emosional.’

Victor Madrigal-Borloz mengatakan negara harus mengatasi stigma dan ‘melindungi orang-orang LGBT dari kekerasan dan diskriminasi’. Dan dia meminta negara-negara untuk mengumpulkan data yang tepat di sekitar komunitas, untuk melihat dampak virus corona.

Ini bukan intervensi PBB pertama atas nama kaum LGBT selama krisis.

Pada bulan April, Michelle Bachelet, Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, juga menyoroti pelanggaran terhadap komunitas. Dia memerintahkan negara-negara untuk tidak menggunakan pandemi untuk merusak hak LGBT. (R.A.W)

Laporan lengkap dapat diunduh pada tautan berikut:

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2020/11/ImpactCOVID19LGBTpersons.pdf”]

Sumber:

GSN

ohchr