Search
Close this search box.

SuaraKita.org – TikTok telah memperbarui pedoman komunitasnya dan mengumumkan pendekatan yang sangat serius untuk melawan berbagai kasus kebencian dan diskriminasi pada aplikasi yang beragam dan berkembang.

“Sementara tim Trust & Safety kami sudah bekerja untuk menghapus perkataan yang mendorong kebencian dan ideologi yang penuh kebencian, seperti neo-Nazisme dan supremasi kulit putih, kami memperkuat tindakan penegakan kami untuk menghapus ideologi yang senada, seperti nasionalisme kulit putih, teori genosida kulit putih, serta pernyataan yang berasal dari ideologi ini, dan gerakan seperti Identitarianisme dan supremasi lelaki, ”jaringan sosial berbagi video TikTok mengungkapkan dalam siaran persnya.

Perubahan ini datang sebagai bagian dari janji TikTok untuk menentang ideologi yang penuh kebencian. Selain itu, perusahaan berupaya meningkatkan kesadaran budaya penggunanya melalui moderasi konten; meningkatkan transparansi dalam komunitas; dan berinvestasi dalam kepemimpinan yang sadar sosial.

TikTok menyatakan ketika sampai pada masalah anti-Semitisme, menyoroti bahwa aplikasi tersebut tidak mengizinkan “konten yang menyangkal Holocaust dan tragedi kekerasan lainnya.”

Praktik ini akan dibawa selangkah lebih maju dalam waktu dekat karena TikTok berupaya untuk “menghapus informasi yang salah dan stereotip yang menyakitkan tentang Yahudi, Muslim, dan komunitas lainnya.”

“Ini termasuk informasi yang salah tentang individu dan keluarga Yahudi terkemuka yang digunakan sebagai proxy” untuk menyebarkan anti-Semitisme, tulis siaran pers tersebut.

“Ide kebencian” tentang komunitas LGBT, termasuk mempromosikan praktik tidak manusiawi seperti terapi konversi, juga akan dihapus.

Pedoman komunitas baru TikTok yang ambisius juga akan mencoba untuk membedakan antara kapan sebuah kata atau frasa akan dianggap sebagai ujaran kebencian versus upaya komunitas untuk mengklaim kembali istilah tersebut.

“Jika anggota kelompok yang kehilangan haknya, seperti LGBT, Kulit Hitam, Yahudi, Roma dan komunitas etnis minoritas, menggunakan kata sebagai istilah pemberdayaan, kami ingin tim penegakan kami memahami konteks di baliknya dan tidak salah dalam menurunkan sebuah konten, ”rilis itu menjelaskan.

Untuk transparansi, TikTok akan memberi tahu pemilik konten masing-masing setelah moderasi dan juga memberi pengguna kesempatan untuk menentang keputusan tim penegak hukum.

Selain itu, perusahaan mengklaim telah “menambahkan pemimpin dengan keahlian mendalam” dalam kesadaran sosial dan kaitannya dengan manajemen konten online.

Pedoman baru TikTok mengikuti keputusan perusahaan untuk bergabung dengan Kode Etik Komisi Eropa tentang Melawan Ujaran Kebencian Secara Online.

“Kami tidak pernah mengizinkan kebencian di TikTok, dan kami percaya penting bahwa platform internet bertanggung jawab atas masalah yang sangat penting seperti ini,” perusahaan menyatakan dalam pengumuman September tentang kode etik , yang ditetapkan pada Mei 2016 dengan dukungan langsung dari Facebook, Microsoft, Twitter dan YouTube. (R.A.W)

Sumber:

sputnik