Search
Close this search box.

Bagaimana Membaca Pesan Cinta Paus Fransiskus untuk Orang-Orang LGBT

Oleh: Allison Hope

SuaraKita.org – Umat ​​Katolik tertinggi di seluruh dunia telah membuka pintu inklusi LGBT lebih jauh dengan menyatakan bahwa pasangan sesama jenis, yang secara historis dikucilkan dari lembaga agama dan sipil tradisional seperti pernikahan, harus memiliki perlindungan hukum yang mengakui persatuan mereka.

Menurut Catholic News Agency, Paus Fransiskus, dalam wawancara untuk film dokumenter yang dirilis di Roma pada hari Rabu (21/10), mengatakan bahwa serikat sipil harus menjadi hukum negara untuk pasangan sesama jenis.

“Yang harus kita buat adalah undang-undang persatuan sipil. Dengan begitu mereka dilindungi undang-undang,” katanya sambil menjelaskan bahwa orang LGBT adalah anak-anak Tuhan.

“Saya membela itu,” tambahnya .

Di masa lalu, Paus Fransiskus mengatakan dia tidak menentang serikat sipil, tetapi ini adalah pertama kalinya sejak menjadi Paus dia secara langsung menyatakan bahwa dia mendukung mereka. (Dia membela serikat sipil sesama jenis ketika dia menjadi Uskup Agung Buenos Aires.)

Komentarnya baru-baru ini sangat kontras dengan ajaran Gereja Katolik Roma yang dipimpin Paus Fransiskus, yang telah lama mengambil sikap bahwa tindakan sesama jenis “secara intrinsik tidak teratur”.

Komentar Paus, meskipun dibagikan dalam konteks dokumenter dan tidak harus sebagai dekrit tertulis formal atau konsensus di antara para pemimpin Katolik di Roma atau di tempat lain, akan memiliki efek riak global yang besar pada komunitas, yurisdiksi, keluarga dan individu. Belas kasih Paus adalah tanda selamat datang dari sebuah agama yang telah lama mengasingkan orang LGBT. Apakah bagian dari taktik aktif untuk memikat kembali jemaat yang tidak terpengaruh atau pernyataan inklusi yang tulus, kata-katanya adalah evolusi yang membantu bagi banyak orang LGBT yang telah dikucilkan hanya karena siapa mereka dan siapa yang mereka cintai.

Untuk lebih jelasnya, pendirian serikat sipil juga demikian pada tahun 1998. Sejak itu kita belajar, di pengadilan dan di jalanan, bahwa serikat sipil tidak sama dengan hak pernikahan penuh, dan terpisah walaupun setara artinya tidak pernah sama. Meski begitu, kursi tertinggi di salah satu agama paling dominan di dunia memungkinkan kaum LGBT layak untuk mencintai dan dicintai, dan bahwa cinta kita harus diperlakukan dengan hormat dan valid.

Paus Fransiskus telah disebut sebagai Paus paling progresif dalam sejarah. Dia telah membuat pernyataan untuk menghormati orang-orang yang LGBT, yang menyatakan pada tahun 2013 , “Jika seseorang gay dan dia mencari Tuhan dan memiliki niat baik, siapakah saya untuk menghakimi?” Dia memeluk – secara harfiah memeluk – Diego Neria Lejarraga, seorang lelaki transgender yang telah dikucilkan oleh para pemimpin agama di negara asalnya Spanyol pada tahun 2015 . Paus Fransiskus juga telah membuka “jendela belas kasihan” untuk memberikan pengampunan bagi orang-orang yang telah melakukan aborsi dan meminta agar umat beriman merangkul para imigran dan pengungsi.

Sebaliknya, pada tahun 2003, di bawah kepausan Paus Yohanes Paulus II, Kongregasi Doktrin Iman gereja, yang kemudian dipimpin oleh calon Paus Benediktus XVI, mengeluarkan “Pertimbangan mengenai proposal untuk memberikan pengakuan hukum kepada persatuan di antara orang-orang homoseksual,” di mana ia menulis, “Gereja mengajarkan bahwa penghormatan terhadap orang homoseksual tidak dapat mengarah pada persetujuan perilaku homoseksual atau pengakuan hukum atas serikat homoseksual.”

Pelunakan publik Fransiskus pada perlindungan LGBT datang ketika gereja Katolik menghadapi catatan pengabaian oleh generasi baru orang-orang yang datang dari usia yang tidak lagi berpegang teguh pada agama yang terorganisir sebagai tiang penunjuk arah atau sumber daya pembangunan komunitas. Covid-19 hanya memperburuk perjuangan yang dihadapi banyak gereja ketika sumbangan turun, sekolah agama tutup, dan kapel serta lembaga agama lainnya menjadi berita utama sebagai tuan rumah untuk acara-acara penyebar luas.

Sementara itu, banyak agama terorganisir, dan Gereja Katolik pada khususnya, telah lama menjadi penunjuk jari moral terbesar dan penghambat evolusi kesetaraan sosial dan politik LGBT. Mengutip agama sebagai alasan untuk mendiskriminasi telah dan masih menjadi strategi favorit para pelaku politik di Amerika, terlepas dari tuntutan konstitusional untuk pemisahan gereja dan negara.

Sebuah kasus saat ini dijadwalkan untuk disidangkan di hadapan Mahkamah Agung Amerika pada 4 November, sehari setelah Hari Pemilu, yang menanyakan pertanyaan apakah badan adopsi Katolik yang berbasis di Philadelphia – yang mengambil uang pemerintah – dapat mengubah hak orang tua angkat LGBT (dan Yahudi dan siapa pun yang tidak cocok dengan cetakan mereka) karena keyakinan agama yang dianut dengan kuat. Dua Hakim Agung baru-baru ini menyatakan bahwa mereka yakin putusan tahun 2015 tentang kesetaraan pernikahan tidak berjalan dengan benar, meninggalkan kemungkinan kuat bahwa undang-undang yang berkaitan dengan keluarga LGBT berisiko.

Dalam konteks ini, pernyataan Paus – tidak resmi dan mungkin bertanggal – adalah sinyal bahwa seorang pemimpin yang sangat berkuasa masih memandang orang-orang LGBT dengan belas kasih dan cinta, dengan keyakinan bahwa kehidupan dan keluarga kita pantas untuk hidup di bawah hukum. Karena hak-hak kami yang telah lama diperjuangkan tergantung diimbangi dengan ancaman bahwa perlindungan keluarga kami dicabut dari bawah kami – dengan agama yang begitu sering menjadi upaya pembenaran – komentar Paus lebih dari sekadar menyegarkan; jika diperhatikan oleh umat Katolik di seluruh dunia, mereka mungkin memang menyelamatkan hidup. (R.A.W)

Allison Hope adalah seorang penulis yang karyanya telah ditampilkan oleh The New York Times, The Washington Post, CNN, Slate, dan lainnya. Pandangan yang diungkapkan di sini adalah dari penulis.

Sumber:

CNN