Search
Close this search box.

Anggota Partai Hijau Elizabeth Kerekere Denise Roche dan Gareth Hughes Hannah Peters / Getty Images

SuaraKita.org – Selandia Baru siap untuk mencetak rekor dunia baru untuk perwakilan parlemen LGBT setelah pemilihan umum minggu lalu. Setelah kemenangan telak untuk partai Buruh berhaluan kiri, representasi LGBT di badan legislatif naik hampir 10 persen, mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Inggris.

Selain memilih kembali Perdana Menteri Jacinda Ardern , pemimpin Partai Buruh yang tindakan tegasnya telah efektif dalam memperlambat tingkat infeksi COVID-19 sejak Maret, warga Selandia Baru memberikan suara mereka untuk beberapa pendatang baru. Hasil menunjukkan bahwa dari 120 anggota yang saat ini bertugas di parlemen Selandia Baru, 12 kursi sekarang dipegang oleh anggota yang secara terbuka merupakan bagian dari LGBT, naik dari tujuh. Sebaliknya, dari 650 anggota yang bertugas di parlemen Inggris, 45 secara terbuka adalah LGBT. Angka itu merupakan 7% dari semua pejabat terpilih, berbeda dengan  9,6% Selandia Baru yang mengesankan.

Selain perolehan bersejarah akhir pekan ini di Selandia Baru, pejabat terkemuka seperti anggota parlemen Partai Buruh Grant Robertson berhasil mempertahankan kursi mereka untuk masa jabatan berikutnya. Dari anggota yang baru terpilih, beberapa pemimpin adat yang non-hetero – seperti Elizabeth Kerekere dari Partai Hijau dan Kiri Allan dari Partai Buruh – memberikan kemenangan yang kuat bagi komunitas LGBT dengan merebut kursi di meja.

Kemenangan ini lebih dari sekedar simbolik. Dengan momok COVID-19 yang masih membayang dan prospek beberapa pertarungan besar di depan, parlemen mungkin melihat perubahan besar yang bersejarah dalam beberapa bulan mendatang. Awal tahun ini, Jacinda Ardern berjanji untuk menghapuskan terapi konversi LGBT di Selandia Baru jika terpilih kembali, dan koalisi yang berkuasa juga telah berjanji untuk meningkatkan dukungan kesehatan mental bagi remaja LGBT dan memerangi diskriminasi terhadap pasangan sesama jenis dalam adopsi dan pengasuhan.

Jika Selandia Baru menindaklanjuti janji untuk melarang terapi konversi, itu akan menjadi salah satu dari sedikit negara di dunia yang melarang praktik yang berbahaya dan didiskreditkan. Lainnya termasuk Argentina, Jerman, Malta, dan Uruguay.

Tetapi banyak masalah LGBT yang masih menunggu untuk ditangani. Daftar teratas untuk warga trans adalah masalah mendesak dari undang-undang identifikasi jenis kelamin yang diusulkan Selandia Baru, tindakan yang berpotensi mengubah hidup yang ditunda pada awal 2019 setelah Menteri Dalam Negeri Tracey Martin menerima reaksi publik .

Beberapa pejabat berharap hasil pemilu akan membantu menggerakkan berbagai hal ke arah yang lebih progresif. “Angka memang penting,” kata anggota parlemen dari Partai Buruh Louisa Wall pada hari-hari menjelang pemilihan. “Jika kita akhirnya menjadi parlemen yang paling mewakili LGBT di dunia, itu akan sangat bagus.”

Tetapi terlepas dari pencapaian bersejarah di Selandia Baru, Amerika Serikat tertinggal jauh dalam representasi LGBT dalam pemerintahan. Terlepas dari Gelombang Pelangi yang banyak dipuji dalam beberapa tahun terakhir, komite aksi politik LGBT Victory Fund memperkirakan bahwa komunitas LGBT perlu meningkatkan keterwakilannya oleh 22.544 pejabat terpilih untuk mencapai paritas. Hanya dua orang LGBT yang pernah terpilih menjadi anggota Senat AS: Tammy Baldwin dari Wisconsin dan Kyrsten Sinema dari Arizona. (R.A.W)

Sumber:

them