Search
Close this search box.

Oleh: Maisha Johnson

SuaraKita.org – Menjadi biseksual memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.

Banyak orang menggunakan “biseksual” sebagai istilah umum untuk segala bentuk ketertarikan pada dua atau lebih jenis kelamin.

Tetapi tanyakan kepada beberapa orang tentang apa arti menjadi biseksual bagi mereka, dan Anda mungkin mendapatkan beberapa jawaban berbeda.

Hal ini dapat membingungkan jika Anda mengira Anda mungkin biseksual, mengenal seseorang yang biseksual, atau Anda hanya ingin tahu apa artinya menjadi biseksual.

Jadi, mari kita bicara tentang beberapa faktor berbeda yang menentukan apakah biseksualitas sebenarnya.

Beberapa orang melihat istilah ini sebagai penguat gender biner 

Apakah istilah “biseksual” hanya merujuk pada ketertarikan pada lelaki dan perempuan? Beberapa orang melihatnya seperti itu.

Bagi mereka, biseksualitas mengecualikan gender non-biner , atau bahkan menghapus transgender sama sekali.

Bagi beberapa orang, istilah lain seperti panseksual, queer, dan fluid terasa lebih inklusif.

Sedangkan orang lain menerapkan makna yang lebih luas

Secara historis , istilah biseksual tidak merujuk pada “lelaki dan perempuan” tetapi untuk “sama dan berbeda” – seperti dalam, ketertarikan kepada orang-orang dengan jenis kelamin Anda sendiri dan orang-orang dengan jenis kelamin yang berbeda dari Anda.

Satu definisi populer dibuat oleh aktivis biseksual Robyn Ochs:

“Saya menyebut diri saya biseksual karena saya mengakui bahwa saya memiliki potensi untuk tertarik – secara romantis dan / atau seksual – kepada orang-orang dengan lebih dari satu jenis kelamin dan / atau gender, tidak harus pada saat yang sama, tidak harus dengan cara yang sama , dan tidak harus pada tingkat yang sama. “

– Robyn Ochs

Definisi ini masuk akal ketika Anda berpikir tentang definisi homoseksual – ketertarikan pada yang sama – dan ketertarikan heteroseksual – pada apa yang berbeda. Biseksualitas dapat mencakup keduanya sama dan berbeda.

Satu hal yang disetujui semua orang: menjadi biseksual bukanlah pemisahan 50/50

Meskipun mendefinisikan homoseksualitas dan heteroseksualitas dapat membantu Anda memahami definisi biseksualitas, jangan membuat kesalahan dengan berpikir bahwa orang biseksual adalah “setengah gay” atau “setengah lurus”.

Biseksualitas adalah sebuah identitas uniknya sendiri bukan hanya cabang dari gay atau heteroseksual.

Beberapa orang tertarik dengan lelaki cisgender dan perempuan cisgender

Anda mungkin bertemu seseorang biseksual yang mengatakan mereka hanya tertarik cisgender lelaki dan perempuan cisgender, meskipun itu jelas tidak terjadi untuk semua orang biseksual.

Definisi ini dapat didasarkan pada beberapa kesalahpahaman tentang gender, karena Anda tidak selalu dapat mengetahui dengan melihat seseorang apakah mereka lelaki, perempuan, atau cisgender.

Dan orang lain tertarik pada orang-orang di seluruh spektrum gender

Banyak orang biseksual tertarik pada orang trans dan non-biner, dan banyak orang biseksual adalah transgender atau non biner.

Jadi bagi banyak orang bi, tidak diragukan lagi bahwa “biseksual” adalah istilah inklusif yang mencakup seluruh spektrum gender.

Beberapa orang lebih tertarik pada satu gender daripada yang lain

Anda mungkin mengira Anda hanya “diizinkan” untuk mengidentifikasi diri sebagai biseksual jika Anda mengalami ketertarikan yang sama pada beberapa jenis kelamin.

Jangan khawatir – tidak ada yang dapat mengambil kartu biseksual Anda jika ini bukan masalahnya.

Penelitian menunjukkan bahwa banyak orang biseksual lebih tertarik pada satu gender daripada yang lain. Biseksualitas mereka benar-benar valid.

Berkencan dengan seseorang yang berbeda jenis kelamin tidak membuat Anda heteroseksual

Menjalin hubungan adalah hal lain yang mungkin membuat Anda bertanya-tanya apakah Anda “cukup bi”.

Misalnya, jika Anda seorang perempuan dalam hubungan monogami dengan seorang lelaki, apakah itu berarti Anda tidak biseksual lagi?

Meskipun Anda mungkin bertemu dengan orang-orang yang mengira Anda telah “memilih sisi” dengan menjalin hubungan, sebenarnya bukan cara kerja biseksualitas.

Bahkan ada satu gerakan – #StillBisexual – yang dibuat hanya untuk menegaskan bahwa biseksual adalah biseksual terlepas dari status hubungannya.

Beberapa orang memiliki hubungan yang berbeda dengan jenis kelamin yang berbeda

Mungkin Anda lebih tertarik pada satu jenis kelamin daripada yang lain. Tetapi apa artinya jika Anda mengalami jenis ketertarikan yang berbeda pada jenis kelamin yang berbeda?

Misalnya, Anda bisa saja tertarik secara romantis dengan orang-orang dari berbagai jenis kelamin, tetapi hanya tertarik secara seksual kepada lelaki. Atau mungkin Anda tidak memiliki perasaan seksual kepada siapapun, tetapi Anda mengalami ketertarikan romantis.

Ini kadang-kadang disebut sebagai orientasi silang (atau campuran) : ketertarikan romantis pada satu kelompok gender (atau tanpa kelompok gender) dan ketertarikan seksual terhadap yang lain (atau tidak sama sekali).

Mungkin saja menjadi biseksual atau biromantik, bersama dengan orientasi lain seperti aseksual atau aromantik.

Kepada siapa Anda tertarik – dalam kapasitas apa pun – adalah valid

Tidak melihat diri Anda tercermin dalam deskripsi umum tentang biseksualitas? Tidak apa-apa.

Jika tidak ada yang lain, ini menunjukkan bahwa ada banyak cara berbeda untuk menjadi biseksual, dan banyak ekspresi seksualitas yang berbeda secara keseluruhan.

Pengalaman unik Anda valid.

Menjadi biseksual bukanlah “pitstop” atau “fase”

Salah satu mitos paling gigih tentang biseksualitas adalah gagasan bahwa biseksualitas tidak ada.

Apakah orang mengatakan bahwa mereka biseksual hanya untuk melalui “fase” atau menyembunyikan bahwa mereka benar-benar gay?

Ada banyak sekali orang yang seumur hidup mereka mengidentifikasi diri sebagai biseksual.

Dan sementara ada juga orang yang pertama kali diidentifikasi sebagai biseksual dan kemudian sebagai gay, pengalaman mereka sama sekali tidak membatalkan keberadaan biseksualitas secara keseluruhan.

Jika Anda menemukan bahwa definisi pribadi Anda tentang biseksual berubah, tidak apa-apa

Apakah ternyata biseksualitas bukanlah seperti yang Anda pikirkan? Apakah Anda dulu mendefinisikannya dengan satu cara, dan sekarang Anda menganggapnya sebagai sesuatu yang lain?

Sebenarnya begitu banyak dari kita telah mencapai pemahaman kita tentang biseksualitas.

Anda tidak diwajibkan untuk tetap berpegang pada definisi yang menurut Anda tidak tepat lagi.

Selama Anda tidak menyakiti siapa pun (termasuk diri Anda sendiri), biarkan diri Anda mengeksplorasi apa arti biseksualitas bagi Anda.

Dan jika Anda menemukan bahwa Anda tidak lagi mengidentifikasi diri sebagai biseksual, tidak apa-apa juga

Begitu Anda biseksual, apakah Anda selalu biseksual? Anda tentu tidak harus menjadi seperti itu – dan jika Anda dulu mengidentifikasi diri sebagai biseksual dan sekarang tidak lagi, Anda bukan satu-satunya.

Beberapa orang seksualitas bersifat cair, artinya berubah dari waktu ke waktu.

Mungkin juga Anda telah belajar lebih banyak tentang diri Anda dan seksualitas dari waktu ke waktu, dan menyadari bahwa Anda tidak pernah biseksual sejak awal.

Ini bukan hal yang memalukan – perjalanan untuk mencari tahu siapa diri Anda adalah hal yang penting, dan sungguh luar biasa Anda tumbuh untuk lebih mengenal diri sendiri.

Istilah ini sering digunakan secara bergantian dengan istilah lain, tetapi mereka tidak selalu memiliki arti yang sama

Beberapa orang tidak melihat perbedaan antara biseksualitas dan istilah lain seperti “panseksual” atau “queer”.

Beberapa bahkan mengidentifikasi sebagai lebih dari satu istilah ini sekaligus.

Istilah yang mereka gunakan bisa saja bergantung pada siapa yang mereka ajak bicara atau tentang seksualitas yang ingin mereka sampaikan.

Tetapi istilah-istilah ini tidak selalu dapat dipertukarkan.

Misalnya, seseorang mungkin memiliki alasan khusus untuk mengidentifikasi diri sebagai queer dan bukan biseksual, jadi penting untuk menghargai cara setiap individu mengidentifikasi dirinya.

Pengalaman seksual tidak bergantung pada orientasi seksual

Orang poliamori datang dalam semua bentuk orientasi seksual, termasuk gay, heteroseksual, biseksual, dan banyak lagi – begitu pula orang monogami!

Biseksualitas tidak ada hubungannya dengan menentukan seberapa monogami atau seberapa setia seseorang. Itu semua terserah individu.

Sebenarnya tidak ada “tes” untuk menilai seksualitas Anda sendiri

Sepertinya semua orang tahu tentang seksualitas ini – apakah mereka pernah melakukan tes orientasi seksual yang tidak Anda ketahui?

Ada kabar buruk dan kabar baik untuk Anda.

Kabar buruknya adalah, meskipun tampaknya akan membuat segalanya lebih mudah, tidak ada tes untuk memberi tahu Anda apa orientasi seksual Anda. Tetapi kabar baiknya adalah Anda sudah memiliki kunci untuk menentukan seksualitas Anda.

Pertimbangkan saja atraksi Anda, pengalaman Anda, dan bagaimana hal itu mungkin dipengaruhi oleh gender atau tidak.

Anda satu-satunya yang dapat mengatakan apa arti semua itu bagi Anda.

Terakhir, Anda harus menggunakan pengenal yang paling nyaman bagi Anda

Jadi, apakah informasi ini berarti bahwa Anda “secara teknis” adalah biseksual – meskipun istilah tersebut tidak memanggil Anda? Apakah Anda terlihat seperti bukan biseksual, padahal Anda selalu mengidentifikasinya seperti itu?

Anda – dan hanya Anda – yang dapat menentukan identitas seksual Anda sendiri.

Anda mungkin lebih suka menyebut diri Anda biseksual, cair, berorientasi silang, gay dengan beberapa kecenderungan biseksual, banyak identitas, atau tanpa label identitas sama sekali.

Jika Anda ingin menjawab apa arti biseksual untuk memahami siapa Anda sebenarnya, inilah saatnya mencari jawaban Anda ke dalam diri Anda.

Anda sedang dalam perjalanan unik Anda sendiri untuk memahami diri sendiri. (R.A.W)

Maisha Z. Johnson adalah seorang penulis dan advokat bagi para penyintas kekerasan, orang kulit berwarna, dan komunitas LGBT. Temukan Maisha di situs webnya , Facebook , dan Twitter

Sumber:

healthline