Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia ( World Suicide Prevention Day / WSPD ) adalah hari kesadaran yang diperingati pada 10 September setiap tahun, dalam rangka memberikan komitmen dan tindakan di seluruh dunia untuk mencegah bunuh diri, dengan berbagai kegiatan di seluruh dunia sejak tahun 2003.

Bunuh diri memiliki sejumlah faktor penyebab yang kompleks dan saling terkait dan mendasari … yang dapat menyebabkan perasaan sakit dan putus asa. Memiliki akses ke sarana untuk membunuh diri sendiri – biasanya senjata api, obat-obatan, dan racun – juga merupakan faktor risiko.

Diperkirakan satu juta orang per tahun meninggal karena bunuh diri atau sekitar satu dari 10.000 orang (1,4% dari semua kematian), atau “kematian setiap 40 detik atau sekitar 3.000 setiap hari”. Pada tahun 2004, jumlah orang yang meninggal karena bunuh diri diperkirakan mencapai 1,5 juta per tahun pada tahun 2020[1].

Mencegah bunuh diri seringkali dimungkinkan dan Anda adalah pemain kunci dalam pencegahannya!   Anda dapat membuat perbedaan – sebagai anggota masyarakat, sebagai anak, sebagai orang tua, sebagai teman, sebagai kolega, atau sebagai tetangga. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan setiap hari, dan juga di Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia, untuk mencegah perilaku bunuh diri. Anda dapat meningkatkan kesadaran tentang masalah ini, mendidik diri sendiri dan orang lain tentang penyebab bunuh diri dan tanda peringatan untuk bunuh diri, menunjukkan kasih sayang dan kepedulian kepada mereka yang berada dalam kesulitan di komunitas Anda, mempertanyakan stigma yang terkait dengan bunuh diri, perilaku bunuh diri, dan masalah kesehatan mental serta berbagi pengalaman Anda sendiri.

Dengan meluangkan waktu beberapa menit untuk terlibat dan mendapatkan informasi, Anda akan menjadi bagian dari gerakan di seluruh dunia untuk menyelamatkan nyawa. Berikut langkah-langkahnya:

1. PELAJARI TANDANYA

Meskipun tidak selalu terlihat jelas,  individu yang mengalami krisis emosional biasanya menunjukkan satu atau lebih tanda peringatan bunuh diri. Kemampuan Anda untuk mengidentifikasi tanda-tanda akan lebih mempersiapkan Anda untuk mengambil tindakan dan dapat membantu menyelamatkan nyawa. Dapatkan bantuan segera jika Anda melihat atau mendengar salah satu dari tanda peringatan bunuh diri.

2. TAHU CARA MEMBANTU

Anda dapat membantu. Ketahui apa yang harus dikatakan dan dilakukan jika seseorang yang Anda sayangi ingin bunuh diri.

Anda tidak perlu takut untuk bertanya kepada teman Anda apakah dia berpikir untuk bunuh diri. Dengan mengetahui dengan tepat apa yang harus dikatakan dan dilakukan, Anda akan siap untuk bertindak dan menjaga keamanan teman dan keluarga Anda.

3. PRAKTEK PERAWATAN DIRI

Jadikan kesehatan mental sebagai prioritas dalam hidup Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa kebugaran atau kebugaran mental kita sangat penting untuk kesehatan jangka panjang kita secara keseluruhan, dan bahkan dapat melindungi kita dari penyakit. Pelajari beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental. Jadikan itu prioritas!

4. MENCARI BANTUAN

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang mengalami tekanan emosional, Anda harus mencari bantuan. Anda tidak sendiri.  Pelajari tentang berbagai pilihan bantuan dan bagaimana mengambil langkah pertama dalam mencari bantuan dan perhatian.

5. SEBARKAN SERUAN

Dengan berbagi tentang pentingnya pencegahan bunuh diri dapat membantu meningkatkan kesadaran tentang masalah bunuh diri dan membekali orang dengan alat yang mudah untuk membantu diri mereka sendiri dan orang lain. Bersama-sama kita semua dapat membuat perbedaan! (R.A.W)

 

Sumber: 

[1] World Suicide Prevention Day is marked

Take5