Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Berlin Film Festival akan memperkenalkan penghargaan akting netral gender dalam upaya menciptakan industri film yang lebih “sensitif gender”.

Keputusan tersebut menjadikannya festival film besar pertama yang memperkenalkan penghargaan akting netral gender .

Perubahan tersebut diumumkan beberapa waktu lalu oleh direktur gabungan Festival Film Berlin Mariette Rissenbeek dan Carlo Chatrian.

“Alih-alih penghargaan untuk Aktor Terbaik dan Aktris Terbaik, ‘Silver Bear untuk Penampilan Terbaik’ dan ‘Silver Bear untuk Penampilan Pendukung Terbaik’ masing-masing akan diberikan atas dasar netral gender,” kata sebuah pernyataan dari penyelenggara. .

Para sutradara di Berlin Film Festival ingin industri film lebih ‘sensitif gender’.

“Kami percaya bahwa tidak memisahkan penghargaan di bidang akting berdasarkan gender merupakan sinyal untuk kesadaran yang lebih sensitif gender di industri film,” kata mereka.

Festival Film Berlin dianggap sebagai salah satu festival film terpenting, bersama dengan Festival Film Venesia dan Cannes – keduanya terus menawarkan kategori penghargaan gender di bidang akting.

MTV Movie Awards membuat terobosan baru pada tahun 2017 ketika memperkenalkan penghargaan akting netral gender.

Alih-alih kategori tradisional “Aktor Terbaik” dan “Aktris Terbaik”, MTV memperkenalkan kategori “Aktor Terbaik dalam Film” dan “Aktor Terbaik dalam Pertunjukan”.

Emma Watson kemudian memenangkan penghargaan MTV netral gender pertama untuk “Aktor Terbaik dalam Film” untuk perannya dalam  Beauty and the Beast  pada tahun 2017.

Charlize Theron mengatakan dia berharap penghargaan akting netral gender diperkenalkan ‘segera’.

Penghargaan akting netral gender menawarkan aktor non-biner dan gender non-conforming kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan mereka dirayakan tanpa harus mematuhi norma gender tradisional.

Sementara beberapa kemajuan telah dibuat, sebagian besar penghargaan film utama masih memiliki kategori akting berdasarkan gender.

Aktor pemenang Oscar Charlize Theron menjadi berita utama tahun lalu ketika dia menyerukan kategori akting netral gender untuk diperkenalkan dalam upacara penghargaan film.

Ketika ditanya kapan menurutnya aktor dapat melihat kategori netral gender dalam upacara penghargaan di Penghargaan Film Hollywood Tahunan ke-23 di Beverly Hills, Charlize Theron menjawab: “Mari berharap segera.” (R.A.W)

Sumber:

Berlinale 

pinknews