Search
Close this search box.

SuaraKita.org – The Owl House mengikuti petualangan gadis Amerika keturunan Dominika berusia 14 tahun, Luz Noceda, yang menemukan portal ke dunia lain dan mengejar mimpinya menjadi penyihir meski tidak memiliki kemampuan magis apa pun.

Disuarakan oleh Sarah-Nicole Robles, Luz sebelumnya telah menunjukkan minat romantis pada anak lelaki. Namun, alur cerita baru-baru ini telah terungkap bahwa terlihat Luz menjadi lebih dekat dengan saingannya yang menjadi temannya Amity (Mae Whitman).

Dalam episode terbaru The Owl House, terungkap bahwa Amity sedang bersiap untuk meminta Luz menjadi teman kencannya, dan pemirsa mulai bertanya-tanya apakah akan ada alur cerita LGBT di antara keduanya.

Penulis cerita Dana Terrace, yang juga seorang biseksual, kini telah mengonfirmasi melalui Twitter bahwa karakter Luz memang biseksual, dan menekankan bagaimana dia ‘sangat terbuka’ tentang niatnya untuk ‘menempatkan anak-anak queer sebagai pemeran utama’ selama tahap perkembangannya.

Dana Terrace mengungkapkan bahwa dia telah menerima beberapa penolakan dari ‘salah satu pimpinan Disney’ yang mengatakan kepadanya bahwa dia tidak akan dapat ‘mewakili segala bentuk hubungan bi atau gay di Channel tersebut.

Dana Terrace melanjutkan:

“Saya bi! Saya ingin menulis karakter bi.Untungnya, sikap keras kepala saya terbayar dan sekarang saya SANGAT didukung oleh kepemimpinan Disney saat ini. Terima kasih @NashRiskin dan tim! Belum lagi kehebatan kru ini.

Representasi itu penting! Selalu berjuang untuk membuat apa yang ANDA ingin lihat! Saya tidak sabar untuk mengeksplorasi hal-hal yang penting bagi saya dan kru saya. Nantikan bab selanjutnya.”

Dana Terrace dan Disney telah menerima tanggapan positif untuk karakter Luz dan penggambaran roman biseksual di layar. Pujian juga datang dari pihak lain yang berupaya menghadirkan inklusivitas yang lebih besar ke industri ini.

Termasuk pembuat Gravity Falls, Alex Hirsch, yang men-tweet bahwa dia telah dilarang memperkenalkan representasi LGBT secara eksplisit atau apapun saat membuat Gravity Falls.

Mengomentari sejauh mana Disney telah berkembang sejak itu, Alex Hirsch men-tweet foto dari acara tersebut dengan menceritakan perkembangan Disney semenjak 2012 hingga sekarang dan memuji bahwa Disney telah melakukannya dengan baik 

The Owl House diproduksi oleh Disney Television Animation, dan ditayangkan perdana di Disney Channel pada Januari 2020. (R.A.W)

Sumber:

unilad