Search
Close this search box.

Tim non-liga Altrincham FC dalam seragam pelangi. (foto:TRIS REID-SMITH)

SuaraKita.org – Pemerintah Inggris berharap untuk mengubah Undang-undang Pelanggaran sepak bola 1991 untuk membuat yel-yel homofobik di pertandingan sepak bola ilegal.

Komitmen tersebut tertulis dalam laporan dari Departemen Digital, Media, Budaya dan Olahraga (DCMS).

Laporan ini tentang dampak COVID-19 pada olahraga. Namun, itu juga menyimpulkan bahwa pandemi coronavirus adalah kesempatan untuk ‘mengatur ulang’ sepak bola – olahraga paling populer di Inggris.

Dalam kesimpulannya, laporan itu mengatakan: 

“Kami juga ingin mencatat kekecewaan kami pada kemajuan yang lambat dalam mengusir homofobia dari sepak bola.

“Krisis COVID-19 adalah peluang untuk meningkatkan sejumlah area dalam sepak bola, dan untuk tujuan ini kami akan terus mengejar peluang di Parlemen ini untuk memperkenalkan undang-undang yang melarang nyanyian homofobik pada pertandingan.”

Sepak bola bernilai miliaran, tetapi hanya ada sedikit uang untuk mengatasi kebencian

Ujaran kebencian homofobik adalah masalah besar di sepak bola Inggris.

Memang, mereka sangat endemik sehingga mereka bahkan menodai pertandingan tahun lalu antara Liverpool dan Chelsea untuk memperingati 30 tahun bencana Hillsborough – yang menewaskan 96 dan melukai 766 penggemar pada tahun 1989.

Selama bertahun-tahun, Inggris telah mengidentifikasi homofobia sebagai masalah terbesar dalam olahraga .

Tetapi tanggung jawab untuk menanganinya tidak jelas. Klub, Asosiasi Sepak Bola, dan DCMS telah melepaskan tanggung jawab antara satu sama lain. Sementara itu badan pengatur internasional FIFA memberikan tuan rumah Piala Dunia ke Rusia dan kemudian Qatar.

Sementara itu, olahraga telah menginvestasikan sedikit uang tunai dalam mengatasi kebencian anti-LGBT, meskipun sepak bola Inggris dibanjiri dengan uang. Liga Premier saja menghasilkan  7,6 miliar Poundsterling untuk ekonomi Inggris.

Akibatnya, terlepas dari sejumlah inisiatif yang bermaksud baik tetapi kecil , belum ada pemain profesional di Inggris yang tampil sebagai gay atau biseksual.

Komite pemilihan parlemen DCMS bertanya kepada Ketua Eksekutif Liga Premier, Richard Masters apa yang dia lakukan tentang hal itu.

Dia mengklaim, kondisinya tepat untuk lebih banyak pemain sepak bola coming out. Terlebih lagi, dia mengatakan permainan itu akan ‘merangkul’ pemain gay mana pun.

Sementara itu Eniola Aluko, mantan pesepak bola perempuan Inggris, mengatakan kepada para politisi bahwa pesepak bola pertama yang coming out akan ‘dipuji secara luas dan dihormati’.

“Hambatan apa yang menghalangi para pesepak bola gay?”

Sekarang laporan DCMS mengatakan:

“Sangat penting bahwa langkah-langkah diambil untuk memahami hambatan apa yang menghalangi para pemain gay, dan seberapa banyak tanggung jawab terletak pada klub dan seberapa banyak dengan penggemar.”

Laporan tersebut berasal dari kelompok lintas partai yang terdiri dari 11 anggota parlemen, juga menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana kesetaraan ras dalam olahraga. Dan laporan  itu menyimpulkan coronavirus secara tidak proporsional telah merusak olahraga elit perempuan. (R.A.W)

Sumber:

GSN