Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Sebuah gereja baru di Rwanda telah membuka pintunya bagi komunitas LGBT di negara itu, memberi mereka ruang aman untuk beribadah dengan persyaratan mereka sendiri.

Gereja baru, yang disebut “Gereja Tuhan di Afrika di Rwanda,” berbasis di ibu kota, Kigali. Itu terjadi pada saat komunitas LGBT di Rwanda secara bertahap mendapatkan penerimaan dan rasa hormat dalam masyarakat yang sebagian besar masih konservatif. 

Sementara banyak tempat ibadah lain telah mengusir mereka, atau membuat mereka merasa tidak diterima di masa lalu, saat ini semakin banyak orang Rwanda merasa aman untuk coming out sebagai gay, lesbian, atau transgender.

Gereja juga menyediakan tempat yang nyaman bagi mereka yang tidak memiliki sistem pendukung, atau yang diasingkan oleh masyarakat dan keluarga mereka.

Jean D’amour Abijuja, seorang jemaat gereja yang gay secara terbuka, diusir dari Gereja Pantekosta di Kigali setelah anggota seniornya mengetahui orientasi seksualnya.

Sekarang, Jean D’amour Abijuja telah menemukan tempat yang nyaman. “Ketika gereja ini dibuka, saya datang ke sini karena kami menyembah Tuhan tanpa stigma,” katanya, “Bahkan orang seperti saya dengan rambut gimbal disambut. Dan sekarang, saya bernyanyi lagi.”

Afrika Selatan, yang melegalkan pernikahan sesama jenis pada tahun 2006, mengadakan Gay Pride March tahunan. Namun bagi banyak negara Afrika, penerimaan komunitas LGBT masih merupakan perjuangan (gambar-aliansi / dpa / K. Ludbrook)

Homofobia masih marak di Rwanda

Rwanda tidak mengesahkan atau mendekriminalisasi hubungan sesama jenis, tetapi masyarakat masih berpegang pada sikap konservatif terhadap homoseksualitas.

Ketidakjelasan dalam undang-undang yang ada membuat anggota komunitas LGBT dalam keadaan bingung.

Jean D’amour Abijuja mengatakan dia mencari hiburan dari Tuhan dan agama setelah merasa terisolasi oleh masyarakat. “Kami dihadapkan dengan banyak tantangan, tetapi saran saya untuk semua orang adalah untuk datang di hadapan Tuhan dan berdoa kepadanya untuk bantuan,” ia menjelaskan, menambahkan bahwa isolasi sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan depresi atau bunuh diri.

Homofobia tidak hanya umum di komunitas agama di Rwanda, tetapi juga di tempat kerja.

Tahun lalu, penyanyi Injil Rwanda yang terkenal, Albert Nabonibo, mengejutkan seluruh negeri ketika dia coming out sebagai gay. Akibatnya, Albert Nabonibo kehilangan pekerjaannya dan diusir dari apartemennya. 

Pastor Jean de Dieu Uwiragiye, yang adalah anggota gereja LGBT, menekankan keyakinannya bahwa Tuhan mencintai semua orang secara setara.

“Kami memberitakan kabar baik, yang tidak mendiskriminasi orang,” katanya. “Semua orang bebas untuk datang ke sini terlepas dari apakah mereka adalah bagian dari komunitas LGBT. Yang penting adalah memberitakan cinta dan keselamatan Tuhan.” 

Presiden Rwanda Paul Kagame, di masa lalu, menghindari pertanyaan tentang homofobia, mengklaim bahwa negara itu berurusan dengan masalah yang lebih penting dan bahwa semua Rwanda setara di hadapan konstitusi, meskipun ada undang-undang yang ambigu. 

Agama mempertahankan pengaruh kuat

Sekitar 93% orang Afrika sub-Sahara adalah Kristen (63%) atau Muslim (30%), menjadikan benua itu salah satu wilayah paling religius di dunia.

Keyakinan ini menginformasikan dan membentuk banyak segi kehidupan masyarakat , termasuk sikap mereka terhadap komunitas LGBT.

Ghana, negara mayoritas Kristen (72%), memiliki beragam catatan dalam hal memperlakukan orang lesbian, gay, biseksual, dan transgender secara setara. 

“Masalah tentang gay agak sulit, terutama dalam konteks Afrika,” kata Pendeta Wilberforce Asare, seorang pendeta di Victory Bible Church International di Ghana. “Jika saya mempersempitnya dalam konteks Ghana, itu karena, sebagai masyarakat, kami tidak menyukai pada segala bentuk hubungan seksual yang bukan antara lelaki dan perempuan. Itu sudah menjadi tradisi di negara kami.” 

Namun, Pendeta Wiberforce Asare percaya bahwa gereja harus menyambut siapa saja yang ingin beribadah: “Jika seseorang yang kita anggap sebagai gay, yang dalam pikiran batin kita bisa dikatakan ‘najis’, ingin datang ke gereja, jika kita mengatur penghalang terhadap orang seperti itu. Bagi saya, itu akan salah dan merupakan praktik yang tidak dapat diterima. “

“Homoseksualitas tidak normal”

Shehu Ghana Dalhu Abdul Moomin percaya bahwa LGBT membutuhkan perawatan karena “mereka sakit secara moral” (DW/M.Suuk)

Tapi tidak semua orang mengubah sikap lama mereka. Shehu Dalhu Abdul Moomin, Kepala Zongo, Tamale dan Kepala Komunitas Syiah di Wilayah Utara Ghana, mengatakan homoseksualitas harus diperlakukan sebagai penyakit moral. 

“Kita harus melihatnya seperti ini,” katanya. “Bisakah Anda bayangkan seorang pelaut kapal di bandara mencoba atau berpikir untuk berlayar di bandara? Kelihatannya tidak normal.”

Dia menambahkan: “Kami berada dalam suatu masyarakat dan bagi mereka untuk hidup dengan cara ini … Itu mempengaruhi masyarakat juga.”

Kekerasan dan penolakan umum terjadi di Uganda

Pada November 2019, polisi Uganda menangkap 125 orang di bar ramah-gay di Kampala, puluhan di antaranya kini menghadapi dakwaan.

Tetapi pihak berwenang di Uganda bukan satu-satunya yang tampaknya memburu komunitas LGBT . Kelompok-kelompok agama di Uganda dianggap lebih bermusuhan, sampai-sampai orang-orang yang gay secara terbuka diusir dari tempat-tempat ibadah oleh para pendeta atau imam, menurut pengacara Uganda Nicolas Opiyo.

“Jadi, komunitas LGBT telah memulai gerakan iman mereka sendiri untuk menemukan makanan spiritual,” kata Nicolas Opiyo. (R.A.W)

Sumber:

DW