Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Pejabat pemerintah di Israel bersiap-siap untuk memperkenalkan RUU baru di majelis legislatif yang akan melarang terapi konversi, tetapi menurut laporan, para pemimpin telah menunda keputusan karenaharus sedikit dirubah untuk menenangkan oposisi.

Terapi konversi adalah bentuk traumatis dari penyiksaan fisik dan mental yang bertujuan untuk mengubah orang LGBT melalui intervensi psikologis. Praktek ini banyak didiskreditkan oleh para ahli di seluruh dunia, termasuk American Psychology Association.

Secara global, ada lima negara yang melarang terapi konversi secara federal: Jerman, Malta, Ecuador, Brazil, dan Taiwan. Di Amerika Serikat, 20 negara bagian (serta sejumlah kota) telah melarang praktik ini untuk anak di bawah umur.

RUU ini pertama kali diperkenalkan oleh Nitzan Horowitz, pemimpin partai sayap kiri Meretz. Ia juga anggota Knesset, badan legislatif nasional unikameral Israel.

Sebuah sumber pemerintah mengatakan bahwa Komite Menteri untuk Legislasi kemungkinan akan menunda rancangan undang-undang tersebut sehingga mereka dapat memperbaruinya agar lebih “moderat” demi disetujui oleh oposisi ultra-Ortodoks. 

Namun, dilaporkan RUU itu tidak segera didiskualifikasi oleh oposisi hanya sehingga mereka dapat meminimalkan reaksi terhadap dua menteri gay yang bertugas di komite untuk legislasi, serta untuk menghindari kritik dari “partai Kahol Lavan Benny Gantz, yang menjanjikannya akan mengadvokasi komunitas LGBT dalam kampanye pemilihannya. “

Seperti yang berlaku sekarang, RUU itu akan melarang terapi konversi di seluruh negeri dan akan mengancam terapis dengan hukuman penjara, denda, dan pencabutan lisensi profesional mereka jika mereka mempraktikkannya.

“Terapi konversi adalah pembunuhan,” kata Nitzan Horowitz pada pertemuan komite legislatif. “Itu adalah pembunuhan jiwa dan sering kali tubuh juga. Prosedur ini mengakibatkan melukai diri sendiri sampai titik bunuh diri. Apa artinya terapi di sini adalah pelecehan mental dan fisik pada remaja.”

Upaya-upaya lain untuk melarang terapi konversi di negara ini telah gagal, sehingga fakta bahwa RUU ini telah mencapai sejauh ini dalam koalisi ultra-konservatif itu sendiri merupakan tonggak sejarah. Namun, ini belum merupakan kemenangan.

“Adalah kewajiban hukum dan moral kita untuk menyelamatkan para korban terapi konversi berikutnya,” kata Nitzan Horowitz. “Ini adalah kesempatan bagi Knesset untuk memberikan pesan yang jelas – tidak masalah jika Anda hetero, gay, lesbian, atau trans, kami tidak ingin mengubah Anda. Anda cantik dan utuh sebagai diri Anda sendiri. ”  (R.A.W)

Sumber:

Advocate