Search
Close this search box.

Seorang demonstran memegang plakat yang menggambarkan presiden Rusia Vladimir Putin dengan label “Stop Homophobia” sumber: Ian Langsdon / EPA

SuaraKita.org – Pemungutan suara nasional yang dijadwalkan 1 Juli 2020 berupaya untuk memungkinkan Vladimir Putin untuk terus sebagai presiden Rusia hingga 2036, dan juga meminta perubahan yang dibuat pada Konstitusi untuk melarang pernikahan sesama jenis.

“Video ini telah dihapus karena melanggar kebijakan YouTube tentang ujaran kebencian. Pelajari lebih lanjut tentang memerangi kebencian di negara Anda, ”kata pesan YouTube, dan membagikan tautan ke Kebijakan Ujaran Kebenciannya.

Grup LGBT yang berbasis di Moskow, Stimul, adalah salah satu yang pertama menandai iklan tersebut. Stimul yang menyediakan layanan bantuan hukum kepada orang-orang LGBT di Moskow, mengatakan pihaknya telah mengajukan keluhan bersama lembaga penegak hukum terhadap pembuat iklan karena menghasut kebencian dan kekerasan.

“Kami yakin bahwa video ini menghasut kebencian dan permusuhan kepada sekelompok orang karena mereka adalah LGBT, menurunkan martabat seseorang dan terus terang bersifat diskriminatif,” kata Stimul dalam sebuah posting yang dibagikan secara luas di Facebook .

Stimul juga meminta YouTube dan Google untuk menghapus iklan. “Kami menganggap tidak dapat diterima bahwa retorika xenofobia, homofobik digunakan oleh media yang disponsori negara untuk menyerukan amandemen terhadap Konstitusi, Pasal 19 yang menjamin kesetaraan hak asasi manusia dan kebebasan dan melarang segala bentuk pembatasan hak warga negara atas dasar afiliasi sosial. “

Video yang dikreditkan ke Kantor Berita Federal Rusia dan kelompok Media Patriot, menunjukkan seorang anak muda keluar dari panti asuhan untuk menyambut orang tua angkatnya yang baru. Dia bertanya kepada ayah angkatnya, di mana ibunya berada. Sang ayah menunjuk ke aktor lelaki lain – diperankan dengan cara flamboyan yang berlebihan – dan berkata, “Itu ibumu!

Iklan diakhiri dengan sulih suara yang mengatakan: “Apakah ini Rusia yang Anda inginkan? Putuskan masa depan negara. Pilih amandemen Konstitusi! ”

Di antara perubahan-perubahan terhadap Konstitusi yang diusulkan adalah perubahan yang berupaya mendefinisikan pernikahan “sebagai persatuan antara lelaki dan perempuan.” Usulan penambahan untuk Pasal 72 Konstitusi Rusia mengatakan: “Perlindungan keluarga, ibu, ayah dan anak; membela institusi pernikahan sebagai penyatuan lelaki dan perempuan; penciptaan kondisi untuk pengasuhan anak yang layak dalam keluarga, serta bagi anak-anak dewasa untuk menjaga orang tua mereka. ”

Pada bulan Februari 2020, Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia tidak akan melegalkan pernikahan sesama jenis selama ia menjadi Presiden.

“Sejauh ‘orangtua nomor 1’ dan ‘orangtua nomor 2’, saya sudah berbicara di depan umum tentang hal ini dan saya akan mengulanginya lagi: Selama saya Presiden, ini tidak akan terjadi. Akan ada ayah dan ibu, “kata Vladimir Putin.

Alexander Filimonenko, aktor yang memerankan karakter gay, meminta maaf atas perannya dalam sebuah unggahan di Instagram. “Saya ingin menyatakan penyesalan atas situasi saat ini dengan adanya video dengan saya sebagai pemerannya. Saya sangat menyesal terlibat dalam politik. Tidak berarti saya ingin menyinggung siapapun, ”kata Alexander Filimonenko.

Namun, Nikolay Stolyarchuk,  pimpinan Patriot Media membela iklan dan isinya mengatakan itu sejalan dengan Konstitusi dan amandemen yang diusulkan.

“Saya setuju bahwa topiknya ambigu, tetapi makna dari video ini bukan dalam kampanye melawan kaum homoseksual, seperti yang coba ditunjukkan oleh beberapa perwakilan oposisi. Poin utamanya bukanlah perjuangan melawan komunitas LGBT, tetapi pembelaan institusi keluarga sebagai penyatuan lelaki dan perempuan. Saya juga berpendapat bahwa tidak mungkin untuk mengadopsi anak-anak ke orang tua sesama jenis. ”

Bulan lalu ILGA Eropa merilis Rainbow Rankings dan Rusia berada di urutan terbawah di nomor 46 dari 49 negara yang ada dalam daftar.

Meskipun dikutuk oleh internasional Rusia terus menegakkan hukum anti-propaganda yang melarang informasi hubungan seksual non-tradisional kepada anak di bawah umur. Pride Parade telah dilarang dan diserang oleh kelompok-kelompok kanan-jauh, para aktivis LGBT telah ditangkap dan dipenjara. Yelena Grigoryeva, seorang aktivis LGBT yang terkenal di St. Petersburg tewas ditikam pada Juli 2019.

“Kejahatan kebencian terhadap orang-orang LGBT, termasuk pembunuhan, kekerasan fisik dan pemerasan dilakukan lagi pada tahun 2019. Pihak berwenang gagal mengklasifikasikan mereka sebagai kejahatan kebencian anti-LGBT,” ILGA menjelaskan dalam alasannya untuk memberikan skor rendah.

Sebuah survei yang dilakukan pada bulan Februari 2020 oleh Levada Center mengungkapkan bahwa satu dari lima orang Rusia ingin agar komunitas LGBT dihilangkan. Namun sikap mungkin melunak, Levada Center mengatakan ada sedikit peningkatan jumlah orang yang ingin membantu orang LGBT (9%) dan orang lain yang ingin mereka dibiarkan (32%). (R.A.W)

Sumber:

starobserver