Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Banyak orang LGBT + berpikir bahwa kekerasan dalam rumah tangga adalah masalah yang hanya dihadapi oleh orang-orang yang sama-sama cisgender dan hetero ​​- tetapi ini bukan masalahnya.

Sebuah temuan  dipresentasikan dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh Relationships Australia New South Wales (RANSW) dan ACON (sebelumnya Dewan AIDS NSW). Penelitian ini diterbitkan oleh Organisasi Riset Nasional Australia untuk Keselamatan Perempuan.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa banyak orang LGBT memiliki kesalahpahaman yang mendalam tentang kekerasan dalam rumah tangga dan tidak memahami banyak cara yang dapat berdampak pada komunitas LGBT.

Banyak orang LGBT menganggap kekerasan dalam rumah tangga adalah ‘masalah heteroseksual’.

“Penelitian kami menemukan bahwa kekerasan dalam rumah tangga dan keluarga (KDRT) dan kekerasan pasangan intim dianggap oleh anggota masyarakat dan pemangku kepentingan profesional sebagai masalah heteroseksual yang tidak mudah diterapkan pada hubungan LGBT,” tulis penelitian tersebut.

“Secara khusus, banyak anggota masyarakat berpandangan bahwa hubungan antara orang LGBT dapat menghindari seksisme yang melekat dan nilai-nilai patriarkal dari hubungan heteroseksual, cisgender, dan, dengan implikasinya, hindari KDRT/Kekerasan Pasangan Intim.”

Banyak bahasa dan kerangka kerja yang digunakan seputar masalah ini berkaitan dengan hubungan heteroseksual, yang dapat menaungi pelecehan yang terjadi dalam hubungan LGBT. 

Orang-orang LGBT yang menanggapi survei para peneliti sebagian besar percaya bahwa “kekerasan dalam rumah tangga” hanya mengacu pada kekerasan fisik, sementara banyak yang tidak menyadari bentuk-bentuk kekerasan lainnya.

Para peneliti mencatat bahwa kekerasan dalam rumah tangga diketahui ada dalam hubungan LGBT tetapi mengatakan sedikit yang diketahui tentang “sifat dan penyebabnya.”

Namun, mereka menemukan bahwa hubungan LGBT dapat terbuka untuk jenis pelecehan tertentu yang tidak terlihat di antara orang-orang cis-hetero.

Orang LGBT dapat menghadapi jenis pelecehan tertentu yang tidak dialami oleh orang-orang cis-hetero.

Penelitian ini mengidentifikasi “taktik penganiayaan berbasis identitas” di mana rasa takut terpapar atau keluar dilengserkan dalam hubungan LGBT sebagai masalah tertentu.

“Sementara pengalaman KDRT di komunitas LGBT dapat mencerminkan pengalaman masyarakat umum, ada beberapa aspek unik yang dialami oleh orang-orang LGBT,” kata CEO ACON Nicolas Parkhill.

“Banyak bahasa dan kerangka kerja yang digunakan seputar masalah ini berkaitan dengan hubungan heteroseksual, yang dapat menaungi pelecehan yang terjadi dalam hubungan LGBT.

“Karena itu, banyak orang LGBT menderita dalam isolasi dan tidak merasa nyaman untuk melaporkan kekerasan atau mencari bantuan dari layanan dukungan,” kata Nicolas Parkhill.

Dia juga mengatakan bahwa sangat penting bahwa para peneliti terus mempelajari kekerasan dalam rumah tangga dalam hubungan LGBT untuk menciptakan lebih banyak kesadaran. (R.A.W)

Laporan penelitian dapat diunduh pada tautan berikut:

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2020/05/Developing-LGBTQ-programs-for-perpetrators-and-victims-survivors-of-domestic-and-family-violence.pdf”]

Sumber:

pinknews