Search
Close this search box.

Monumen Angkatan Laut Kerajaan Kanada

SuaraKita.org – Canada akan mendirikan tugu peringatan nasional untuk memperingati penangkapan dan pengusiran LGBT  ketika sebuah perintah memaksa ribuan orang Canada keluar dari pelayanan publik.

Tindakan itu merupakan upaya sistematis untuk mengusir orang-orang LGBT keluar dari angkatan bersenjata, Royal Canadian Mounted Police dan pekerjaan pemerintah lainnya.

Hal ini terjadi pada puncak Perang Dingin dari 1950-an hingga 1990-an. Dan berlanjut bahkan setelah Canada mendekriminalisasi seks gay pada tahun 1967.

Upaya ini berakhir pada tahun 1992 setelah tantangan hukum.

Sekarang ibu kota Canada, Ottawa, akan mendapatkan monumen peringatan permanen untuk mengingat masa-masa kelam itu dan membantu negara itu maju.

National Capital Commission dengan suara bulat menyetujui situs untuk peringatan yang akan menelan biaya sekitar 8 Juta Dolar Canada.

Monumen ini berada di ruang hijau yang landai dan akan memiliki pandangan yang jelas ke Mahkamah Agung Canada dan Parliament Hill.

Monumen ini juga dekat dengan Monumen Angkatan Laut Kerajaan Canada (seperti gambar diatas) dan Perpustakaan dan Arsip Canada, di sebelah utara Wellington Street dan di sebelah timur Portage Bridge.

Tanah seluas 6.300 meter persegi, landai, akan mampu menampung sekitar 2.000 orang untuk pertemuan.

‘Perayaan dan ajakan untuk bertindak’

Todd Ross adalah salah satu korban dari tragedi tersebut. Dia bertugas di Angkatan Laut Canada di HMCS Saskatchewan pada tahun 1989. Ketika mereka mencurigai seksualitasnya, mereka menginterogasinya dan memberinya enam tes poligraf selama 18 bulan.

Akhirnya dia mengakui dia gay. Akibatnya, mereka memaksa pelaut berusia 21 tahun itu keluar dari pekerjaannya. Dia kembali ke rumahnya di New Brunswick ‘bingung secara emosional’ dan bahkan mencoba bunuh diri.

Dia mengatakan kepada bahwa dia berharap monumen peringatan itu akan menjadi peringatan abadi. Namun dia juga mencatat bahwa komunitas LGBT telah melangkah lebih jauh di Canada dan menginginkannya menjadi  sebuah perayaan dan seruan untuk bertindak’.

‘Pemusnahan yang kejam dan tidak adil’

Todd Ross tidak sendirian di Canada atau di Barat pada umumnya.

Di era Perang Dingin yang paranoid, pejabat homofobik meyakinkan diri sendiri bahwa Uni Soviet dapat menjebak dan memeras lelaki dan perempuan LGBT. Faktanya, tidak ada bukti bahwa pemerintah asing pernah berhasil mengancam LGBT Canada agar menyerahkan rahasia pemerintah.

Tidak seperti di negara lain, Canada sudah berdamai dengan masa lalu.

Pada November 2017, Perdana Menteri Justin Trudeau berbicara kepada Parlemen tentang tindakan kejam dan tidak adil tersebut.

Dia mengatakan bahwa tindakan itu akan “selamanya menjadi tindakan tragis diskriminatif yang diderita oleh warga Canada di tangan pemerintah mereka sendiri”.

Menteri Warisan Budaya Canada Steven Guilbeault mengatakan tentang monumen baru ini: ‘Monumen. . . dapat menyatukan kita dalam duka, membantu kita belajar tentang masa lalu kita dan membawa kita bersama sebagai orang Canada.

“Monumen ini akan mengundang orang Canada untuk merenungkan masa memalukan ini dalam sejarah kita dan memungkinkan kita untuk bergerak maju bersama menuju masa depan di mana semua orang Canada dihormati sebagai diri mereka.”

Sementara itu, para korban juga mendapat kompensasi.

Memang, uang yang harus dibayar dari peringatan tersebut berasal dari dana kompensasi sebesar 145 Juta Dolar Canada. Para korban memenangkan kompensasi sebagai bagian dari gugatan class action terhadap pemerintah Canada.

Canada bergabung dengan negara-negara yang memiliki monumen peringatan LGBT permanen

Coronavirus telah menunda kompetisi desain internasional untuk membuat peringatan baru di Ottawa. Namun, pembangun masih berharap untuk menyelesaikannya sesuai jadwal pada 2024.

Ketika dibangun, Canada akan bergabung dengan sekelompok kecil negara. Sangat sedikit negara yang mengenang penganiayaan mereka terhadap orang-orang LGBT dengan monumen permanen.

Saat ini hanya ada kurang dari 10 negara dengan monumen peringatan LGBT fisik di seluruh dunia .

Selain itu, banyak dari monumen peringatan yang ada mengingat korban LGBT dari Holocaust Nazi daripada penganiayaan yang dilakukan oleh negara itu sendiri. Beberapa orang lain mengingat satu korban, seperti Alan Turing, daripada kelompok yang lebih luas. (R.A.W)

Sumber:

GSN