Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Februari 2020, “Pasien A1.1,” sebagaimana ia dirujuk dalam laporan CDC , memeluk sesama pelayat di pemakaman seorang teman keluarga setelah pulang ke Illinois dari perjalanan ke luar negara bagian. Tiga hari kemudian dia pergi ke pesta ulang tahun seorang anggota keluarga, sekali lagi memeluk dan berbagi makanan dengan teman-teman di suatu waktu sebelum panggilan untuk pembatasan sosial ditanggapi dengan serius.

Tiga minggu kemudian, setidaknya 15 orang yang telah melakukan kontak dengan Pasien A1.1 kemungkinan tertular COVID-19. Tiga dari mereka meninggal.

Lelaki itu kemudian dikenal sebagai “penyebar super,” dan ia bukan yang pertama. Lebih dari seabad sebelum dia tanpa sadar menularkan penyakit mematikan kepada orang-orang yang dicintai, “Typhoid Mary” melakukan hal yang sama. Dokter yang menghentikan Mary adalah seorang lesbian feminis yang mendobrak aturan.

Tiga ribu warga New York terinfeksi Salmonella typhi pada tahun 1907, penyakit yang memiliki tingkat kematian 10% pada saat itu, dan diyakini Mary Mallon, seorang imigran Irlandia yang bekerja sebagai juru masak keluarga di kota, adalah penyebab utama seluruh wabah.

Asisten Komisaris Kesehatan Dr. Sara Josephine Baker, yang ” berperan penting dalam mengidentifikasi ” Mary sebagai sumber epidemi, pergi ke rumah tempat Mary bekerja untuk mengujinya. Dr. Baker dan polisi yang mengawalnya ” bertemu dengan Mary yang tidak mau bekerja sama, yang menghindari mereka selama lima jam ;” Mary bahkan mencoba menikam Dr. Baker dengan garpu. Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Baker : “Saya mencoba menjelaskan kepadanya bahwa saya hanya menginginkan spesimen dan kemudian dia bisa pulang ke rumah. Dia menolak dan saya mengatakan kepada polisi untuk menjemputnya dan memasukkannya ke ambulans. “

Pada akhirnya, Mary dinyatakan positif dan dikirim ke karantina paksa setelah menolak untuk mulai mencuci tangan, mengisolasi diri, atau mengambil langkah lain untuk mencegah penyebaran tifus. Penemuan pengobatan antibiotik baru ada puluhan tahun kemudian , sehingga Mary tetap aktif menularkan pada sisa hidupnya. Meskipun menular, Mary hanya berbicara tentang keinginan untuk kembali bekerja, dan Departemen Kesehatan membuatnya terisolasi dari kehendaknya dalam kasus etika yang meragukan dipelajari dan diperdebatkan selama beberapa dekade mendatang.

Setelah terisolasi lebih dari dua tahun di North Brother Island di East River City, New York City (dekat Pulau Rikers), Mary meyakinkan seorang komisioner kesehatan baru untuk membebaskannya dari isolasi pada tahun 1910. Tidak butuh waktu lama baginya untuk menyebabkan wabah lain setelah kembali untuk bekerja sebagai juru masak yang tidak mencuci tangannya, secara langsung menginfeksi setidaknya 25 orang dalam tiga bulan tetapi menghindari pejabat kesehatan selama lima tahun kebebasan yang menyebarkan tifus di seluruh kota. Ketika mereka menangkapnya lagi, mereka menempatkannya kembali di Pulau North Brother – kali ini selama dua puluh tiga tahun sisa hidupnya.

Ketika dia tidak membujuk Typhoid Mary untuk diuji, Dr. Sara Josephine Baker memfokuskan sebagian besar karirnya pada menurunkan angka kematian bayi di bagian termiskin di Kota New York. Dia adalah direktur pertama Biro Kebersihan Anak New York, yang didirikan pada tahun 1908. Selama sepuluh tahun berikutnya, angka kematian bayi NYC anjlok dari 144 menjadi 88 kematian per 1.000 kelahiran hidup, sebagian berkat upaya Dr. Baker dalam mengajar dan mengimplementasikan upaya sanitasi seperti mencuci tangan. “Dr. Baker berjanji pada dirinya sendiri bahwa dia akan pensiun ketika setiap negara bagian di serikat pekerja memiliki layanan kebersihan anak, dan penyebaran gagasannya memungkinkannya melakukan itu pada tahun 1923 pada usia 50,” tulis Dr. Bert Hansen, seorang profesor dalam sejarah sains dan kedokteran di Baruch College, dalam sebuah artikel tentang kehidupan profesional medis LGBT sepanjang sejarah untuk American Journal of Public Health.

“’Jo’ Baker, secara sadar memodelkan dirinya pada Jo in Little Women yang sangat mandiri , menumbuhkan citra diri sebagai orang yang tangguh ketika harus menyelesaikan pekerjaan, dan dia menceritakan banyak cerita tentang pendekatan ini, seperti dia menangani para suami mabuk di apartemen petak, memaksa vaksinasi pada lelaki di rumah sakit Bowery, dan lebih nyaman bekerja dengan mesin politik Tammany Hall daripada dengan administrasi reformasi, ”lanjut Dr. Hansen.

Fakta bahwa dia mencapai begitu banyak profesional sebagai seorang perempuan di bidang medis dibuat lebih mengesankan oleh fakta bahwa pada tahun 1900, hanya 6% dari dokter adalah perempuan. Pada tahun 1894 , Sara Josephine Baker mendaftarkan diri di sekolah kedokteran perempuan yang didirikan oleh Elizabeth Blackwell, yang telah menjadi perempuan pertama di Amerika yang mendapatkan gelar dokter hanya satu generasi sebelumnya. Ketika dia lulus pada tahun 1898, dokter perempuan masih dilarang bekerja di rumah sakit, yang membuatnya bekerja sebagai inspektur medis untuk Kota New York. Ketika dia menyaksikan 1500 bayi meninggal setiap minggu karena penyakit yang dapat dicegah dalam pekerjaan itu, dia berkomitmen pada karirnya untuk ide perawatan pencegahan yang tidak biasa. Dia kemudian menjadi perempuan pertama yang mendapatkan gelar doktor Kesehatan Masyarakat.

Dr. Sara Josephine Baker berpakaian maskulin, dengan setelan dan dasi yang disesuaikan, mungkin untuk menghindari diremehkan karena menjadi seorang perempuan dalam profesi yang diisi sebagian besar oleh lelaki atau sebagai bagian dari presentasi gender atau preferensi gaya. Pejuang kesehatan masyarakat juga seorang suffragette* dan seorang feminis yang bersama pasangan hidup perempuannya, penulis Ida Wylie, dari tahun 1920 hingga kematiannya pada tahun 1945. Beberapa buku Wylie diadaptasi untuk film, termasuk Keeper of the Flame tahun 1942 yang dibintangi oleh Katherine Hepburn .

Sara Josephine Baker dan Ida  Wylie juga dua dari sekitar 100 perempuan di Heterodoxy Club, ” kelompok diskusi radikal ” di mana Dr. Baker dikenal sebagai “Dr. Joe. ” Heterodoksi adalah “klub diskusi makan siang dua minggu sekali yang terdiri dari perempuan-perempuan yang berpikiran bebas dan bersemangat, yang mungkin seperempatnya adalah lesbian atau biseksual,” tulis Dr. Hansen. Keduanya membeli sebuah peternakan di New Jersey bersama dengan perempuan ketiga, Dr. Louise Pearce, setelah pensiun, dan ketiganya hidup bersama sampai masing-masing meninggal. Seperti yang ditulis Wylie dalam otobiografinya, mereka hidup ” secara damai dan bahkan bersama-sama” bahkan jika itu adalah “fenomena aneh.”

Pada saat New York City dan seluruh dunia menghadapi krisis kesehatan publik lainnya, komitmen Dr. Baker untuk melayani yang paling rentan di antara kita adalah pengingat penting. Sementara beberapa metode yang kuat lebih baik tidak ditiru, advokasi dan fokusnya pada pendidikan publik adalah apa yang harus kita tekankan.

Dr. Baker “mendemonstrasikan kekuatan pendidikan kesehatan untuk menghasilkan perubahan nyata,” Dr. Karisa Butler-Wall, seorang profesor di Universitas Negeri Kent, menulis dalam sebuah artikel di situs web OutHistory . “Dengan menekankan pentingnya pendidikan kesehatan masyarakat untuk mengatasi kondisi sosial dan lingkungan, Dr. Sara Josephine Baker membawa pelatihan medis bersama dengan semangat Progresif reformasi sosial.” Kita semua melihat pentingnya pendidikan kesehatan masyarakat secara real time melalui krisis ini, dan kami berhutang budi kepada Dr. Baker karena memelopori bidang ini.

Dr. Manon S. Parry , seorang dosen senior dalam Studi Amerika dan Sejarah Publik di Universitas Amsterdam dan profesor sejarah medis di Universitas VU, percaya bahwa warisan Dr. Baker dalam representasi yang beragam memiliki pelajaran modern. “Saya pikir hari ini Dr. Baker berfungsi sebagai contoh pentingnya keberagaman dalam peran kepemimpinan dalam kedokteran dan kesehatan masyarakat, di mana individu perlu melakukan advokasi untuk semua jenis kelompok yang berbeda,” kata Dr. Parry kepada mereka . “Sebagai tokoh publik yang tidak konvensional, dia juga menunjukkan kemungkinan berdiri untuk diskriminasi dan menjalani kehidupan pribadi yang memuaskan, bahkan di masa-masa prasangka .” (R.A.W)

*Suffragette adalah anggota organisasi perempuan akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 yang memperjuangkan kesetaraan hak pilih bagi perempuan. (wiki)

Sumber:

them