Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Seorang perempuan trans dibawa kei pengadilan karena aturan karantina Panama yang tidak biasa yang hanya mengizinkan lelaki dan perempuan meninggalkan rumah mereka pada hari yang berbeda.

Di bawah aturan Kementerian Kesehatan, perempuan dapat melakukan belanja penting pada hari Senin, Rabu dan Jumat. lelaki bisa keluar dengan alasan yang sama pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Dan tidak ada yang bisa meninggalkan rumah pada hari Minggu.

Selain itu, waktu Anda diizinkan keluar dari rumah tergantung pada digit terakhir kartu identitas nasional atau paspor Anda.

Pejabat Panama mengatakan itu adalah cara ‘paling sederhana’ untuk mengurangi jumlah orang di jalanan.

Tetapi para aktivis transgender memperingatkan aturan-aturan yang berlaku akan membuat orang tersandung.

Sebuah peristiwa telah membuktikannya dengan benar. Polisi menahan seorang perempuant ransgender pada hari Rabu (1 April), menuduh dia adalah lelaki dan ‘keluar pada hari yang salah’.

Pengadilan menuduhnya tidak menjadi perempuan

Cristian González Cabrera dari Human Rights Watch menggambarkan apa yang terjadi pada seorang transgender perempuan bernama Bárbara Delgado: 

“Dia meninggalkan rumahnya pada hari Rabu pagi, hari giliran perempuan, di luar waktu yang ditentukan untuk nomor identifikasi, untuk  hadir di pusat medis di dekat rumahnya, di mana dia menjadi sukarelawan sebagai petugas penjangkau kesehatan.

“Dia mengatakan pusat itu belum mengeluarkan surat transit dan dia berencana untuk menjelaskan bahwa dia adalah seorang sukarelawan dan perlu mulai bekerja jika diberhentikan.

“Segera setelah meninggalkan rumah, dua petugas polisi menghentikan Bárbara Delgado, bersama dengan dua lelaki dan seorang perempuan, semuanya pelaku karantina.

‘Polisi membiarkan yang lain pergi dengan peringatan, tetapi menahan Bárbara Delgado, tampaknya karena penanda gender “lelaki” di KTP-nya tidak sesuai dengan penampilannya.

“Di kantor polisi, katanya, seorang hakim menuduhnya tidak menjadi seorang perempuan dan mengatakan bagus karena dia tertangkap. Bárbara Delgado diminta membayar denda 50 Dollar Amerika karena melanggar tindakan karantina dan dibebaskan setelah tiga jam yang panjang dan memalukan. ‘

Seruan untuk memperbarui undang-undang pengakuan gender yang ‘kejam’

Panama memang membiarkan orang transgender mengubah jenis kelamin dan nama mereka pada akta kelahiran mereka secara hukum sejak tahun 2006. Namun, ini adalah prosedur yang panjang dan mengharuskan mereka untuk menjalani operasi konfirmasi gender.

Sekarang organisasi LGBT Panama memperingatkan karantina berbasis gender akan mendiskriminasi lebih banyak orang trans.

Mereka mengatakan polisi harus mempertimbangkan jenis kelamin orang yang tinggal di daripada mengandalkan dokumen mereka saat mengendalikan karantina.

Dan pada akhirnya mereka ingin negara Amerika tengah itu memperbarui undang-undang pengakuan gender yang ‘kejam’.

Secara keseluruhan, hak-hak LGBT secara bertahap berkembang di Panama. Seks gay adalah legal dan negara memiliki usia persetujuan yang setara. Sementara itu, putusan pengadilan dapat segera membuat pernikahan sesama jenis dan adopsi bersama menjadi sah. Namun, tidak ada perlindungan hukum anti-diskriminasi.

Faktanya, Panama bukan satu-satunya negara di mana aturan tersebut dapat membuat orang transgender tersandung. Peru di Amerika Selatan juga memberlakukan karantina berbasis gender.

Di Peru, perempuan dapat melakukan tugas-tugas penting pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu dan lelaki pada hari Senin, Rabu dan Jumat. Sekali lagi, tidak ada yang bisa meninggalkan rumah mereka pada hari Minggu. (R.A.W)

Sumber:

GSN