Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Ketika pandemi COVID-19 dan implikasinya terus terungkap secara global dan di komunitas LGBT, wajar bagi seseorang untuk mengalami stres dan kecemasan. Manusia terprogram untuk koneksi; kelangsungan hidup kita sebagai bayi tergantung padanya. Ini menjelaskan mengapa begitu banyak dari kita yang berjuang dengan bekerja dari rumah dan menerapkan praktik sosial yang menjauhkan dan isolasi diri sementara masalah yang ada mungkin dipicu.

Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk melewati masa yang penuh tantangan ini?

Berikut beberapa tips untuk Anda:

Rencanakan hari Anda: Miliki rencana hari untuk Anda; itu bisa sederhana seperti melakukan pekerjaan rumah yang telah Anda tunda!

Waktu layar: Batasi waktu Anda melihat berita dan media sosial – hingga mungkin dua kali sehari. Menjaga informasi perkembangan tetapi hanya menggunakan sumber terpercaya. Penyerapan konstan berita buruk dan pembaruan pandemi COVID-19 hanya akan meningkatkan tingkat stres dan kecemasan Anda.

Meditasi: Stres dan kecemasan terbukti melemahkan sistem kekebalan tubuh kita. Meditasi merilekskan tubuh dan menghilangkan stres.

Slot setengah jam: Salah satu alat terbaik untuk membuat saya tetap waspada dan pada saat ini adalah penggunaan slot setengah jam. Pikirkan saja apa yang perlu Anda lakukan selama setengah jam berikutnya, dan jangan biarkan pikiran Anda melampaui itu. Satu slot setengah jam sekali !!

Makan dengan baik: Makan makanan bergizi dan minum banyak air. Godaan untuk menghibur makan dan minum alkohol sangat besar selama periode isolasi ini. Cobalah untuk menghindari alkohol dan gula karena itu melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, dan itu mempengaruhi suasana hati Anda.

Olahraga: Pastikan Anda melakukan beberapa bentuk olahraga setiap hari. YouTube memiliki banyak program latihan yang dapat Anda lakukan di rumah. Beberapa guru Yoga menawarkan kelas mereka secara online. Olahraga memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan meningkatkan kadar serotonin Anda.

Istirahat: Istirahat yang cukup dan tidur. Kualitas tidur dan istirahat membantu dengan kecemasan & stres dan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tinggi.

Tetap terhubung: Manusia terprogram untuk koneksi, jadi gunakan Face Time, Whatsapp atau Zoom Video untuk menjangkau teman dan keluarga. Ada banyak aplikasi video di luar sana.

Pilih orang yang berinteraksi dengan Anda: Batasi hubungan Anda dengan orang negatif. Perhatikan bagaimana perasaan orang lain, orang negatif menguras energi Anda, kelilingi diri Anda dengan energi positif.

Hobi: Mengapa tidak menggunakan waktu untuk membaca, mungkin belajar bahasa atau mengikuti kursus online ? 

Pikirkan diri Anda: Kita mungkin tidak dapat mengendalikan peristiwa eksternal, tetapi kita dapat mengendalikan pikiran kita. Pikiran kita menghasilkan perasaan dan emosi kita. Jika kita mengelola pikiran kita, kita dapat mengendalikan perasaan kita. Pikiran bawah sadar adalah pikiran perasaan dan emosi dan merespons kata-kata dan pernyataan yang kuat. 

Ingat tidak ada yang permanen, mari kita hadapi semua ini bersama-sama. Jaga diri Anda dan ikuti pedoman pemerintah. (R.A.W)

Sumber:

GCN