Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Restoran tutup. Pengecer tutup. Sistem perawatan kesehatan kewalahan dan pekerja kesehatan berisiko. Para remaja tunawisma tanpa sekolah dan tanpa tempat berlindung.

Konsekuensi dari pandemi COVID-19 ini semua kemungkinan akan menciptakan tantangan unik bagi orang-orang LGBT, kata sebuah laporan singkat terbaru dari Human Rights Campaign (HRC).

“Kami menghadapi krisis kesehatan publik global, dan seperti dalam semua keadaan darurat, yang paling terpinggirkan berada pada risiko yang meningkat,” kata Presiden HRC Alphonso David dalam siaran pers. “Banyak di komunitas LGBT mungkin kekurangan sumber daya untuk memerangi COVID-19 secara efektif, kurangnya akses ke cuti sakit yang dibayar atau hidup tanpa asuransi kesehatan, dan lebih mungkin bekerja di industri yang paling terkena dampak pandemi, menempatkan mereka dalam bahaya ekonomi yang lebih besar atau meningkatkan paparan mereka terhadap virus. Penting juga untuk memahami tantangan yang dihadapi orang muda LGBT yang telah dipulangkan dari sekolah untuk menghadapi penolakan keluarga atau senior LGBT yang lebih cenderung hidup sendirian selama krisis ini.

Misalnya di Amerika, orang LGBT lebih mungkin bekerja di industri yang terkena dampak krisis – restoran dan layanan makanan, rumah sakit, pendidikan K-12, perguruan tinggi dan universitas, dan ritel. Itu merupakan 40 persen dari industri tempat orang LGBT bekerja, berbeda dengan 22 persen untuk pekerja non-LGBT.

“Pada 19 Maret 2020, media melaporkan bahwa setidaknya 15 gubernur negara bagian telah memerintahkan semua layanan restoran untuk berhenti, yang berarti para pekerja ini bisa kehilangan shift atau pekerjaan mereka. “ Sementara itu, pekerja rumah sakit, yang melayani di garis depan krisis ini, berada pada risiko paparan yang semakin besar. Selain itu, banyak guru dan profesor juga memiliki kehidupan kerja mereka secara fundamental diubah oleh COVID-19, menavigasi tuntutan baru di sekitar ruang kelas virtual dengan sedikit atau tanpa dukungan. “

Dan bertentangan dengan stereotip, orang LGBT lebih miskin secara keseluruhan daripada orang heteroseksual dan cisgender. “Hampir satu dari sepuluh orang LGBT menganggur dan lebih mungkin hidup dalam kemiskinan daripada orang lurus dan cisgender, yang berarti mereka tidak selalu dapat membayar perawatan kesehatan yang mereka butuhkan atau mampu untuk terlibat dalam langkah-langkah perawatan kesehatan preventif,” laporan tersebut mengisahkan.

Ini mengutip analisis Williams Institute 2019 yang menunjukkan bahwa 22 persen orang dewasa LGBT di AS hidup dalam kemiskinan, dibandingkan dengan 16 persen orang heteroseksual dan cisgender. Orang dewasa transgender dan perempuan biseksual cisgender sama-sama memiliki tingkat kemiskinan 29 persen. Orang dewasa trans kulit hitam memiliki tingkat kemiskinan 40 persen dan orang dewasa trans Latinx memiliki tingkat 45 persen, membuat kelompok-kelompok ini lebih mungkin hidup dalam kemiskinan daripada ras lain.

Tingkat kemiskinan yang tinggi ini mungkin terkait dengan diskriminasi, karena banyak orang LGBT hidup di negara tanpa perlindungan anti diskriminasi eksplisit, dan diskriminasi menghantam orang-orang trans khususnya dengan keras. Pekerja LGBT juga mungkin tidak memiliki akses ke cuti berbayar.

“Bahkan untuk pekerja LGBT yang pemberi kerjanya memiliki kebijakan cuti berbayar resmi, satu dari lima responden [survei HRC Foundation 2018] melaporkan bahwa ketakutan diskriminasi dapat mencegah mereka meminta cuti jika itu akan mengharuskan pengungkapan identitas LGBT mereka. Dan tanpa undang-undang federal yang jelas melindungi kita dari dipecat hanya karena siapa mereka, pekerja LGBT juga tetap berisiko dipecat jika mereka dipaksa untuk keluar ketika meminta cuti. Ini berarti bahwa jika seseorang mencurigai bahwa mereka telah mengontrak COVID-19, mereka mungkin tidak dapat mengambil cuti untuk merawat diri mereka sendiri atau anggota keluarga lainnya dan meminimalkan penyebaran penyakit. ”

Selain itu, orang-orang LGBT lebih kecil kemungkinannya untuk mengunjungi dokter daripada yang lain, baik karena biaya atau takut diskriminasi. Analisis HRC menemukan bahwa satu dari lima orang dewasa LGBT belum mengunjungi dokter ketika dibutuhkan karena mereka tidak mampu membayar. Tingkat itu bahkan lebih tinggi untuk orang dewasa LGBTkulit  Hitam dan Latinx dan transgender. Orang LGBT juga lebih mungkin tidak memiliki asuransi kesehatan – 17 persen tanpa asuransi kesehatan, dibandingkan dengan 12 persen orang Amerika lurus dan cisgender.

Ada cara lain di mana orang LGBT terpengaruh secara tidak proporsional. Orang LGBT yang lebih tua dua kali lebih mungkin hidup sendiri dibandingkan teman sebaya mereka yang heteroseksual dan cisgender. Empat puluh persen dari kaum muda tunawisma diidentifikasi sebagai LGBT, dan banyak dari mereka bergantung pada sekolah untuk makanan dan kebutuhan dasar – dan sekarang sekolah umum di banyak negara ditutup.

Orang LGBT memiliki beberapa faktor kesehatan yang menempatkan mereka pada risiko yang lebih tinggi daripada populasi umum. Tiga puluh tujuh persen adalah perokok, dibandingkan dengan 27 persen orang hetero dan cis, dan merokok diyakini meningkatkan risiko komplikasi COVID-19 yang parah. Begitu juga asma, dan orang LGBT memiliki tingkat yang lebih tinggi.

Dampak COVID-19 pada orang dengan HIV saat ini tidak diketahui, tetapi orang HIV-positif lebih cenderung memiliki kondisi medis kronis tertentu yang menempatkan mereka pada risiko komplikasi dari coronavirus, seperti penyakit kardiovaskular dan paru-paru, dan penekanan kekebalan.

HRC telah bergabung dengan lebih dari 100 organisasi LGBT dan organisasi pendukung dalam seruan kepada penyedia layanan kesehatan untuk mengetahui kebutuhan masyarakat.

“Tanggapan terhadap COVID-19 yang diambil oleh pemerintah, pembuat kebijakan, dan sektor swasta harus secara aktif mempertimbangkan situasi unik orang LGBT dalam rencana mereka untuk mengatasi krisis ini,” kesimpulan singkat. “Ini terutama termasuk mereka yang berada dalam komunitas LGBT yang paling terpinggirkan.” Ini menyerukan perhatian untuk cuti, stabilitas makan, dan langkah-langkah lain untuk semua orang Amerika, tetapi juga mempertimbangkan kebutuhan khusus orang LGBT. (R.A.W)

Laporan terbaru HRC dapat diunduh pada tautan berikut:


Sumber: advocate