Search
Close this search box.

Pendeta Mpho Andrea Tutu dan Uskup Agung Emeritus dari Cape Town Desmond Tutu

Oleh: Adriaan van Klinken.

Uskup Agung Desmond Mpilo Tutu sebagian besar dikenal dunia karena perannya yang sangat menonjol dalam kampanye melawan apartheid di Afrika Selatan. Peran ini diakui secara internasional oleh pemberian Hadiah Nobel Perdamaian tahun 1984 .

Desmond melanjutkan kegiatannya bahkan setelah transisi demokrasi negara itu di Afrika Selatan pada awal 1990-an. Antara lain, ia menjabat sebagai ketua Truth and Reconciliation Commission (Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi negara) yang berupaya menangani kejahatan dan ketidakadilan di bawah apartheid, dan untuk mewujudkan keadilan, penyembuhan, dan rekonsiliasi dalam masyarakat yang terluka. Dia pensiun sebagai Uskup Agung Cape Town pada tahun 1996.

Dalam beberapa tahun terakhir, Desmond menjadi terkenal karena advokasi yang kuat tentang masalah seksualitas, khususnya hak-hak kaum lesbian dan gay. Misalnya, pada tahun 2013, ia menjadi berita utama global dengan pernyataan yang jelas dan ringkas, dengan cara khas Desmond, bahwa ia: “lebih suka pergi ke neraka daripada ke surga homofobik.”

Desmond sejauh ini adalah pemimpin agama Afrika yang paling terkenal, jika bukan global, yang mendukung hak-hak lesbian dan gay. Hal ini telah menambah reputasi internasionalnya sebagai pemikir dan aktivis progresif, terutama di dunia barat. Namun pendiriannya telah dicurigai di benua Afrika itu sendiri. Seorang sesama uskup Anglikan, Emmanuel Chukwuma dari Nigeria, bahkan menyatakan dia ” mati secara rohani “.

Bagi pengamat dari jauh, advokasi Desmond tentang seksualitas mungkin tampak sebagai fenomena baru. Bagi para pengkritiknya, itu mungkin ilustrasi lain tentang bagaimana ia telah mencoba untuk menjadi kesayangan khalayak liberal kulit putih di dunia Barat.

Sebenarnya komitmennya untuk membela hak-hak gay dan lesbian bukanlah perkembangan baru-baru ini; namun jauh pada 1970-an. Selain itu, ini sangat berlanjut dengan perlawanannya yang lama terhadap apartheid dan pembelaannya yang tanpa henti terhadap hak-hak sipil kulit hitam di Afrika Selatan.

Utas umum

Tak lama setelah berakhirnya apartheid pada tahun 1994, Desmond menulis:

“Jika gereja, setelah kemenangan atas apartheid, sedang mencari perang moral yang layak, maka inilah dia: perang melawan homofobia dan heteroseksisme.”

Menggerakkan kedua perjuangan adalah komitmen moral dan politik Desmond yang kuat untuk mempertahankan martabat manusia dan hak-hak semua orang. Secara teologis, ini berakar pada keyakinannya bahwa setiap manusia diciptakan menurut gambaran Tuhan dan karenanya layak dihormati.

Pada 1980-an, Desmond dan para pemimpin Kristen lainnya menggunakan konsep ‘bid.ah’ untuk mengecam apartheid dalam bahasa teologis terkuat. Mereka dengan terkenal menyatakan bahwa ” apartheid adalah bid.ah “, yang berarti bahwa itu bertentangan dengan ajaran Kristen yang paling mendasar.

Desmond juga menggunakan istilah teologis yang kuat lainnya: penistaan, yang berarti penghinaan terhadap diri sendiri. Pada 1984, ia menulis:

“Aspek paling menghujat Apartheid adalah … bahwa hal itu dapat membuat anak Tuhan ragu bahwa ia adalah anak Tuhan. Untuk alasan itu saja, pantas dikutuk sebagai bid.ah.”

Lebih dari satu dekade kemudian, Desmond menggunakan kata-kata yang sangat mirip untuk mengecam homofobia dan heteroseksisme. Dia menulis bahwa itu adalah ” penghujatan besar ” untuk membuat kaum lesbian dan gay meragukan apakah mereka benar-benar anak-anak Tuhan dan apakah seksualitas mereka adalah bagian dari bagaimana mereka diciptakan oleh Tuhan.

Persamaan Desmond tentang hak-hak sipil kulit hitam dan hak-hak lesbian dan gay adalah bagian dari narasi Afrika Selatan yang lebih luas dan berasal dari zaman perjuangan apartheid. Aktivis anti-apartheid gay yang terbuka, seperti Simon Nkoli, telah aktif berpartisipasi dalam gerakan pembebasan, dan telah berhasil mengaitkan perjuangan melawan rasisme dan homofobia.

Atas dasar sejarah ini, Konstitusi Afrika Selatan, yang diadopsi pada tahun 1996, memasukkan klausa non-diskriminasi yang mencantumkan orientasi seksual, di samping ras dan karakteristik lainnya. Itu adalah negara pertama di dunia yang melakukannya, dan Desmond aktif melobi untuk itu.

Satu dekade kemudian, Afrika Selatan menjadi negara keenam di dunia yang melegalkan pernikahan sesama jenis .

Sikap masih butuh untuk diajarkan

Dapat diperdebatkan, ketentuan hukum ini tidak secara otomatis diterjemahkan menjadi perubahan sikap sosial terhadap orang-orang lesbian dan gay di tingkat akar rumput. Homofobia masih tersebar luas di masyarakat Afrika Selatan saat ini.

Gereja Desmond sendiri, Gereja Anglikan Afrika Selatan, terus berjuang dengan masalah gay. Pada 2015 putrinya, Mpho Tutu, harus menyerahkan posisinya sebagai seorang imam yang ditahbiskan setelah ia menikahkan seorang perempuan. Mpho memberi restu pada pasangan yang baru menikah itu.

Pertanyaan tentang hubungan sesama jenis dan status orang-orang lesbian, gay, biseksual, transgender dan interseks terus menjadi kontroversial di seluruh dunia. Dalam konteks ini, Desmond adalah tokoh berpengaruh yang menggunakan otoritas moralnya untuk membantu membentuk perdebatan.

Persamaan kesetaraan ras dan seksualnya sangat penting, karena ia mendahului bagaimana perjuangan untuk keadilan, kesetaraan dan hak asasi manusia saling berhubungan: kita tidak bisa mengklaim hak untuk satu kelompok orang sambil menolak hak untuk orang lain. (R.A.W)

Adriaan van Klinken adalah Associate Professor of Religion and African Studies, University of Leeds

Artikel ini adalah versi singkat dari sebuah bab tentang Desmond Tutu dalam buku Reimagining Christianity and Sexuality in Africa, ditulis bersama oleh Adriaan van Klinken dan Ezra Chitando, dan akan diterbitkan bersama Zed Books di London (2021).

Sumber:

TC