Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Sebuah survei universitas menunjukkan bahwa penentangan terhadap perlindungan hukum bagi minoritas seksual Hong Kong semakin berkurang,  akademisi menyerukan kepada pemerintah untuk “bangun” ke dunia nyata dan membawa perlindungan.

Hanya 12 persen dari 1.058 orang yang disurvei dalam penelitian Chinese University of Hong Kong tahun lalu keberatan dengan undang-undang yang mencegah diskriminasi terhadap orang-orang LGBT, turun dari 35 persen pada tahun 2016.

Sebanyak 60 persen mendukung perubahan, naik empat poin persentase dalam tiga tahun, menurut survei telepon yang dilakukan oleh Program Penelitian Seksualitas universitas tersebut.

Dukungan publik untuk kesetaraan pernikahan juga meningkat, dari 27 persen menjadi 44 persen selama periode yang sama. Bagian orang yang menentangnya turun menjadi 27 persen, dari 34 persen.

Hong Kong saat ini memiliki empat undang-undang anti-diskriminasi, yang berkaitan dengan jenis kelamin, kecacatan, status keluarga, dan ras. Tidak ada yang menentang diskriminasi anti-LGBT.

Associate professor Suen Yiu-tung, yang memimpin survey penelitian, mengatakan para pejabat dan pembuat kebijakan sering membela keengganan mereka untuk memajukan hal-hal bagi kaum gay, lesbian, biseksual dan transgender dengan mengatakan masyarakat tidak siap untuk perubahan.

Dia mengatakan hasil survei membantah klaim itu, mendesak pihak berwenang untuk “bangun” dan mempertimbangkan kembali posisi mereka.

“Jangan hidup di bawah ilusi bahwa oposisi adalah sebesar yang Anda kira,” kata spesialis dalam studi gender.

Survei tersebut, yang melibatkan wawancara dengan orang-orang berbahasa Mandarin yang dipilih secara acak berusia 18 tahun ke atas, dilakukan antara 16 dan 25 September tahun lalu. Mereka dihubungi melalui telepon rumah dan ponsel.

Sekitar 40 persen responden berusia 55 tahun atau lebih, sedangkan 37 persen berusia antara 35 dan 54 tahun.

Sisanya berusia antara 18 dan 34 tahun, kelompok usia yang paling mendukung perlindungan bagi komunitas LGBT. Di antara mereka, 83 persen mendukung perubahan, sementara 75 persen mendukung kesetaraan pernikahan, yang belum ada.

Ikatan hubungan pasangan homoseksual yang dilakukan di luar negeri diakui hanya sebatas untuk tujuan pajak dan imigrasi, mengikuti tantangan pengadilan baru-baru ini.

Suen Yiu-tung mengatakan bagaimana masalah itu dibingkai juga penting. Misalnya, ketika orang ditanya apakah mereka mendukung “perlindungan hukum terhadap diskriminasi” berdasarkan orientasi seksual, dukungan mencapai 60 persen.

Tetapi angka itu turun menjadi 45 persen ketika mereka ditanya apakah harus ada “peraturan orientasi seksual di Hong Kong”. Dia percaya beberapa orang mungkin akan mundur ketika mereka mendengar hukum yang sebenarnya akan diberlakukan.

Pemahaman tentang masalah transgender juga meningkat, kata Suen Yiu-tung. Sekitar 74 persen responden mengatakan mereka pernah mendengar istilah “transgender”, naik delapan poin persentase dari hasil survei yang dilakukan oleh University of Hong Kong pada 2017.

Suen mengaitkan hal itu dengan meningkatnya jumlah kasus pengadilan terkait LGBT dalam beberapa tahun terakhir, sementara nasib kaum transgender memasuki arus utama pada tahun 2018 berkat film Hong Kong berjudul Tracey, yang dibintangi oleh Philip Keung Ho-man, yang memerankan seorang lelaki paruh baya berjuang untuk beradaptasi dengan kehidupan sebagai perempuan transgender.

Yang lain mungkin telah melihat perkembangan di Taiwan, yang pada Mei tahun lalu menjadi yurisdiksi pertama di Asia yang mengizinkan pernikahan sesama jenis, kata Suen Yiu-tung.

Raymond Chan Chi-chuen, satu-satunya legislator gay di wilayah itu, mengatakan mayoritas telah berbicara.

“Pemerintah tidak bisa lagi menggunakan alasan bahwa ada kontroversi pada topik untuk menunda proses legislatif untuk memberlakukan perlindungan hukum bagi minoritas seksual di Hong Kong,” katanya.

Tetapi Choi Chi-sum, sekretaris jenderal Society for Truth and Light, sebuah kelompok Kristen yang menentang hak-hak LGBT, menentang survei tersebut, mengklaim itu menggunakan kata-kata yang tidak jelas.

“Tentu saja orang akan mengatakan ya jika Anda bertanya apakah mereka mendukung perlindungan hukum bagi minoritas seksual,” katanya, menyarankan orang mungkin disesatkan dan berpikir pertanyaannya adalah tentang hak-hak umum seperti akses ke pendidikan dan layanan medis atau hak untuk majelis.

Dia juga mengklaim banyak orang mungkin tidak mendapat informasi yang cukup untuk menjawab.

Ricky Chu Man-kin, ketua Equal Opportunities Commission, mengatakan organisasinya akan “mempelajari masalah yang diangkat dalam laporan ini dalam penilaian kami terhadap masalah diskriminasi di bidang yang relevan di masa depan”. (R.A.W)

Laporan penelitian dapat diunduh pada tautan berikut:

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2020/01/Public-Attitudes-Toward-LGBT-Legal-Rights-in-Hong-Kong-2019-2020.pdf”]

Sumber:

scmp