Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Pada hari pertama sesi pelatihan mereka, petugas kepolisian Mozambik sering mengungkapkan prasangka homofobik. Itulah kenyataan suram dari sebuah benua di mana hubungan sesama jenis masih ilegal di sebagian besar negara.

Tetapi pada hari kedua pelatihan mereka tentang masalah seksualitas, sebuah transformasi yang luar biasa dimulai. “Mereka berubah, mereka mendengarkan,” kata Danilo da Silva, direktur eksekutif Lambda, kelompok hak asasi LGBT terkemuka di negara itu. “Pada hari terakhir, mereka berempati. Sebagian besar dari mereka pada hari terakhir menjadi semacam aktivis. ”

Mozambik, yang pada tahun 2015 menyetujui undang-undang untuk mendekriminalkan homoseksualitas, adalah salah satu dari segelintir negara Afrika di mana undang-undang anti-gay telah dihapus atau dibatalkan dalam beberapa tahun terakhir.

Orang tua atau tetangga masih sesekali membawa gay Mozambik ke kantor polisi setempat, menuntut penangkapan mereka. Tetapi setelah pelatihan, polisi biasanya menolak.

“Beberapa orang masih berpikir bahwa menjadi gay adalah kriminal dan petugas polisi menjelaskan kepada mereka bahwa tidak ada kriminal tentang hal itu,” kata Danilo da Silva dalam sebuah wawancara.

Ini adalah secercah harapan bagi gay Afrika, yang masih menderita penangkapan dan pelecehan di banyak negara. Dari 54 negara di Afrika, setidaknya 30 negara memiliki undang-undang yang mengkriminalkan homoseksualitas, yang memungkinkan pihak berwenang untuk menahan dan menuntut orang, seringkali dengan pemeriksaan fisik yang memalukan.

Di Uganda, misalnya, sering ada penggerebekan polisi di bar atau rumah tempat para gay berkumpul. Pada bulan November, polisi menangkap 125 anggota komunitas LGBT di sebuah bar di Kampala, melemparkan mereka ke truk polisi dan menuntut mereka dengan kejahatan “ketertiban umum”. Sebagian besar ditahan di penjara selama beberapa hari sebelum dibebaskan dengan jaminan.

Beberapa minggu sebelumnya, polisi Uganda menangkap 16 aktivis LGBT dan memaksa mereka menjalani pemeriksaan anal – sebuah pelanggaran hukum internasional terhadap penyiksaan, menurut kelompok hak asasi manusia. Polisi menyita kondom dan obat-obatan HIV sebagai bukti terhadap mereka dan menuduhnya dengan “pengetahuan duniawi terhadap tatanan alam.” Di bawah hukum Uganda, homoseksualitas dapat dihukum hingga hukuman seumur hidup.

Di Nigeria, 47 lelaki diadili dengan tuduhan menampilkan “hubungan asmara sesama jenis” setelah polisi menggerebek sebuah pesta ulang tahun di sebuah hotel di Lagos. Polisi mengarak mereka di televisi, mengakibatkan serangan homofobia terhadap mereka. Penangkapan terjadi pada tahun 2018, tetapi tuntutan masih dilakukan hari ini dan para terdakwa telah diperintahkan untuk kembali ke pengadilan bulan depan. Di bawah hukum Nigeria, hubungan sesama jenis dapat dihukum hingga 14 tahun penjara.

Di Zambia, dua lelaki gay dijatuhi hukuman 15 tahun penjara pada bulan November karena “kejahatan terhadap ketertiban alam.” Ketika Duta Besar Amerika Daniel Foote mengatakan dia “ngeri” dengan hukuman penjara mereka, pemerintah Zambia mengumumkan bahwa statusnya “tidak akan lebih lama ”- memaksanya untuk meninggalkan negara itu. Presiden Edgar Lungu membela undang-undang anti-gay, mengatakan homoseksualitas adalah “tidak alkitabiah.”

Namun, sementara persekusi berlanjut di sebagian besar benua dan di lusinan negara lain di seluruh dunia, ada sedikit kemajuan di beberapa negara Afrika.

Di Angola, dengan suara 155 banding 1, Majelis Nasional memutuskan Januari lalu untuk menghapuskan hukum era kolonial yang mengkriminalkan “tindakan melawan alam” – yang secara tradisional ditafsirkan sebagai homoseksualitas. Ia juga melarang diskriminasi terhadap orang-orang berdasarkan orientasi seksual.

Di Botswana Juni lalu, Pengadilan Tinggi membatalkan undang-undang yang mengkriminalisasi hubungan sesama jenis, menyebutnya diskriminatif dan tidak konstitusional. Undang-undang era kolonial telah memberi wewenang hukuman penjara hingga tujuh tahun untuk “pengetahuan duniawi dari siapa pun yang melanggar aturan alam.” Pemerintah telah mengajukan banding atas putusan tersebut.

Sementara legislasi dan putusan pengadilan penting, sebagian besar pergerakan dilakukan di tingkat akar rumput. Stephen Lewis Foundation yang berbasis di Toronto, misalnya, mendukung 16 organisasi LGBT Afrika yang berjuang melawan pelecehan dan diskriminasi di Uganda dan empat negara Afrika lainnya.

Di Mozambik, pelecehan terhadap kaum gay menjadi kurang umum sejak dekriminalisasi tahun 2015, yang merevisi hukum pidana untuk menghilangkan klausa era kolonial yang melarang “kejahatan terhadap alam.” Tetapi banyak dari peningkatan ini disebabkan oleh Lambda, organisasi LGBT yang didirikan pada tahun 2008 dan telah bekerja untuk mendidik polisi dan pejabat lainnya.

“Setidaknya orang tidak ditahan karena seksualitas mereka sekarang, tetapi itu tidak menyelesaikan masalah sehari-hari orang,” kata Danilo da Silva, seorang insinyur berusia 39 tahun yang ikut mendirikan Lambda.

Sementara ibukota Mozambik, Maputo, cukup liberal untuk memungkinkan orang gay untuk hidup secara terbuka, ada sedikit toleransi di kota-kota kecil dan daerah pedesaan. Anak sekolah lelaki masih mengalami perundungan  jika mereka “terlihat feminin” dan guru sering tidak melakukan apa pun untuk menghentikannya, kata Danilo da Silva.

Dalam contoh mengkhawatirkan intoleransi pemerintah, kementerian kehakiman Mozambik telah menolak untuk mendaftarkan Lambda sebagai badan hukum, meskipun permintaan berulang kali sejak 2008. Pemerintah tidak pernah memberikan alasan untuk ini, meskipun Danilo da Silva percaya itu karena budaya konservatif dan budaya. keyakinan agama.

Ini membuat sulit bagi Lambda untuk merekrut staf, menyewa ruang, membuat rekening bank atau menerima dana. “Kami bahkan tidak bisa memasang iklan di TV,” kata Danilo da Silva. “Beberapa menteri kabinet bahkan tidak mau menemui kita.”

Ketika Lambda pergi ke pengadilan untuk menentang penolakan itu, pemerintah tidak menanggapi dan pengadilan mengesampingkan kasus tersebut.

Tetapi sementara kementerian kehakiman menolak untuk mendaftarkannya, kementerian kesehatan mengizinkan Lambda untuk melatih petugas kesehatan tentang masalah HIV. “Kami diakui sebagai bagian penting dari respons,” kata Danilo da Silva. “Kita bisa melakukan lebih banyak lagi jika kita terdaftar.”

Pakar independen PBB tentang orientasi seksual dan identitas gender, Victor Madrigal-Borloz, mendesak Mozambik untuk mendaftarkan Lambda. “Saya yakin bahwa melalui kerjanya, Lambda telah menyelamatkan banyak nyawa,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Victor Madrigal-Borloz mengunjungi Mozambik selama seminggu di akhir 2018 dan memuji negara itu sebagai “model” karena “tingkat toleransi yang tinggi.” Namun ia juga menyimpulkan bahwa orang-orang LGBT masih menghadapi “diskriminasi dan kekerasan di rumah, di sekolah, di tempat kerja, di dalam komunitas keagamaan mereka, ketika mengakses layanan kesehatan atau mencari perlindungan dari polisi. “

Dia mengutip seorang anggota Majelis Nasional yang mengatakan kepadanya: “Homoseksualitas tidak dilarang di Mozambik, tetapi juga tidak diizinkan.” (R.A.W)

Sumber:

TG&M