Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Dengan risiko menimbulkan reaksi besar-besaran dari para fundamentalis yang taat, PM Pakistan Imran Khan telah berjanji untuk melindungi orang-orang transgender dan memasukkan mereka ke dalam program-program kesejahteraan lokal.

Pemerintah Pakistan akan memastikan “perlindungan penuh” bagi komunitas transgender, kata perdana menteri. Dia juga berjanji untuk menghilangkan sentimen anti-LGBT yang telah lama bertahan di negara yang sangat konservatif di mana tindakan homoseksual masih merupakan pelanggaran pidana.

Imran Khan menyerang pendahulunya karena “berpura-pura bahwa komunitas transgender bahkan tidak ada” dan memperlakukan mereka seperti “bukan manusia,” sebelum menyatakan bahwa segalanya akan berubah. 

“Tujuan di balik ini adalah bahwa pemerintah kami memiliki Anda,” kata perdana menteri. Untuk membantu orang-orang trans mengatasi kesulitan yang mereka hadapi dengan lebih baik, pemerintah akan memasukkan mereka dalam program perawatan kesehatan dengan membagikan kartu asuransi kesehatan Sehat Insaf.

Sementara janji Imran Khan mungkin tidak akan turun dengan baik di Pakistan, yang memiliki populasi Muslim terbesar kedua di dunia, tren itu tidak sepenuhnya baru. Tahun lalu, parlemen negara itu membuat sejarah dengan mengesahkan Transgender Person Act, yang memungkinkan warga Pakistan mengidentifikasi diri sebagai lelaki, perempuan, keduanya atau tidak sama sekali. Di bawah hukum, mereka mungkin juga memiliki identitas gender mereka yang tertera pada KTP, SIM dan ijazah pendidikan.

Peraturan ini juga melarang pengusaha dan pejabat publik untuk mendiskriminasi orang LGBT. Namun demikian, negara ini masih memiliki hukum pidana yang mengatur pemenjaraan seumur hidup karena “hubungan duniawi melawan tatanan alam dengan lelaki, perempuan, atau hewan apa pun.”

Komunitas transgender disensus dalam sensus nasional tahun 2017 untuk pertama kalinya dalam sejarah Pakistan, mencatat 10.418 jiwa dalam populasi sekitar 207 juta jiwa. (R.A.W)

Sumber:

RT