Search
Close this search box.

SuaraKita.org –  Kepala bank pertama Brazil untuk LGBT mengatakan bahwa ia bertujuan untuk memasuki pasar yang diabaikan, memerangi prasangka dan mendukung masalah sosial yang penting bagi orang-orang LGBT.

Marcio Orlandi Jr., direktur eksekutif Pride Bank, yang diluncurkan dalam mode pengujian beta, mengatakan bank-bank lain gagal memenuhi segmen penting ekonomi.

“Ada begitu banyak orang yang mampu yang dapat menghasilkan uang, dan membuat ekonomi lebih besar tetapi mereka tidak melakukannya,” kata Marcio Orlandi Jr, menambahkan bank dapat menambah asuransi kesehatan dan layanan agen perjalanan di masa depan.

“Kami ingin memastikan bahwa bank ini bukan hanya bank lain, tetapi bank yang benar-benar memperhatikan komunitasnya … Memastikan bahwa kami bangkit dan kami melawan sangat penting.”

Semakin banyak bisnis yang menargetkan pelanggan LGBT ketika bukti muncul bahwa kerugian akibat diskriminasi berjumlah miliaran. Superbia Credit Union yang ramah LGBT akan diluncurkan di Amerika Serikat tahun depan setelah mendapat persetujuan dari negara bagian Michigan.

Brazil telah membuat kemajuan yang signifikan pada hak-hak LGBT dalam beberapa tahun terakhir, mengesahkan pernikahan sesama jenis pada tahun 2013, tetapi tetap menjadi negara yang sangat religius di mana homofobia adalah umum dan kelompok konservatif sering mengkritik hak-hak gay.

Komunitas LGBT telah diserang sejak pemilihan Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro tahun lalu, yang telah berusaha menarik dana publik dari film-film LGBT dan mengancam akan mengeluarkan cukai homoseksualitas dari buku-buku pelajaran sekolah. 

Marcio Orlandi Jr

Marcio Orlandi Jr. mengatakan bank digital baru, yang hanya ada online, diciptakan untuk memungkinkan orang LGBT ke bank tanpa takut diskriminasi, di negara di mana mereka sering mengalami kesulitan mendapatkan pekerjaan dan menghadapi stigma di tempat kerja.

Pride Bank akan memberikan 5% dari pendapatannya kepada Instituto Pride untuk mendukung badan amal dan tempat penampungan yang membantu orang-orang LGBT yang rentan, seperti orang tua dan mereka yang mengidap HIV.

Pelanggan Pride Bank dapat menerima kartu debit pelangi yang ditandai dengan nama pilihan mereka – nilai tambah penting bagi orang-orang trans yang hanya memenangkan hak untuk mengubah jenis kelamin mereka pada dokumen resmi tanpa operasi tahun lalu.

Para pembela hak-hak kaum gay telah memperingatkan bahwa komentar homofobik Jair Bolsonaro, seperti mengatakan bahwa Brazil tidak boleh menjadi “surga pariwisata gay”, dapat memiliki dampak ekonomi yang merugikan di negara yang menerima sekitar 6,6 juta turis asing per tahun.

Dalam lingkungan seperti itu, Marcio Orlandi Jr. mengatakan usaha perbankan LGBT lebih penting dari sebelumnya. (R.A.W)

Sumber:

Reuters