Search
Close this search box.


SuaraKita.org – Seorang akademisi Queen’s University (QUB) terkemuka telah meminta lembaga untuk merilis lebih banyak informasi tentang keterlibatan historisnya dalam terapi aversi menggunakan listrik pada lelaki gay.

Itu terjadi pada akhir 1960-an dan awal 1970-an.

Queen’s telah menyatakan penyesalannya atas penggunaan terapi semacam itu.

Namun Phil Scraton, seorang profesor emeritus di sekolah hukum, mengatakan bahwa ini “tidak cukup” dan permintaan maaf publik diperlukan.

Dia mengatakan: “Mereka harus mengungkapkan ruang lingkup dan detail dari semua percobaan yang dilakukan apakah mereka melibatkan kejutan listrik atau tidak.

“Sementara universitas tersebut pada hari ini tidak dimintai pertanggungjawaban atas kegagalan di masa lalu, mereka seharusnya membuat permintaan maaf secara publik.”

Phil Scraton adalah profesor kriminologi di Queen’s University Belfast

Prof Scraton memiliki peran penting dalam memimpin Panel Independen Hillsborough , yang menyelidiki bagaimana 96 orang meninggal setelah kejadian di stadion sepak bola Sheffield Wednesday pada 15 April 1989.

Pengajaran pascasarjananya di Queen’s termasuk kelas master yang berfokus pada gender, seksualitas dan kekerasan.

Dia berbicara setelah seorang lelaki bercerita bagaimana pada akhir 1960-an dia dirujuk ke departemen kesehatan mental di Queen’s University untuk terapi konversi orientasi seksual menggunakan listrik, dengan sesi yang berlangsung di Rumah Sakit Kota Belfast.

Prof Scraton berkata: “Queens dan organisasi lain yang terlibat harus mengidentifikasi ruang lingkup antar departemen dan jangka waktu dari proyek penelitian, persetujuan etis mereka dan pembiayaan mereka.”

Sebagai tanggapan, juru bicara Queen’s mengatakan: “Universitas tidak memiliki catatan terapi ini terjadi di sini atau di tempat lain atas nama universitas. Data penelitian dari era ini tidak disimpan selama lebih dari 15 tahun.

“Universitas menyesal bahwa metode ini pernah digunakan oleh organisasi mana pun dalam situasi apa pun.”

John, bukan nama sebenarnya, mengatakan ia dibesarkan pada 1950-an di sebuah kota pedesaan di Irlandia Utara dan pada awalnya dirujuk ke konseling di rumah sakit setempat.

Namun, ketika dia belajar di QUB pada akhir 1960-an, dia mengatakan dia dirujuk ke departemen kesehatan mental di universitas. (baca kisah Mencoba “Menyembuhkan” Homoseksualitas Saya di Queen’s University)

Tujuan terapi adalah baginya untuk mengaitkan hasrat homoseksual dengan rasa sakit atau perasaan yang tidak menyenangkan.

John mengidentifikasi seorang psikolog, yang adalah seorang akademisi di Universitas Queen pada saat itu, sebagai orang yang bertanggung jawab atas terapi konversinya.

BBC telah mengakses makalah penelitian tentang terapi konversi menggunakan listrik yang diterbitkan dalam Ulster Medical Journal pada tahun 1973 yang ditulis bersama oleh psikolog.

Makalah ini juga mencantumkan sejumlah penulis akademis dari departemen kesehatan mental, studi sosial dan psikologi QUB. Dikatakan bahwa penggunaan terapi aversi menggunakan listrik jarang terjadi pada tahap itu.

BBC juga meminta Belfast Trust untuk rincian lebih lanjut tentang keterlibatan Rumah Sakit Kota Belfast dalam terapi konversi orientasi seksual yang mempraktikkan terapi aversi menggunakan listrik pada akhir 1960-an dan awal 1970-an.

Seorang juru bicara Belfast Trust mengatakan tidak memegang catatan dalam periode tersebut, tetapi mereka “mengungkapkan penyesalan kepada para korban yang mengalami terapi yang mengerikan ini”.

Penelitian dari King’s College London memperkirakan bahwa di Inggris sekitar 1.000 orang menerima jenis perawatan ini. Sebagian besar telah ditinggalkan pada pertengahan 1970-an.

Profesor Scraton mengatakan tahun 1960-an dan 1970-an adalah periode permusuhan terbuka bagi homoseksual di seluruh Inggris, dengan banyak diserang secara fisik.

Dia berkata: “Ditolak oleh sekolah, gereja, layanan medis dan, seringkali, keluarga mereka memiliki kelainan patologis, mereka menderita tekanan pribadi yang cukup besar.

“Dalam iklim yang bermusuhan ini, dapat dimengerti bahwa mereka menerima tawaran ‘perawatan korektif’ dari psikolog dan psikiater yang penelitiannya tampaknya didasarkan pada kepercayaan dan ideologi daripada sains.

“Dalam konteks ini Queen’s University, di antara universitas lain, memberikan kejutan listrik sebagai satu bentuk, antara lain, intervensi korektif eksperimental.

“Mengingat bahwa beberapa peserta masih hidup, pantas bahwa mereka mendengar permintaan maaf publik di samping pengungkapan metode yang digunakan dan pembenaran mereka pada saat itu.”

Pada awal bulan Oktober 2019 Rainbow Project dan Queen’s Students’ Union mengadakan protes di luar universitas sebagai tanggapan terhadap kisah seputar penggunaan terapi aversi menggunakan kejutan listrik yang bertujuan untuk mengkonversi orientasi seksual seseorang.

Juru bicara untuk QUB juga mengatakan: “Queen’s University berkomitmen penuh untuk menciptakan dan mempertahankan lingkungan yang menghargai keberagaman dan sangat mendukung komunitas LGBT kami.

“Kebijakan kesetaraan dan keberagaman kami yang komprehensif mencerminkan pentingnya posisi Queen’s University dalam mempromosikan kesetaraan.” (R.A.W)

Sumber:

BBC