Search
Close this search box.


SuaraKita.org – 23 September, adalah Hari Visibilitas Biseksual, atau singkatnya Hari Visibilitas Bi. Dimulai pada tahun 1999, Hari Visibilitas Bi merupakan cara penting untuk mengakui teman-teman Anda dan merayakan identitas mereka. Lebih dari setengah komunitas LGBT mengidentifikasi sebagai bi + (biseksual, panseksual, poliseksual, atau identitas lain yang tertarik pada banyak jenis kelamin), tetapi persepsi tetap berpendapat bahwa gay dan lesbian adalah mayoritas.

Ada sejumlah definisi biseksualitas, tetapi tiga yang paling sering terdengar. Yang pertama mendefinisikan biseksualitas sebagai ‘mengalami ketertarikan pada dua jenis kelamin’, yang kedua mendefinisikannya sebagai ‘mengalami ketertarikan pada dua jenis kelamin atau lebih,’ dan yang ketiga menjelaskan sebagai ‘mengalami ketertarikan pada dua kelompok orang – mereka yang memiliki kesamaan jenis kelamin dan jenis kelamin yang berbeda. ‘ Robyn Ochs, seorang aktivis biseksual yang terkenal, mendefinisikan pengalamannya dengan biseksualitas sebagai ‘potensi untuk tertarik – secara romantis dan / atau seksual – kepada orang-orang dengan lebih dari satu jenis kelamin, tidak harus pada saat yang sama, dengan cara yang sama, atau dengan tingkat yang sama. ” Semua definisi ini – dan lainnya – adalah cara untuk menggambarkan biseksualitas.

Mengapa ini penting? Karena orang-orang biseksual menghadapi ketidakpahaman, diskriminasi, dan pelecehan dari masyarakat, serta dari dalam komunitas LGT.

Ketika orang biseksual menjelaskan pengalaman mereka, sangat biasa bagi mereka untuk mendengar kebingungan sebagai tanggapan. Ini sering karena sebagai masyarakat, mereka membuat asumsi tentang orang berdasarkan label yang ditegaskan kepada mereka. Mereka mencoba untuk saling melengkapi dan benar-benar memahami pengalaman orang lain hanya berdasarkan beberapa label dan konotasi yang mereka bawa. Ini sangat tidak adil dan tidak akurat. Pengalaman tidak ada yang sama, bagaimana seseorang memahami diri mereka pada satu titik waktu bisa sangat berbeda dengan satu tahun sebelum atau satu tahun kemudian. Orang-orang itu rumit dan mereka berubah. Salah satu hal yang indah dari biseksualitas adalah pengakuan akan konsep fluiditas seksual – kita sebagai individu berubah, bagaimana kita mengidentifikasi suatu hari dapat berbeda dari hari berikutnya, dan hal yang sama berlaku untuk siapa dan bagaimana kita mencintai.

Orang biseksual dari hari ke hari menghadapi penghapusan identitas mereka karena anggapan masyarakat untuk pemahaman identitas yang lebih mudah kepada mereka adalah heteroseksual atau gay, daripada pengalaman yang sepenuhnya terpisah dan unik. Masalah nyata ada di kalangan gay dan lesbian di sekitar inklusi orang biseksual. Terlalu sering, orang monoseksual (orang hanya tertarik pada satu jenis kelamin) mengasingkan atau menjelekkan orang biseksual karena siapa mereka. Ungkapan-ungkapan buruk muncul untuk mendiskreditkan pengalaman perempuan biseksual. Biseksual terlalu sering dipaksa untuk memilih bagian dari identitas mereka untuk diakui ketika berinteraksi dengan komunitas. Sebagai contoh, beberapa terpaksa untuk berbicara tentang ‘bagian gay’ atau ‘bagian hetero’, tentang diri mereka sendiri ketika biseksualitas pada kenyataannya, bukan pembagian 50/50 antara gay dan hetero. Biseksual adalah identitas yang benar-benar indah.

Penghapusan biseksual adalah masalah nyata dan menyebar di media dan dalam kehidupan sehari-hari. Inilah mengapa Hari Visibilitas Biseksual sangat penting. Orang biseksual itu nyata, biseksualitas bukanlah fase, dan orang biseksual tidak bingung.

Angkat bicara untuk teman biseksual Anda hari ini beritahu mereka bahwa Anda mendukung mereka. Namun, jangan biarkan dukungan Anda hanya bertahan hari ini – dukung teman-teman bi + Anda setiap hari untuk terus maju. Pelajari tentang orang-orang biseksual yang terkenal, ajarilah diri Anda sendiri tentang gerakan untuk hak-hak orang-orang biseksual, terapkan bahasa inklusif dalam ucapan Anda, bicaralah ketika Anda melihat identitas biseksualterhapus.

Biseksualitas itu nyata. Biseksualitas bukanlah fase. Orang biseks ada. Selamat Hari Visibilitas Biseksual! (R.A.W)

Sumber:

outright