Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Sejak menyatakan niat dengan bangga untuk mempromosikan Thailand secara terbuka sebagai tujuan ramah LGBT di Asia, Thailand kini meningkatkan pengejaran segmen yang menguntungkan ini dengan memposisikan negara itu tidak hanya sebagai tujuan untuk liburan dan pesta, tetapi juga sebagai yang teratas untuk momen bersejarah untuk pelancong LGBT.

Bintang-bintang tampaknya selaras mendukung industri pariwisata Thailand ketika kabinet Thailand baru-baru ini mengesahkan RUU ikatan sipil yang diusulkan. Jika disetujui oleh Parlemen, Thailand akan menjadi negara Asia Tenggara pertama yang melegalkan hubungan sesama jenis.

Dengan Thailand yang tampaknya akan melegalkan ikatan sipil pasangan sesama jenis, para pemain pariwisata negara itu sekarang secara agresif mengejar para wisatawan LGBT.

Dan sektor pariwisata Thailand jelas memperhatikan langkah yang diusulkan, jika sentimen pada acara LGBT Travel Symposium baru-baru ini di Bangkok – kedua kalinya acara diadakan di negara itu – adalah sesuatu yang harus diperhatikan.

RUU ikatan sipil menyajikan “waktu yang menyenangkan bagi komunitas LGBT di Thailand”, kata Chattan Kunjara Na Ayudhya, deputi gubernur Tourism Authority of Thailand (TAT) untuk pemasaran internasional (Asia dan Pasifik Selatan),ketika menghadiri LGBT Travel Symposium tahun ini.

Tidak hanya RUU yang hampir disetujui akan mengirim “pesan positif” kepada dunia bahwa Thailand “terbuka untuk semua orang dan budaya”, kata Chattan, langkah ini juga akan meningkatkan misi TAT untuk memposisikan negara sebagai tujuan utama untuk “merasakan keberagaman”. “Kami semakin dalam dan semakin intensif dalam apa yang kami lakukan untuk menyambut masyarakat,” tambahnya.

Membangun koneksi yang lebih dalam

Pendekatan dua cabang dilakukan untuk strategi internasional LGBT TAT, menurut Steven Johnson, manajer pemasaran Kantor TAT New York, di mana pelopor organisasi global LGBT paling terkonsentrasi.

Ini termasuk melibatkan sektor swasta Thailand, termasuk hotel dan penyelenggara wisata, untuk melatih staf mereka agar lebih peka terhadap komunitas LGBT dan juga mendorong percakapan dan berbagi pengetahuan di situs web Go Thai, Be Free, platform yang diluncurkan untuk berbagi informasi perjalanan khusus untuk perjalanan LGBT  di Thailand.

Prinsip utama lainnya adalah “memastikan Thailand terwakili dari perspektif LGBT” dengan melanjutkan partisipasi TAT di pameran dagang utama seperti ITB Berlin dan FITUR, serta bergabung dengan Pride Parade di Tel Aviv, Kanada dan Jerman, ungkap Steven Johnson.

Sementara Chattan mengakui bahwa upaya promosi LGBT TAT sebagian besar terfokus pada pasar Barat – dimulai pertama di Amerika Utara sebelum berekspansi ke Eropa – ia memiliki rencana untuk membangun upaya serupa di Asia. Taiwan, yang melegalkan pernikahan sesama jenis awal tahun ini, ditetapkan sebagai pasar potensial bagi sektor pariwisata LGBT Thailand yang sedang berkembang.

Steven Johnson menambahkan: “Thailand selalu menjadi tempat yang aman bagi komunitas LGBT di Asia Tenggara. Semua orang di wilayah ini tahu jika mereka ingin pergi sebagai orang LGBT, tempat yang dituju adalah Thailand. Tetapi untuk memformalkan ini pasti akan meningkatkan kredibilitas Thailand di antara komunitas LGBT di Asia Tenggara. Dan tempat apa yang bagus untuk memulai selain Taiwan? ”

Tetapi Chattan menjelaskan bahwa upaya pemasaran LGBT TAT tidak mungkin diluncurkan di negara-negara Asia di mana penerimaan atau toleransi hubungan sesama jenis rendah. “Kami akan menghormati keyakinan semua negara. Pemasaran adalah jalan dua arah, Anda tidak dapat melakukan iklan dan promosi tanpa tingkat dukungan tertentu dari tingkat lokal. Kami hanya ingin lebih terbuka dan inklusif, ”katanya lagi.

Dari tujuan pesta hingga materi pernikahan

Kalender acara gay Thailand dalam beberapa tahun terakhir telah tumbuh lebih berwarna dan lebih keras, dengan Circuit Festival Asia (diluncurkan 2018) di Pattaya, Tropout Phuket (diluncurkan 2016) dan White Party (diluncurkan 2015), menambah acara yang diadakan seperti gCircuit, Songkran tahunan sejak 2007. Acara besar pada akhir tahun ini adalah XXO Party Bangkok, yang direncanakan akan berlangsung di So Sofitel Bangkok pada bulan Oktober.

Dengan rangkaian acara yang penuh semangat untuk komunitas gay di Thailand, Vincent Jones, pendiri, CEO & chief experience curator di Citizen Jones Travel, sebuah perusahaan perjalanan berbasis di Los Angeles yang mengkhususkan diri dalam perjalanan LGBT, berpikir bahwa Thailand memiliki bakat untuk menjadi ibukota pesta Asia, tidak seperti Ibiza atau Mykonos di Eropa.

Namun, Steven Johnson dari TAT dengan cepat menunjukkan bahwa acara semacam itu hanya menarik satu komponen atau sub-sektor dari keseluruhan pasar LGBT, terutama yang lebih muda, tetapi bahwa segmen mewah tetap menjadi pasar prioritas untuk upaya pemasaran LGBT Thailand.

“Pasar pernikahan dan bulan madu selalu menjadi prioritas yang sangat kuat bagi kami. Sebagian besar orang dari dunia Barat yang datang ke Thailand memiliki tingkat romansa tertentu, apakah itu bulan madu atau perayaan hari jadi, dan itu akan terus menjadi fokus yang kuat, khususnya yang berkaitan dengan komunitas LGBT  juga ketika undang-undang ikatan sipil disahkan. “

Dia menambahkan: “Tren di belahan dunia kita menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang melakukan wisata pernikahan melakukan prosedur legal mereka sendiri dan melakukannya secara seremonial di tempat tujuan pilihan mereka, sehingga akan menambah lapisan elemen lain pada promosi kita. “

Uwern Jong, pemimpin redaksi OutThere, sebuah publikasi perjalanan mewah yang ditujukan untuk gay, dan penyelenggara dan pembawa acara LGBT Travel Symposium, juga menggarisbawahi pernikahan dan bulan madu sebagai salah satu tren utama untuk pasar perjalanan LGBT. “Ada minat yang signifikan dalam wisata pernikahan untuk Thailand, dan 2020 diharapkan menjadi tahun yang besar untuk tren ini. Sekarang saatnya mempertimbangkan pernikahan LGBT jika Anda belum ”, kata Uwern Jong dihadapan pelaku bisnis perhotelan di Thailand.

The Sukhothai Bangkok telah melihat prospek yang menguntungkan dalam pernikahan sesama jenis, direktur penjualan hotel Santichai Boonrasri mengatakan. Mereka telah menyelenggarakan beberapa pernikahan sesama jenis dan secara aktif memasarkan lebih banyak acara seperti itu, karena pembelanjaan akan meningkat sampai satu juta baht atau lebih dari empat ratus juta rupiah..

Tetapi beberapa pasar masih memiliki kesan bahwa Thailand bukan tujuan yang “canggih”, kata Timothy Cook, manajer negara Thailand di Abercrombie & Kent.

Operator perjalanan mewah ingin menantang persepsi itu dengan mengembangkan tur LGBT untuk menghubungkan wisatawan dengan pemandu LGBT dan para ahli di lapangan untuk meningkatkan pengalaman di tempat tujuan wisata. (R.A.W)

Sumber:

ttgasia