Search
Close this search box.

SuaraKita.org  – Film komedi bertema gay pemenang penghargaan “Dear Ex” (誰先 愛上 他 的) akan mewakili Taiwan di Academy Awards 2020. Film ini akan bersaing dalam kategori untuk “Film Fitur Internasional Terbaik,” hingga sekarang lebih dikenal sebagai penghargaan “Film Berbahasa Asing Terbaik”.

“Dear Ex” bercerita tentang seorang janda yang menemukan bagaimana almarhum suaminya meninggalkan uangnya bukan untuknya, tetapi kepada kekasih gay rahasia. Alih-alih memilih sisinya, anak remajanya lebih memilih bersama pasangan almarhum ayahnya.

Panitia seleksi, yang memilih “Dear Ex” untuk Oscar dari 16 pesaing, memuji film itu karena terlihat lucu pada tonggak sejarah dalam perkembangan hak asasi manusia Taiwan.

Film ini disutradarai oleh Mag Hsu dan Hsu Chih-yen, dan memenangkan tiga penghargaan utama di 20th Taipei Film Awards, untuk film terbaik, aktor utama terbaik untuk Roy Chiu dan aktris terkemuka terbaik untuk Hsieh Ying-hsuan, yang juga memenangkan penghargaan aktris terkemuka terbaik di Golden Horse Awards ke-55.

Acara Oscar ke-92 dijadwalkan pada 9 Februari 2020. Kandidat untuk penghargaan film fitur internasional terbaik melewati beberapa putaran seleksi hingga hanya tersisa lima film.

Satu-satunya film Taiwan yang memenangkan penghargaan adalah “Crouching Tiger, Hidden Dragon” karya sutradara Ang Lee pada tahun 2000. (R.A.W)

Sumber:

TWnews