Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Estonia telah meninggalkan kebijakan sebelumnya dan praktik yuridisnya dengan akhirnya memutuskan untuk memberikan penduduk hak sementara untuk mendaftarkan pasangan sesama jenis dari warga negara Estonia, yang memungkinkan mereka untuk menjalani kehidupan keluarga di Estonia.

Awal bulan ini, Polisi Estonia dan Patroli Perbatasan menerima aplikasi untuk tempat tinggal sementara yang diajukan oleh warga negara Amerika Serikat Sarah Raud yang menikah dengan pasangan asal Estonia-nya Kristiina Raud.

Sarah dan Kristiina Raud menikah di Amerika pada 2015 dan memutuskan untuk tinggal di Estonia. Pihak berwenang Estonia menolak untuk mengeluarkan izin tinggal sementara kepada Sarah, sehingga pasangan itu pergi ke pengadilan.

Tahun lalu, pengadilan Estonia menyatakan bahwa negara tidak diharuskan mengeluarkan izin tinggal sementara karena mereka tidak secara hukum mengakui ikatan hubungan pasangan sesama jenis.

Pasangan itu membawa kasus ini ke pengadilan lagi, dan pada 5 Juni mereka mendaftarkan hubungan mereka di bawah Registered Partnership Act, dan Sarah mengajukan permohonan izin tinggal sementara sekali lagi. Otoritas Estonia butuh lebih dari setahun untuk memproses aplikasi, tetapi mereka menerima aplikasi Sarah.

Pihak berwenang merujuk pada keputusan yang dibuat oleh Pengadilan Negeri yang mengakui bahwa bagian dari undang-undang yang mendiskriminasi pasangan sesama jenis dari warga Estonia tidak konstitusional.

Kari käsper, Direktur Eksekutif Pusat Hak Asasi Manusia Estonia mengatakan “Sangat positif bahwa negara telah mengambil arah untuk berperilaku dengan pasangan sesama jenis dengan cara yang lebih manusiawi dan bermartabat. tidak ada alasan yang bisa dibenarkan untuk memperlakukan pasangan asing dalam hubungan sesama jenis lebih buruk daripada pasangan yang pasangannya adalah orang Estonia. ”

Kristiina dan Sarah menyatakan kepuasan mereka bahwa negara telah mengubah praktiknya, meskipun keputusan itu sudah terlambat bagi mereka. “Kami sangat senang bahwa negara Estonia telah mengubah pendekatan mereka dalam hal pasangan dan keluarga sesama jenis dan bahwa Sarah akhirnya dapat memiliki hak untuk hidup di Estonia. Namun, prosesnya lama dan melalui periode itu kami mengalami banyak tekanan karena ketidakpastian dan prospek masa depan yang tidak stabil dan kami tumbuh terpisah. Jadi, selama proses, kami memutuskan untuk putus.” (R.A.W)

Sumber:

GCN