Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Merawat diri sendiri (self-care) belakangan ini sedang menjadi trend, yang sebenarnya adalah hal yang baik. Terkadang merawat diri sendiri sering diabaikan dalam kita menjalani rutinitas sehari-hari.

Bagaiamana pun juga, merawat diri bukan hanya sesederhana memakai masker wajah dan berendam dengan air hangat.  Berikut ini adalah tujuh tips sederhana namun praktis dan bermanfaat yang dapat kita mulai sesegera mungkin.

Lakukan hal yang kamu senangi – tanpa rasa bersalah

Yah, walaupun tadi sempat dibilang kalau masker wajah dan berendam air hangat bukan satu-satunya aspek dalam merawat diri, tapi mereka salah satu aspek kok karena masih banyak lagi.

Merawat diri sendiri terkadang berarti melakukan sesuatu yang membuat diri kita menjadi tenang dan membawa rasa damai ke dalam dunia yang penuh guncangan ini, baik ke dalam diri kita maupun keluar. Bisa dilakukan dengan cara apa saja, lho! Membaca, main video games, dengerin musik, atau apa saja yang bisa bikin tenang.

Hal yang paling penting dari tips ini adalah kita melakukan hal tersebut tanpa rasa bersalah. Sah-sah aja kok kamu ninggalin kerjaan kamu demi kesehatan mental kamu dan sisihin waktu untuk membaca kalau emang itu membantu. Rasa bersalah yang ada menghambat perasaan-perasaan yang seharusnya membawa kebahagiaan dan kedamaian – dan rasa bersalah akan menghambat mu dalam melakukan hal yang kamu senangi.

Dan jangan lupa, hilangkan pikiran ‘rasa bersalah yang menyenangkan’. Selama itu tidak membahayakan orang lain, apapun yang kamu lakukan dan senangi seharusnya tidak membuat kamu merasa bersalah.

Lakukan tugas-tugas sederhana

Merawat diri sendiri itu termasuk mengerjakan tugas sederhana yang harus kamu lakukan. Contohnya, mencuci piring yang kotor dan beresin pakaian yang kotor. Hal-hal kayak gini bakalan membuat kamu merasa lebih baik dan stress kamu akan berkurang. Melakukan hal di atas juga akan membuat kamu menikmati hal-hal yang kamu lakukan di tip sebelumnya dan akan menghilangkan rasa bersalahmu.

Bukan cuma pekerjaan rumah aja sebenarnya.

Bisa juga seperti hal-hal yang lebih sederhana lagi seperti mandi dan menggosok gigi. Bagi mereka yang berjuang dengan kesehatan mental, ada hari-hari tertentu di mana ketika mereka bangun, mereka akan merasa sangat kelelahan. Mengerjakan hal-hal sederhana, seperti mandi dan menggosok gigi, akan berpengaruh baik bagi kesehatanmu dan memotivasimu lebih lagi.

Katakan tidak!

Salah satu aspek terbesar dari merawat diri sendiri adalah tidak memaksakan diri sendiri.

Mengatakan tidak adalah tip yang sebenarnya paling sulit buat saya pribadi. Tapi bisa jadi ini yang paling kamu butuhin dan salah satu langkah yang baik untuk memperbaiki kualitas hidup kita. Jika kamu memiliki daftar pekerjaan yang harus dilakukan dan sangat melelahkan yang mulai menggerogoti hidupmu, tontonlah suatu film setelah pekerjaan tersebut supaya kita tidak menjadi terlalu stress.

Tip ini cukup sulit untuk dilakukan karena saya takut membuat orang kecewa atau sedih.

Satu hal yang telah saya pelajari adalah, walaupun orang kecewa, saya tidak akan berpartisipasi. Jika mereka menentang saya, mereka toh bukan tipe orang yang saya inginkan dalam hidup saya.

Memasang batas

Taruh kata kamu harus menghadiri sebuah acara dengan alasan apapun, berilah dirimu batas waktu. Jika acara tersebut melelahkanmu atau membuatmu tidak bahagia untuk jangka waktu yang panjang, tinggalkan lah. Dan siapa yang tahu? Malahan dengan meninggalkan, kamu jadi mendapat energi yang baru dan mood jadi lebih baik.

Tidak penting bagaimana, kamu selalu punya pilihan, walaupun nyeremin juga untuk dilakukan.

Batasan juga bisa kok kamu terapin buat orang-orang di hidupmu.

Menjauhkan orang-orang yang toxic dari dalam hidupmu jauh lebih gampang diucapin daripada dilakuin, apalagi kalau mereka anggota keluarga atau rekan kerja, yang kita sendiri mau tidak mau tidak punya pilihan. Dalam kasus ini, kamu sah-sah aja kok kalau mau menghindari atau menolak buat ngobrol sama mereka, yang terbaik aja deh pokoknya. Atau kamu bisa bawa teman baik kamu buat pura-pura bohong, mungkin orang lain melihat hal itu sebagai hal yang kurang sopan tapi melindungi diri sendir selalu jadi hal yang utama.

Keluarlah dan hirup udara segar

Sebuah riset telah membuktikn bahwa menghirup udara segar dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang.

“Beberapa orang mungkin akan pergi ke taman dan menikmati alam terbuka. Bukan berarti harus serius sekali dalam olahraga. Kamu harus rileks dan santai, dan kamu akan merasa lebih senang,” kata Hon Yuen, salah satu peneliti dalam riset yang meneliti waktu yang dibutuhkan oleh alam untuk membantu kesehatan jiwa seseorang.

Bahkan 20 menit saja cukup!

Alam terbuka terbukti dapat mengurasi level stress, tekanan darah dan degup jantung, juga meningkatkan dan memperbaiki mood seseorang.

Riset yang lain juga membuktikan bahwa mereka yang banyak menghabiskan waktu di taman sewaktu mereka masih kecil, memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk mengalami gangguan kesehatan mental nantinya. Karena kita tidak mungkin mengulang waktu, ada baiknya untuk memulai hal tersebut dari sekarang.

Menolong orang lain

Salah satu hal yang bisa bikin stress adalah penderitaan orang lain, baik mereka yang terpinggirkan, keluarga atau orang lain di sekeliling kita.

Kalau kita bisa mengatur emosi kita dengan cukup baik, membantu teman atau mereka yang terpinggirkan dapat meningkatkan mood kita juga, lho! Dengan membantu mereka, kita jadi tahu kalau kita telah membantu mereka yang membutuhkan dan waktu kita pun menjadi produktif. Selain berguna bagi orang lain, juga baik untuk diri kita sendiri, bukan?

Utamakan diri sendiri terlebih dahulu

Tentu saja orang lain akan bilang kalau kita tidak akan bisa menolong orang lain sebelum kita menolong diri sendiri. Walaupun nasihat ini harus melihat konteks yang ada terlabih dahulu, tapi pada intinya, mengutamakan diri sendiri terlebih dahulu itu benar adanya.

Kadang mengutamakan diri sendiri terlebih dahulu sering disalah artikan dengan keegoisan. Apa yang harus kita pahami adalah bahwa menjadi egois ada baiknya, dan kadang diperlukan. Terlalu lelah dengan pekerjaan dan tidak memikirkan diri kita juga sangat berbahaya.

Oleh karena itu tips di atas akan menjadi sangat baik tergantung bagaimana kamu menilai situasi dirimu sendiri, karena cuma kamu yang bisa nentuin apa yang terbaik buat dirimu sendiri. Jalan-jalan di taman atau tinggal di rumah aja sambil beres-beres rumah, cuma kamu yang paham. (K.O)

Sumber:

GSN