Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Matematikawan Alan Turing, pahlawan yang memecahkan kode Nazi untuk membantu Sekutu memenangkan Perang Dunia Kedua, dinyatakan bersalah karena homoseksualitas dan mati dipenjara. Kini Alan Turing akan muncul di uang kertas 50 pound baru dari Bank of England (BoE).

“Sebagai bapak ilmu komputer dan Inteligensi Buatan, serta pahlawan perang, kontribusi Alan Turing sangat beragam dan mendobrak kebiasaan,” kata Gubernur BoE Mark Carney, yang mengambil keputusan akhir tentang pemilihan karakter.

Mesin elektro-mekanis Turing, cikal bakal komputer modern, membongkar kode Enigma yang digunakan oleh Nazi Jerman dan membantu memberi Sekutu keuntungan dalam perjuangan angkatan laut untuk menguasai Atlantik.

Karyanya di Bletchley Park, pusat pemecah kode masa perang Inggris, dipuji karena memperpendek perang dan menyelamatkan ribuan nyawa.

Tapi dia disingkirkan dari pekerjaannya dan dikebiri secara kimia setelah dihukum karena ketidaksenonohan pada tahun 1952 karena berhubungan seks dengan seorang lelaki. Seks homoseksual adalah ilegal di Inggris sampai 1967. 

Alan Turing bunuh diri pada tahun 1954, berusia 41, dengan sianida. Dia diberikan pengampunan kerajaan oleh Ratu Elizabeth pada tahun 2013 untuk hukuman pidana yang menyebabkannya bunuh diri.

Aktivis hak asasi, Peter Tatchell, yang berkampanye untuk pengampunan Alan Turing dan mengorganisir aktivis LGBT untuk memilihnya dalam putaran awal nominasi untuk pemilihan uang kertas, mengatakan itu adalah sebuah terobosan karena membuat orang gay yang terkenal muncul di uang kertas Inggris untuk pertama kalinya.

“Ini adalah penghargaan yang sangat layak untuk salah satu pemikir terbesar abad ke-20,” kata Peter Tatchell.

Sebuah film produksi tahun 2014, ‘The Imitation Game’, yang dibintangi Benedict Cumberbatch sebagai Alan Turing, memenangkan Oscar untuk skenario film terbaik yang diadaptasi.

Pada tahun 2017, di bawah undang-undang baru yang dikenal sebagai ‘Turing Law’, Inggris memberikan grasi anumerta kepada ribuan lelaki gay dan biseksual yang dihukum karena pelanggaran seksual berdasarkan undang-undang yang telah dihapuskan.

Selain gambar Alan Turing, uang kertas baru akan menampilkan tabel dan rumus matematika yang ditulis pada tahun 1936 oleh Alan Turing dan gambar teknis untuk mesin yang digunakan untuk memecahkan kode Enigma.

Uang kertas baru itu juga akan mencantumkan kutipan oleh Alan Turing tentang kebangkitan kecerdasan mesin: “Ini hanya merupakan pendahuluan dari apa yang akan terjadi dan hanya bayangan apa yang akan terjadi.” 

Uang kertas senilai 50 pound adalah nilai tertinggi BoE dan jarang digunakan dalam transaksi harian. Uang kertas baru diharapkan memasuki sirkulasi pada akhir-2021, kata BoE. (R.A.W)

Sumber:

daily mirror