Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Bukti kekerasan yang disponsori negara dan diskriminasi terhadap orang-orang LGBT di Malaysia telah disusun dan didokumentasikan, kata sebuah koalisi hak-hak LGBT dan organisasi-organisasi hak asasi manusia.

Kelompok-kelompok itu terdiri dari kelompok advokasi hak LGBT seperti Seksualiti Merdeka dan ASEAN SOGIE Caucus hingga organisasi hak asasi manusia seperti Suara Rakyat Malaysia (SUARAM).

41 kelompok lokal dan regional telah mendukung pernyataan yang mendukung kesaksian yang dibuat oleh aktivis hak asasi manusia LGBT Malaysia, Numan Afifi.

Pada bulan Maret tahun ini, Numan melakukan intervensi di Dewan Hak Asasi Manusia PBB selama Tinjauan Berkala Universal Malaysia.

Dia kemudian menerima kritik karena menggambarkan program negara yang anti-LGBT sebagai ‘kekerasan yang disponsori negara’ dan bahkan dia dipanggil untuk diperiksa polisi .

Homoseksualitas masih  ilegal di Malaysia melalui hukum era kolonial yang menghukum seks sesama jenis hingga 20 tahun penjara.

Mengklarifikasi ‘kekerasan yang disponsori negara’

Dalam pernyataan mereka, yang  diterbitkan pada komunitas online LGBT Malaysia, Queer Lapis, kelompok-kelompok itu mendukung pernyataan Numan Afifi yang dirinci dalam pidatonya di PBB.

Pernyataan mereka mendefinisikan diskriminasi dan kekerasan yang disponsori negara mengacu pada ‘segala bentuk penganiayaan, pelanggaran, dan agresi yang dihasilkan dari tindakan negara’.

Pernyataan ini juga menjabarkan berbagai program yang disponsori negara, termasuk program Mukhayyam, yang telah digambarkan sebagai ‘kamp rehabilitasi’ untuk ‘membimbing dan memberikan kesadaran spiritual bagi komunitas LGBT melalui pendekatan keagamaan untuk mengembalikan para peserta “ke jalan yang benar” . ‘

Selain itu, kelompok ini menunjukkan bahwa seminar-seminar telah menargetkan murid, konselor sekolah, dan orang tua, antara lain, untuk ‘mendorong orang untuk menghindari melakukan “tindakan LGBT”, dan mendorong orang lain untuk mengidentifikasi dan mengekang “perilaku LGBT” dalam keluarga mereka, sosial lingkaran, dan tempat kerja ‘.

‘Kegiatan-kegiatan yang disponsori negara ini berbahaya karena dirancang karena mereka menerapkan praktik-praktik rehabilitasi dan konversi yang bertujuan untuk mengekang dan menekan orientasi seksual, identitas gender, dan ekspresi gender orang LGBT yang aktual atau dipersepsikan,’ demikian bunyi pernyataan itu.

“Mereka juga mendorong orang lain untuk campur tangan dalam kehidupan pribadi dan publik orang LGBT.”

Homofobia yang tersebar luas 

Homofobia masih merajalela di banyak bagian Malaysia, dan seringkali merupakan masalah yang sangat mempolarisasi.

Ada beberapa contoh otoritas Malaysia yang menekan komunitas LGBT. Polisi telah menggerebek klub-klub gay dan menangkap individu-individu yang dicurigai sebagai gay.

Dalam salah satu contoh yang paling kontroversial, September lalu  dua orang perempuan dicambuk di negara bagian Terengganu yang sangat konservatif karena dituduh memiliki hubungan sesama jenis . Sejumlah kelompok hak asasi manusia mengutuk hukuman cambuk tersebut.

Selain ancaman penuntutan pidana, stigma budaya mendalam masih menghadapi komunitas LGBT di negara itu. Sejumlah tokoh agama dan politik secara konsisten  membangkitkan sentimen anti-LGBT di negara mayoritas Muslim itu .

Aktivis hak LGBT telah berulang kali menyoroti kurangnya perlindungan bagi orang-orang LGBT.

Numan Afifi memiliki pengalaman langsung tentang bagaimana dampak sentimen anti-LGBT di negara ini. Pada Juli 2018,  ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai petugas pers untuk Menteri Pemuda dan Olahraga setelah mengalami berbagai ancaman dan terus mengalami pelecehan karena seksualitasnya. (R.A.W)

Sumber:

GSN