Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Berita bagus bagi komunitas olahraga LGBT Irlandia, Dublin akan menjadi tuan rumah Piala Union 2019 – turnamen rugby inklusif LGBT  terbesar di Eropa.

Tim tuan rumah, Emerald Warriors, memenangkan tawaran untuk menyambut 45 tim dari 15 negara ke Irlandia – semuanya berkumpul di DCU Dublin dari 7 – 9 Juni untuk festival dan perayaan rugby yang akan berlangsung selama dua hari.

Hadir pada peluncuran di Stadion Aviva adalah Richie Fagan dari Warriors, Menteri Katherine Zappone, olahragawan Lindsay Peat dan Gordon D’Arcy serta legenda wasit Nigel Owens. Juga diumumkan bahwa tahun ini, untuk pertama kalinya, akan ada turnamen khusus perempuan.

Berbicara pada saat peluncuran, Richie Fagan mengatakan kepada orang-orang yang berkumpul, “Kami percaya bahwa rugby adalah permainan untuk semua. Tidak pernah ada waktu yang lebih mengasyikkan di Irlandia untuk menjadi tuan rumah turnamen rugby tingkat tinggi yang inklusif, dengan sedikit kilau. Kami senang menunjukkan kebanggaan pada rugby, karena Irlandia belum pernah melihat sebelumnya. “

Richie Fagan juga menawarkan statistik yang sedikit serius bahwa lebih dari 80% orang LGBT dilaporkan mengalami penghinaan homofobik ketika berpartisipasi dalam olahraga dan lebih dari setengah orang LGBT tidak cukup aktif untuk menjaga kesehatan yang baik. Peristiwa seperti ini adalah cara sempurna untuk memerangi prasangka itu dan menginspirasi olahragawan masa depan.

Lindsay Peat, pemain rugby internasional Irlandia, dan Nigel Owens, wasit persatuan rugby internasional, adalah duta besar untuk Piala tahun ini, dengan Nigel Owens untuk memimpin final.

Mengomentari gerakan besar bagi negara kita untuk menjadi tuan rumah acara semacam itu, Menteri Zappone berkata, “ Olahraga adalah darah kehidupan Irlandia. Bagi para pemain dan penonton, olahraga membangkitkan gairah, dan kegembiraan. Tidak seorang pun harus dikecualikan dari ini. Olahraga dan rugby adalah untuk semua orang. Dengan menjadi tuan rumah Piala Union, Emerald Warriors memimpin dan saya senang melihat seluruh komunitas rugby Irlandia berjajar di belakang mereka. Dimasukkannya turnamen perempuan merupakan perkembangan yang sangat disambut baik dan Piala Uni Eropa akan diberi selamat karena berusaha untuk menjadi lebih inklusif. Saya menantikan dua hari penuh gairah dan kesenangan di bulan Juni ini dan berharap semua orang yang bepergian ke Dublin mendapatkan céad míle fáilte*”

Tiket sudah tersedia dan semua keuntungan akan diberikan untuk mendukung BeLonG To, sebuah badan amal untuk mendukung kaum muda LGBT. (R.A.W)

*Céad mile fáilte ( “seratus ribu selamat datang” ) adalah sambutan tradisional orang lrlandia

Sumber:

GCN