Search
Close this search box.


SuaraKita.org – Sebuah klinik kesehatan seksual trans-inklusif akan dibuka pada akhir bulan di Rumah Sakit King’s College, London selatan yang menawarkan layanan kesehatan seksual serta saran dan dukungan.

Klinik Camberwell adalah layanan kedua yang dibuka di London dalam kemitraan dengan cliniQ , sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan seksual masyarakat trans dan non-biner.

Klinik dibuka setiap hari Selasa dari jam 4 sore. Staf akan mencakup seorang konselor, pekerja pendukung, perawat, dokter, dan ahli akupunktur.

King’s juga mengembangkan berbagai materi pelatihan bagi para profesional kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dalam kaitannya dengan kesehatan trans.

“Meskipun fokus layanan kami akan pada kesehatan seksual, kami menyadari bahwa orang-orang trans dan non-biner secara tidak proporsional dipengaruhi oleh kesenjangan kesehatan dan berbagai potensi masalah fisik, psikologis dan sosial,” jelas Dr Michael Brady, Konsultan Kesehatan Seksual dan HIV di King’s College Hospital dan Penasihat Nasional untuk Kesehatan LGBT di NHS (National Health Service) England.

“Karena itu kami akan mengadopsi pendekatan holistik yang menggabungkan layanan kesehatan dan kesejahteraan untuk membantu meningkatkan kesehatan mental, harga diri, dan mengurangi isolasi.”

Michelle Ross, pendiri CliniQ dan Direktur Holistic Wellbeing Services menambahkan:

“Saya senang dan sangat bangga mengumumkan bahwa cliniQ akan memberikan dan mengembangkan layanan kesehatan seksual dan kesejahteraan holistik pertama di London Selatan untuk orang-orang trans dan non-biner.

“Fokus cliniQ adalah pada peningkatan penyediaan layanan kesehatan dan kesejahteraan di Inggris untuk orang-orang trans dan meningkatkan martabat mereka dalam mengakses layanan.”

Layanan baru ini didanai oleh London Boroughs of Lambeth, Southwark and Lewisham, dan Health Innovation Network.

T, non-biner berusia 25 tahun yang bekerja untuk NHS, sangat senang dengan pembukaan klinik baru ini.

Mereka mengunjungi layanan cliniQ London lainnya di Dean Street, Soho, dan mengatakan itu “luar biasa.”

“Saya pergi ke sana untuk pemeriksaan serviks yang sebenarnya saya takuti selama bertahun-tahun. Mereka begitu baik dan lembut kepada saya dan benar-benar menyadari disforia saya sepanjang waktu.

“Karena saya diperkosa ketika saya berusia 18 tahun, mereka melakukan tesnya pelan-pelan dan menawarkan saya begitu banyak pilihan untuk bagaimana hal itu dapat dilakukan dengan cara yang nyaman.

“Mereka bertanya bagaimana saya ingin diri saya dan tubuh saya dirujuk. Mereka bertanya apakah saya memerlukan nasihat hukum atau layanan dukungan kekerasan seksual lainnya yang dapat mereka tawarkan kepada saya. Mereka melakukan pemeriksaan IMS (Infeksi menular Seksual)  secara penuh di sana dan kemudian, dan juga merujuk saya ke konselor psikoseksual.

“Staf yang menyambut semuanya adalah transgender dan ruang tunggunya adalah ruang aman transgender. Rasanya unik dengan cara itu.

“Saya menangis dalam perjalanan pulang karena semuanya sangat indah.

“Walau saya bekerja di NHS, saya jarang melihat layanan terkoordinasi dengan sangat baik, tetapi ini memberi saya harapan dan layanan di dunia perawatan kesehatan yang dirancang untuk orang-orang cisgender, bahwa orang-orang trans juga dapat memiliki ruang.” (R.A.W)

Sumber:

Diva