Search
Close this search box.
Shiho Shimoyamada

SuaraKita.org – Seorang pemain sepak bola perempuan coming out sebagai minoritas seksual dan berharap itu akan mendorong atlet lain untuk melakukan hal yang sama.

Shiho Shimoyamada (24) yang bermain untuk SV Meppen, tim di tingkat kedua Bundesliga Jerman, berharap untuk menormalkan kehadiran LGBT di komunitas olahraga Jepang sebelum Olimpiade Tokyo 2020.

“Anda akan menemukan banyak teman, tentu saja,” kata Shiho Shimoyamada, ditujukan kepada orang lain seperti dia, jika mereka coming out.

Dia menambahkan dalam pesannya kepada para atlet yang menyembunyikan orientasi seksual mereka, “Begitu Anda berbagi perasaan, olahraga akan menjadi lebih menyenangkan.”

Penyelenggara Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade 2020 telah mempromosikan keberagaman dan mendorong lebih banyak orang lesbian, gay, biseksual, dan transgender untuk berpartisipasi dalam olahraga.

Tapi Shiho Shimoyamada telah memperhatikan apa yang hilang dalam upaya itu.

“Kamu tidak melihat wajah orang LGBT,” katanya.

Itu mendorongnya untuk berpikir, “Akan sangat kuat jika seorang atlet LGBT yang sebenarnya yang mengirim pesan.”

Dengan dukungan dari Pride House Tokyo, sebuah proyek untuk menjadi tuan rumah acara terkait LGBT dan menawarkan informasi tentang minoritas seksual, Shiho Shimoyamada merekam pesan video, menuangkan kisah dan pemikirannya.

Hubungan pertamanya dengan seorang perempuan adalah di sekolah menengah. Setelah memasuki Universitas Keio, ia mengetahui bahwa, di lingkaran sepakbola perempuan, ada banyak pemain yang secara romantis tertarik pada perempuan.

Hal itu memberi Shiho Shimoyamada sebuah penegasan tentang identitas seksualnya.

Tetap saja, dia merahasiakan seksualitasnya dari timnya.

Namun, teman-teman dekatnya menerima dia apa adanya.

“Mereka membantu saya untuk menyadari bahwa saya tidak perlu berubah, dan tidak masalah untuk tetap bersama tim dan mencintai orang yang saya cintai. Saya merasa lega, ”kenangnya.

Rekan satu tim Meppen SV-nya sangat memahami minoritas seksual, karena mereka sering bertanya kepadanya, “Kamu tertarik dengan yang mana, lelaki atau perempuan?”

“Mereka tidak menganggap pemain LGBT spesial. Saya bisa bermain sebagai pemain sepak bola di sini, dan saya merasa nyaman dalam hubungan seperti itu, ”kata Shiho Shimoyamada.

Komite Olimpiade Internasional mengubah Piagam Olimpiade pada tahun 2014 untuk memastikan bahwa orientasi seksual secara eksplisit tercantum dalam klausa non-diskriminasi.

Di luar negeri, semakin banyak asosiasi olahraga telah menetapkan peraturan dan pedoman tertulis mengenai partisipasi atlet minoritas seksual dalam kompetisi.

Jepang, di sisi lain, tertinggal jauh di belakang, karena tidak ada satu pun asosiasi olahraga yang mengambil langkah seperti itu.

Pride House diluncurkan oleh komunitas LGBT lokal ketika Vancouver menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2010, membuka fasilitas untuk interaksi selama Olimpiade. Partisipasi berlanjut di Olimpiade di London, Rio de Janeiro dan Pyeongchang.

Setelah Tokyo memenangkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020, Pride House Tokyo diluncurkan oleh sekitar 20 organisasi nirlaba dan kelompok warga yang disponsori oleh perusahaan.

Pengunjung mereka termasuk atlet terkenal, seperti Yuki Nagasato, pemain sepak bola perempuan dan anggota tim nasional yang memenangkan Piala Dunia FIFA pada 2011, dan Yuko Arimori, peraih medali maraton dan dua kali Olimpiade.

Pride House Tokyo berencana untuk membuka fasilitas untuk pertukaran selama Olimpiade Tokyo. Mereka juga akan menjadi tuan rumah acara olahraga pada bulan Mei di Tokyo dan mengundang partisipasi minoritas seksual.

Menurut konsorsium Pride House Tokyo, ada 56 atlet yang secara terbuka mengidentifikasi sebagai LGBT berpartisipasi dalam Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

“Semua orang mengidolakan atlet,” kata Gon Matsunaka, 42, presiden organisasi nirlaba Good Aging Yells, yang mengoperasikan konsorsium Pride House Tokyo. “Mereka sangat berpengaruh.”

Pesan video yang direkam oleh Shiho Shimoyamada akan dipublikasikan di situs web proyek pada bulan April (R.A.W)

Sumber:

asahi