Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Sebagai tanggapan terhadap tuduhan dari The Peter Tatchell Foundation bahwa pencari suaka LGBT diabaikan dan menjadi korban di kamp-kamp pengungsi Kenya, UNHCR akhirnya merespons.

Kemarin kami melaporkan bahwa menurut Peter Tatchell , Komisioner Tinggi Untuk Pengungsi PBB Filippo Grandi telah gagal menanggapi kekhawatiran yang diajukan oleh Peter Tatchell Foundation (PTF) atas dugaan kegagalan melindungi orang-orang LGBT di Kenya, yang telah melarikan diri dari penganiayaan homofobik dari negara tetangga seperti Uganda.

UNHCR telah menanggapi dengan mengatakan bahwa “Keselamatan dan keamanan semua pengungsi adalah prioritas utama bagi kami” dan bahwa ‘semua pengungsi LGBT yang terdaftar dan diketahui oleh UNHCR di Kakuma segera dipindahkan ke tempat-tempat yang lebih aman ”.

Peter Tatchell mengatakan, “Sejak 2017, saya telah menerima laporan terus-menerus tentang pengabaian, ketidakpedulian dan penganiayaan oleh staf UNHCR dan orang-orang yang mereka pekerjakan, termasuk kegagalan UNHCR untuk melindungi para pengungsi LGBT dari tindakan kekerasan oleh para pengungsi lain dan polisi Kenya.

“UNHCR di Kenya memiliki tugas merawat semua pengungsi, termasuk yang LGBT. Paling tidak selama dua tahun, tugas perawatan itu telah gagal – dan sayangnya itu terus gagal samapai sekarang ”.

Yayasan Peter Tatchell telah mengusulkan rencana lima poin kepada UNHCR untuk mengakhiri ancaman, kekerasan dan pengucilan, termasuk memindahkan staf dan kontraktor UNHCR yang telah bertindak secara homofobik.

“Semua pengungsi LGBT yang terdaftar dan diketahui oleh UNHCR di Kakuma segera dipindahkan ke tempat yang lebih aman”


Juru bicara UNHCR mengatakan, “Keselamatan dan keamanan semua pengungsi adalah prioritas utama bagi kami.

“UNHCR merespons surat Peter Tatchell untuk menjawab kekhawatirannya. Asisten Komisaris Tinggi kami untuk Pengungsi, Volker Turk, baru-baru ini menulis kepada para aktivis LGBT yang terlibat dalam masalah ini dan menegaskan kembali komitmen teguh kami untuk  menemukan solusi untuk situasi ini.


“Semua pengungsi LGBT yang terdaftar dan diketahui oleh UNHCR di Kakuma segera dipindahkan ke tempat-tempat yang lebih aman, dimana kami menyediakan tempat tinggal, makanan, air, perawatan medis, konseling hukum dan psikologis dan bantuan lainnya. Kami memastikan mereka menerima dokumentasi resmi yang mengesahkan tempat tinggal mereka di daerah perkotaan, suatu langkah penting mengingat kebijakan perkemahan Kenya. Penilaian dilakukan pada kebutuhan mendesak dan untuk mengidentifikasi solusi jangka panjang terbaik.

“UNHCR secara aktif melakukan advokasi dengan negara-negara pemukiman kembali untuk meningkatkan jumlah tempat yang tersedia bagi para pengungsi LGBT. Namun, jumlah tempat pemukiman yang dibutuhkan di seluruh dunia jauh melebihi jumlah tempat yang tersedia. Untuk 2019, hanya 70.000 tempat tersedia untuk lebih dari 1,4 juta pengungsi yang diidentifikasi UNHCR sebagai yang membutuhkan pemukiman. Kantor kami di Nairobi telah berupaya untuk membantu sebanyak mungkin pengungsi LGBT di Kenya. Pada bagian terakhir tahun 2018, kami mengajukan lebih dari 100 kasus LGBT untuk mendapatkan pemukiman kembali setelah mengungsi dari Nairobi dan telah mengajukan sekitar 150 kasus lebih lanjut untuk dipertimbangkan sejauh tahun ini.


“UNHCR memiliki kebijakan tanpa toleransi terhadap tindakan pelanggaran oleh staf atau mitra kami”


“UNHCR memiliki kebijakan tanpa toleransi terhadap segala tindakan pelanggaran oleh staf atau mitra kami, termasuk tindakan atas dasar homofobia. Tuduhan apa pun yang kami terima akan diteruskan ke Inspektur Jenderal Independen kami untuk diselidiki. Semua staf dan mitra UNHCR diwajibkan untuk menandatangani Pedoman Perilaku kami, di mana tindakan pelecehan homofobik mengarah pada tindakan disipliner, termasuk pemecatan. (R.A.W)

Sumber:

GayUK