Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Mantan terapis “penyembuhan” gay David Matheson, yang baru-baru ini coming out sebagai gay, telah mendukung seruan agar praktik tersebut dilarang.

David Matheson adalah salah satu arsitek terapi konversi, yang mengatur program Mormon Journey into Manhood sejalan dengan ajaran gereja yang mengarahkan seorang gay untuk menekan perasaan mereka dan menikahi seseorang dari lawan jenis.

Namun setelah coming out sebagai gay padabulan lalu dan mengumumkan perceraian dengan istri yang dinikahinya selama 30 tahun, David Matheson yang tinggal di Utah, Amerika Serikat kini mengakui kerusakan yang disebabkan oleh pekerjaannya.

Dalam sebuah wawancara dengan sebuah stasiun televisi pada akhir Januari lalu, David Matheson mengatakan ia menyesali apa yang dilakukannya di masa lalu dan berpikir praktik itu harus dilarang.

Berbicara dalam wawancara , dia berkata: “Saya menyesal karena saya terus mengabadikan ide-ide itu. Melanggengkan gagasan bahwa menjadi gay adalah suatu patologi, suatu kelainan. Melanggengkan gagasan bahwa Tuhan tidak baik-baik saja dengan orang yang gay. Yang saya sesali … itu mencelakai saya dan mencelakai banyak orang lain.

Ditanya apakah dia menyesal telah melukai orang lain, David Matheson berkata, “Apakah Anda bercanda? Mengerikan ketika berpikir bahwa saya adalah bagian dari suatu sistem yang diciptakan untuk melukai orang-orang seperti saya dan saya telah melakukan beberapa percakapan dengan orang lain yang telah dirugikan oleh sistem tersebut. Hal itu membuat saya sedih. ”

Dia menambahkan: “Terapi apa pun yang didasarkan pada gagasan bahwa menjadi gay adalah gangguan psikologis, yang kenyataannya bukan, yang percaya bahwa menjadi gay itu salah atau buruk, yang yang kenyataannya tidak, dan bahwa orientasi seksual sesama jenis dapat diubah dan harus diubah.

“Terapi apa pun yang didasarkan pada gagasan itu memiliki potensi besar untuk membahayakan orang, dan terapi semacam itu harus dihentikan.”

Di Amerika, melakukan terapi konversi gay pada anak di bawah umur dilarang di 15 negara bagian dan Distrik Columbia, tetapi anggota parlemen GOP sebagian besar menghalangi undang-undang tersebut di sejumlah negara bagian yang dikontrol oleh Partai Republik. Partai Republik juga gagal mendukung undang-undang federal tentang masalah ini.

Di Inggris, pemerintah mengatakan sedang mempertimbangkan undang-undang untuk melarang praktik tersebut.

David Matheson dilatih di bawah pengawasan Joseph Nicolosi dari Asosiasi Nasional untuk Penelitian dan Terapi Homoseksualitas (National Association for Research and Therapy of Homosexuality/NARTH), yang dianggap sebagai arsitek terapi konversi gay.

Dia berpengaruh dalam menyebarkan ide terapi konversi dan membentuk ide-ide yang paling mendasar, tetapi sekarang mengatakan karyanya berbahaya.

David Matheson berkata: “Saya menolak gagasan bahwa terapi dapat dan harus digunakan untuk mengubah orientasi seksual seseorang karena itu tidak bisa.

“Saya benar-benar menyesali peran saya dalam menyebarkan pandangan itu karena saya dalam arti tertentu adalah agen dari budaya represif dan itu membuat saya benar-benar tidak nyaman.” (R.A.W)

Sumber:

Pinknews