Search
Close this search box.


SuaraKita.org – Perempuan menemukan interaksi sosial sesama jenis lebih menguntungkan daripada lelaki, dan perempuan lebih sensitif terhadap tindakan oksitosin (OT) daripada lelaki, menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh Georgia State University tentang mekanisme otak yang menentukan sifat-sifat interaksi sosial yang bermanfaat.  .

“Mengenali perbedaan gender dalam pemrosesan social reward sangat penting untuk memahami perbedaan jenis kelamin dalam terjadinya banyak penyakit kesehatan mental dan pengembangan perawatan khusus gender untuk gangguan kejiwaan dan perkembangan saraf seperti autisme, penyalahgunaan zat dan skizofrenia,” kata Dr. Elliott Albers, direktur Center for Behavioral Neuroscience dan Regents’ Professor Neuroscience di Negara Bagian Georgia, Amerika, yang memimpin tim peneliti.

Tim peneliti menemukan bahwa sementara OT bertindak dalam “reward circuit” di otak sangat penting untuk sifat interaksi sosial yang menguntungkan baik pada lelaki dan perempuan, perempuan lebih sensitif terhadap tindakan OT daripada lelaki. Tim penelitian juga menemukan bahwa ketika intensitas interaksi sosial meningkat di kalangan perempuan, interaksi ini menjadi lebih bermanfaat hingga titik tertentu dan kemudian akhirnya berkurang (misalnya, ada hubungan bentuk-U terbalik di antara OT, imbalan sosial dan aktivitas saraf) .

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal  Neuropsychopharmacology.

Reseptor OT di otak memainkan peran utama dalam mengatur berbagai bentuk perilaku sosial serta ikatan pasangan. Literatur ilmu saraf sosial menunjukkan dukungan sosial mengurangi penggunaan obat, memperbaiki stres dan dapat memprediksi hasil kesehatan mental yang lebih baik dalam pengobatan berbagai gangguan kejiwaan. Perbedaan jenis kelamin yang menonjol ada dalam prevalensi dan perjalanan klinis dari banyak gangguan ini. Misalnya, perempuan biasanya memiliki tingkat depresi dan gangguan kecemasan yang lebih tinggi, sementara lelaki lebih sering menderita autisme dan gangguan defisit perhatian. Terlepas dari perbedaan jenis kelamin yang substansial dalam ekspresi perilaku sosial dan kejadian gangguan kesehatan mental ini, sedikit yang diketahui tentang bagaimana mekanisme otak yang mendasari fenomena ini berbeda pada perempuan dan lelaki.

Menyadari kesenjangan ini dalam basis pengetahuan, tim tersebut menyelidiki peran yang tergantung jenis kelamin dari reseptor OT dalam area tegmental ventral otak tikus jantan dan betina. Lebih khusus lagi, mereka mengeksplorasi apakah reseptor OT memediasi besarnya dan valensi ganjaran sosial dan jika mediasi ini berbeda berdasarkan gender. Mereka menggunakan beberapa tes preferensi untuk mengukur sifat interaksi sosial yang bermanfaat.

Data studi menunjukkan bahwa aktivasi reseptor OT sangat penting untuk interaksi sosial yang bermanfaat baik pada lelaki dan perempuan, tetapi perempuan lebih sensitif terhadap tindakan OT daripada lelaki. Ini adalah studi pertama yang memberikan bukti bahwa interaksi sosial sesama jenis dan OT lebih bermanfaat pada perempuan daripada lelaki dalam model hewan. Temuan ini konsisten dengan penelitian pada manusia.

Tim peneliti yang terlibat dalam penelitian ini termasuk ilmuwan dan mahasiswa pascasarjana di Center for Behavioral Neuroscience and Neuroscience Institute, Georgia. (R.A.W)

Jurnal penelitian dapat diunduh pada tautan berikut:

[gview file=”http://suarakita.org/wp-content/uploads/2019/02/Sex-dependent-regulation-of-social-reward-by-oxytocin-receptors-in-the-ventral-tegmental-area.pdf”]

Sumber:

sience blog, nature