Search
Close this search box.

SuaraKita.org – Tumbuh sebagai anak transgender di Chile, Angela sangat ingin melepaskan diri dari pelecehan fisik dan verbal dari murid lain di sekolah dasar sehingga dia berpikir untuk bunuh diri.

“Aku hanya ingin mati,” kata Angela yang sekarang berusia 16 tahun. “Aku tidak ingin ada, karena apa yang mereka lakukan padaku membuatku merasa tidak enak.”

Setelah menderita diskriminasi selama bertahun-tahun, Angela dan sekitar 20 anak di bawah umur transgender berusia 6 hingga 17 telah menemukan harapan di sekolah pertama Amerika Latin untuk anak-anak trans. Lembaga itu, yang didirikan oleh Selenna Foundation yang berbasis di Chile yang melindungi hak-hak mereka, sekolah ini adalah tonggak sejarah di negara yang sangat konservatif secara sosial yang baru dapat mengesahkan perceraian pada tahun 2004.


Dalam beberapa tahun terakhir, keluarga anak-anak trans telah menuntut penerimaan yang lebih besar – seruan yang baru-baru ini mengarah pada persetujuan undang-undang yang memungkinkan orang di atas usia 14 tahun untuk mengubah nama dan jenis kelamin mereka dalam catatan resmi dengan persetujuan orang tua atau wali.

Aktivis dan orang tua dari anak-anak transgender mengatakan pada usia tersebut adalah tahap masa kanak-kanak atau pra-remaja ketika anak-anak menemukan bahwa jenis kelamin mereka tidak sesuai dengan tubuh mereka.

Sebuah laporan oleh UNESCO tahun pada 2016 mengatakan bahwa di Amerika Latin, seperti di seluruh dunia, kekerasan terhadap orientasi seksual atau identitas gender di sekolah menimbulkan “malapetaka pada pengembangan orang-orang yang terkena dampak, koeksistensi sekolah, kinerja akademik dan, akibatnya, kehadiran mereka. di sekolah.”

Chile perlahan-lahan menggeser pendirian konservatifnya pada masalah sosial. Pada 2012, Chile mengesahkan undang-undang anti-diskriminasi dan pada 2017, Chile mengakhiri larangan absolut atas aborsi, melegalkannya ketika kehidupan seorang perempuan dalam bahaya, janin tidak layak dan dalam kasus pemerkosaan. Pergeseran ini dipercepat oleh skandal pelecehan seksual ulama.

Sekolah dibuka pada 2017 sebagai cara untuk membantu keluarga anak-anak trans, yang sering bolos kelas atau bahkan gagal menyelesaikan studi mereka karena diskriminasi, kata Ketua Yayasan Selenna, Evelyn Silva. Kelas dimulai pada April 2018 di sebuah ruang yang dipinjamkan oleh pusat komunitas di ibu kota Chile, Santiago. Kursus meliputi matematika, sains, sejarah dan bahasa Inggris, serta lokakarya tentang seni dan fotografi.

Sejak awal, kehadiran di sekolah telah meningkat dari 5 murid menjadi 22 pada bulan Desember, dan enam lagi telah mendaftar di tahun baru. Murid ditempatkan ke salah satu dari dua ruang kelas berdasarkan usia.

“Saya senang di sini karena ada banyak anak lain seperti saya,” kata Alexis, seorang murid berusia 6 tahun, yang juga mengatakan bahwa ia terus-menerus diganggu di sekolah sebelumnya.

Guru bekerja secara pro bono, tetapi semua pengeluaran lain untuk tahun pertama sekolah dibiayai oleh Evelyn Silva dan koordinator sekolah Ximena Maturana dari tabungan pribadi mereka. Mulai bulan Maret, keluarga harus membayar sekitar 7 Dollar sebulan untuk setiap anak.

“Kami mencoba mengurangi biaya seminimal mungkin (untuk keluarga) sehingga mereka tidak mengatakan bahwa (anak-anak) tidak hadir karena mereka tidak memiliki pensil, dan itu menjadi alasan untuk meninggalkan sekolah,” kata Evelyn Silva.


Meskipun kekurangan sumber daya, yayasan telah memulai sekolah musim panas yang menawarkan tarian dan lokakarya lainnya untuk sekitar 20 anak, termasuk beberapa yang tidak menghadiri sekolah.

Meskipun ruang terbatas, orang tua mengatakan para murid telah mendapatkan kembali kepercayaan diri mereka: Mereka tampak lebih bahagia, lebih santai dan bersemangat untuk berpartisipasi di kelas.

″ Putraku kehilangan identitasnya, dia malu menjadi transgender karena dia merasa tidak cocok, ”kata ayah Alexis, Gabriel Astete. “Dia dipaksa pergi ke kamar mandi anak lelaki ketika dia ingin pergi ke kamar mandi untuk perempuan. Harga dirinya sangat rendah di sekolah tradisional. ”

Para murid sepakat bahwa sekolah telah membantu mereka dan sepenuhnya merangkul identitas mereka.

“Saya merasa bebas dan bahagia di sini,” kata Felipe (15). “Lingkungannya sangat bagus. Setiap orang yang datang diterima dengan mudah. ​” (R.A.W)

Sumber:

NBC